Tentang

Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK) adalah sebuah lini di DAR! Mizan yang khusus menerbitkan buku-buku yg ditulis oleh anak-anak usia 7-12 tahun. KKPK yang awal penerbitannya merupakan sebuah idealisme, untuk menampung karya dari anak-anak Indonesia, terbit mulai akhir 2003. Buku pertama KKPK adalah “Kado untuk Ummi”, berbentuk novel ditulis oleh Sri Izzati yang waktu itu usianya tujuh tahun. Tak lama, menyusul Abdurrahman Faiz menerbitkan kumpulan Puisi “Untuk Bunda dan Dunia”.

Pada 2003-2006 belum begitu banyak karya KKPK yang terbit. Penulisnya bisa dihitung dengan jari. Namun sejak Konferensi Penulis Cilik KKPK pada 2008 digelar, jumlah penulis dan pertumbuhan tulisan anak-anak usia 7-12 tahun semakin menjamur. Melalui Konferensi yang rutin digelar setiap tahun, para penulis KKPK terus bertambah. Jumlah penulis KKPK sampai dengan sekarang ada 500-an anak, dan karya yang terbit sudah lebih dari 600-an judul. Dengan keberhasilan KKPK menjadi brand baru buku bacaan anak yang digemari oleh anak-anak usia SD (7-12 tahun), menantang penerbit untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas serta kuantitas KKPK.

Mizan sangat bersyukur dan berbangga hati menjadi pelopor buku bacaan bermutu yang ditulis oleh anak-anak Indonesia. Terlebih, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, dalam tujuh tahun belakangan ini (2010-2016) selalu memberikan dukungan untuk acara Konferensi Penulis Cilik Indonesia (KPCI).
Seiring berkembangnya seri Kecil-Kecil Punya Karya, DAR! Mizan terus membuat inovasi dan terobosan baru. Sehingga lahirlah KKPK Luks Berwarna (naskah hasil sayembara), Travela (novel tentang perjalanan), Cookidz (novel tentang kuliner), Juiceme (kumcer), dan Nomik KKPK Class.

Kebutuhan terhadap maskot sebuah brand yang kian membesar, Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK), akhirnya menggiring Kak Ramadhan (editor KKPK) untuk merenung sejenak sebelum akhirnya berhasil melahirkan “anak-anak baru”. Mereka adalah Karima, Kiki, Putra, dan Karin. KARIMA—diambil dari Kariim salah satu Asmaul Husna, yang berarti mulia. Dia sosok yang sabar, murah senyum, pintar, dan bijaksana. Karima lahir, pada 13 Januari.  KIKI—kreatif dan selalu ada ide cemerlang. Dia lahir pada 27 Agustus. PUTRA—sosok pemberani, punya banyak mamPUan, dan TeRAmpil. Dia lahir, pada 5 Oktober. KARIN—sosok yang keren, modis, periang. Dia lahir  pada 14 Juli.

Semoga kehadiran keempat sosok ini, bisa lebih luas dikenal anak-anak Indonesia, sekaligus menjadi wakil KKPK untuk lebih berbicara dalam bentuk yang lebih beragam. Misalnya kaus, tempat pensil, penghapus, topi, sepatu, kerudung, tas, mug, toples, dan lain-lain.