12 Tips Mudik Nyaman Bersama Anak

Libur menjelang hari raya sudah dimulai, kurang lengkap rasanya jika saat Hari Raya Idul Fitri tidak mengunjungi rumah kakek-nenek atau sanak saudara yang lain. Selain bersilaturahmi, banyak hal baik lainnya yang bisa anak-anak dapatkan dengan melakukan perjalanan mudik. Selain mereka bisa lebih mengenal saudara-saudaranya, mereka juga bisa bereksplorasi di tempat yang jarang dikunjunginya itu. Pastinya akan banyak pengalaman tidak terlupakan saat mudik. Bunda juga begitu, kan?

Tetapi, melakukan perjalanan mudik dengan balita atau anak-anak punya tantangan tersendiri. Sepertinya banyak sekali yang harus dipersiapkan dari A sampai Z. Kadang Bunda pasti sudah membayangkan repotnya perjalanan mudik nanti.

Jika Bunda berniat mudik tahun ini, jangan khawatir… Kita punya tips yang bisa membuat perjalanan Bunda lebih nyaman dan tidak kerepotan. Yuk, simak langsung tips perjalanan mudik nyaman ini.

1. Beri tahu anak tentang perjalanan ini. Setiap anak bisa saja berbeda menanggapi perjalanan yang akan mereka lakukan. Ada yang antusias dan bersemangat, ada juga yang enggan karena trauma mengalami perjalanan yang membuatnya lelah. Untuk itu, penting untuk Bunda memberi pengertian mengenai tujuan perjalanan dan mengenai lama waktu perjalanan. Supaya mereka punya gambaran sendiri tentang perjalanannya nanti. Bunda juga bisa membekali anak dengan peta atau peta digital agar anak bisa memantau sendiri perkembangan perjalanan mereka.

2. Minta foto terbaru mengenai kondisi dan wajah-wajah orang yang akan ditemui nanti. Setelah setahun berlalu, pastinya banyak yang telah berubah. Jika tidak ada yang berubah dengan rumah atau lingkungannya, pasti penghuninya mengalami beberapa perubahan dalam penampilannya. Supaya anak tidak merasa asing saat bertemu, ada baiknya memperlihatkan wajah-wajah terbaru. Mereka juga akan lebih bersemangat saat tahu siapa saja yang hendak ditemuinya nanti.

3. Siapkan tiket pergi-pulang. Jika Bunda merencanakan perjalanan menggunakan kendaraan umum, langsung saja siapkan tiket untuk kepulangan supaya tidak kehabisan tiket saat hendak pulang nanti. Jika Bunda hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi, jangan sampai melewatkan untuk mengecek kondisi kendaraan agar kendaraan prima.

4. Buat daftar barang bawaan. Untuk menghindari membawa barang berlebihan, lebih baik Bunda membuat daftar keperluan barang yang hendak dibawa. Dan disiplin untuk mengikuti daftar tersebut. Jadi, Bunda hanya akan membawa barang yang diperlukan saja. Tidak perlu membawa seluruh isi lemari, kan?

5. Bawa cairan pembersih tangan atau tisu basah di tempat yang mudah dijangkau. Saat diperjalanan, akan sangat sulit untuk menemukan air untuk mencuci tangan atau sekedar mengelap keringat. Tisu basah adalah pilihan praktis untuk tetap segar saat anak berkeringat kepanasan.

6. Bawa obat, tidak usah banyak tapi lengkap. Bukan hanya luka atau cedera yang diantisipasi, tetapi juga beragam virus dan bakteri yang bisa membuat kita terserang penyakit seperti flu, diare, alergi, atau masuk angin.

7. Bawa camilan. Anak-anak selalu suka makan makanan ringan dimana saja. Ini juga bisa menjadi alternatif saat mereka tidak selera makan. Daripada membiarkan perut mereka kosong, lebih baik sediakan camilan untuk mengisi perutnya. Jangan lupa sediakan air putih supaya tidak dehidrasi.

8. Bersiap dengan cuaca. Indonesia selalu disinari matahari sepanjang tahun. Tidak perlu memakai jaket berlapis-lapis, hal itu hanya akan merepotkan Bunda nantinya. Pakai saja jaket yang cukup hangat, tapi tidak terlalu tebal. Hanya untuk berjaga-jaga jika cuaca berubah tanpa diduga.

9. Rencanakan beberapa permainan. Berjaga-jaga adanya keterlambatan keberangkatan atau hal lain yang tidak terduga, ada baiknya Bunda menyiapkan permainan sederhana yang bisa dilakukan oleh si kakak dan si adik, seperti permaianan tebak-tebakan, atau mainan-mainan kecil yang tidak memakan tempat.

10. Tulis nomor telepon Bunda di tangan atau di saku baju anak balita. Di tengah-tengah bandara atau stasiun yang sibuk, kemungkinan anak-anak terpisah dari Bunda sangat memungkinkan. Hanya berjaga-jaga, tuliskan nomor telepon Bunda di tangah atau disebuah kertas dan masukan ke saku bajunya. Sehingga orang yang menemukannya akan mudah untuk menghubungi Bunda.

11. Bawakan kamera saku. Anak-anak senang memperhatikan segala hal disekitarnya. Bawakan kamera saku kepada mereka dan biarkan mereka mengobservasi sekitarnya. hal ini juga bisa membuat mereka fokus akan hal yang menarik baginya.

12.Waktunya mengandalkan si kakak. Bunda punya anak yang sudah beranjak remaja? Sudah waktunya sang kakak bisa menjaga adiknya. Selain itu, minta juga pendapatnya mengenai tempat apa saja yang ingin dikunjunginya, atau bagaimana rencana perjalanan itu berlangsung. Bunda tidak tahu kan kalau dia sebenarnya sudah menyelam di internet mencari tahu rumah makan enak untuk beristirahat di tengah perjalanan?

Momen mudik memang kadang terasa melelahkan, tapi ada banyak cara untuk membuat perjalanan terasa asik dan menyenangkan. Selamat mudik Bunda, selalu utamakan keselamatan dan selamat bersenang-senang!

2 Comments

  • Saskia nurul aini
    Posted September 14, 2018 5:10 am 0Likes

    Terimakasih atas 12 tips mudiknya. 😊😊
    #KKPKgiveaway10k

  • Ailsa syefika kyla
    Posted September 14, 2018 11:24 am 0Likes

    Wahh bermanfaat banget nih kak. Kalo kita lagi musik atau bepergian kita terutama para orang tua bisa ngelihat ini aja……👍👍👍oh iya#kkpkgiveaway10k nih jangan lupa ikutan ya teman teman

Leave a comment