Hari Kesehatan Mental: Apa itu Kesehatan Mental?

Tanggal 10 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia. Kesehatan mental itu apa maksudnya ya? Kita kenali apa itu kesehatan mental, yuk!

Seorang manusia tidak bisa dikatakan sehat jika kita hanya melihat kondisi fisiknya saja, karena kondisi mental atau kejiwaan juga merupakan bagian penting dari manusia. Jika kesehatan fisik, bisa dilihat dari berat badan, tinggi badan, detak jantung, dan lain-lain, kesehatan jiwa merupakan hal yang tidak bisa langsung terlihat.

Kesehatan jiwa adalah suatu kondisi seseorang merasa bahagia, aman, memiliki semangat, dan tidak mengganggu orang lain. Apabila, kita merasa takut, lalu tidak percaya diri, sering menangis, maka itu menjadi tanda-tanda bahwa kesehatan jiwa kita perlu ditingkatkan. Bahkan, menurut seorang ilmuwan bernama Pieper dan Uden (2006), kesehatan mental adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak mengalami perasaan bersalah terhadap dirinya sendiri, dapat menerima kekurangan atau kelemahannya, kemampuan menghadapi masalah-masalah dalam hidupnya, memiliki kepuasan dalam kehidupan sosialnya, serta memiliki kebahagiaan dalam hidupnya.

Orang dengan gangguan mental disini berbeda dengan apa yang dikenal sebagai “orang gila”. Orang dengan gangguan mental tidak kehilangan kesadaran mentalnya seperti orang gila, mereka hanya membutuhkan perhatian lebih untuk mengatasi gangguan-gangguan yang terjadi pada dirinya. Orang dengan gangguan mental butuh ditemani dan diberi semangat, sehingga dia bisa merasa bahagia kembali.

Kesehatan jiwa adalah hak setiap orang, termasuk anak-anak. Apakah kamu pernah mendengar “Lingkungan Ramah Anak”, “Sekolah Ramah Anak”, atau “Kota Ramah Anak”? Nah, program-program ini dibuat supaya anak-anak merasa aman, bahagia, dan bersemangat. Lingkungan di sekitar kita pun sudah mulai menerapkan dan mendukung kesehatan mental.

Nah, untuk merawat kesehatan mental, kita juga perlu memberi perhatian terhadap apa yang diri kita rasakan, jangan cuek terhadap diri sendiri. Sahabat KKPK bisa melakukan tips dibawah ini untuk menjaga kesehatan mental kita:

1. Bicara dan terbuka terhadap apa yagn kita rasakan

Kalau Sahabat memiliki masalah di sekolah, atau masalah dengan teman-teman, bahkan jika kamu menjadi korban bully, ada baiknya jika Sahabat menceritakan apa yang kamu rasakan itu kepada orang tua atau saudara yang lebih tua, kalau kamu juga memiliki orang terdekat yang bisa kamu percaya, kamu juga bisa bicara dengannya. Jangan memendam sendiri masalah yang kamu hadapi, karena dengan memendam masalah sendirian pasti kamu akan merasa kesepian. Padahal, jika kamu terbuka terhadap orang lain, pasti akan ada yang mau membantu kamu menghadapi masalahmu itu.

2. Bergerak aktif

Sama halnya dengan kesehatan fisik, kita butuh bergerak aktif atau berolahraga untuk menjaga kesehatan mental kita. Karena, dengan berolahraga tubuh akan melepaskan hormon kimia di otak yang bisa membuat kita merasa bahagia. Kamu bisa melakukan jalan-jalan sore dengan rutin, atau pergi ke sarana olahraga umum dan bertemu temna-teman baru.

3. Makan sehat

Makan makanan yang sehat tak hanya akan membuat tubuh Anda jadi sehat. Memilih asupan makanan sehat akan membantu menjaga kesehatan mental seseorang juga. Memberikan tubuh beraneka makanan bernutrisi tinggi akan membuat otak jadi lebih sehat dan berfungsi dengan baik. Selain itu itu makanan sehat dan lezat tak dimungkiri bisa membuat seseorang jadi lebih bahagia.

4. Istirahat sejenak

Istirahat disini bukan berarti tidur, tapi memberikan pikiran kita waktu untuk beristirahat. Saat otak kita dipakai terus-menerus untuk berfikir, otak akan merasa kelelahan dan jenuh, ini bisa mengakibatkan kamu merasa tertekan dan stress. Jadi, istirahatkan otakmu untuk sejenak, bisa dengan bermain game, bersantai dan berkumpul dengan teman-teman, atau hanya dengan cara sederhana lainnya yang membuat kamu merasa santai dan dapat mengembalikan semangatmu lagi.

5. Berhubungan baik dengan keluarga

Tidak sedikit orang yang memiliki hubungan kurang baik dengan keluarganya. Jarang bertemu, jarang berkumpul, apalagi mengobrol. Padahal keluarga dan teman adalah obat terbaik untuk mengembalikan semangat saat kita merasa jatuh, berada dibawah atau tertekan. Jadi, berkumpul lebih sering dengan keluarga aan membuat kita merasa aman dan dicintai.

6. Lakukan hobimu!

Mengerjakan hobi kita masing-masing dapat melepaskan stress dan tekanan yang membebani kita loh! Karena melakukan apa yang Sahabat kuasai bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu loh!

Kakak penulis disini mau berpesan nih.. jangan takut untuk bicara kepada orang terdekat kita tentang apa yang kita rasakan, tentang apa yang terasa membebani fikiran kalian. Mungkin tidak semua orang yang kamu ajak bicara akan memiliki solusi terbaik, tetapi dengan didengarkan, kamu akan merasa lebih disayangi dan lebih dipedulikan. Perasaan dicintai dan tidak sendirian akan membuat kamu lebih kuat untuk menghadapi masalah. Jadi, mari bicara!

2 Comments

  • Saskia nurul aini
    Posted September 18, 2018 8:20 am 0Likes

    KKPK is the best. 😊😊
    #KKPKgiveaway10k

  • Rani
    Posted September 19, 2018 1:06 pm 0Likes

    Semoga anak Indonesia bisa tumbuh dengan bahagia dan ceria.

Leave a comment