Kids Jaman Now itu Generasi Literasi

Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Kids Jaman Now itu Generasi Literasi

November 17 @ 10:00 am - 1:00 pm UTC+7

Dalam 4 hari, banyak kisah yang ingin diceritakan kembali. Banyak teman baru, banyak kejadian lucu, banyak pengalaman yang akan terus dikisahkan sampai kita dewasa. #SATUDEKADEKPCI ini menjadi momen kita semua, dimana persahabatan dimulai dan akan terus berlanjut.

Konferensi Penulis Cilik Indonesia atau yang sering kita sebut KPCI ini merupakan ajang pertemuan para penulis cilik serta siswa Sekolah Dasar (SD) se-Indonesia yang tertarik di bidang sastra. KPCI pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008, dan sejak itu sudah ada lebih dari 10.000 naskah terkumpul yang dikirimkan oleh lebih dari 5000 pendaftar dari seluruh Indonesia. Alhasil, KPCI telah mempertemukan kurang lebih 1500 anak dalam konferensi penulis anak satu-satunya di Indonesia pada penyelenggaraannya yang ke-9. Sehingga penyelenggaraan yang ke-10 ini akan menjadi momen yang sangat spesial. Para penulis cilik ini tergabung dalam komunitas Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK) Dar! Mizan.

Acara yang diselenggarakan atas kerjasama Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Penerbit Mizan ini diadakan pada 26 Oktober sampai 29 Oktober 2017. Dalam gelarannya yang ke-10 ini, KPCI mengusung tema #SATUDEKADEKPCI “Indahnya Persahabatan Dalam Keberagaman”.

Meskipun acara ini berlangsung selama 4 hari, rangkaian acara #SATUDEKADEKPCI ini sudah berlangsung sejak awal tahun 2017. Salah satu rangkaian acara dalam #SATUDEKADEKPCI ini adalah dengan mengadakan kompetisi menulis tingkat nasional bertajuk “KKPK Writing Marathon”. Dalam kompetisi ini, dipilih 10 pemenang yang secara bertahap mempublikasikan karya mereka masing-masing di website rumahkkpk.com/artikel/marathon dan bebas untuk dibaca secara publik. Dari 10, kemudian diambil 3 naskah terbaik untuk dicetak dalam bentuk buku novel.

Disamping mengadakan “KKPK Writing Marathon”, tim KPCI 2017 juga dalam usahanya untuk merangkul lebih banyak dan lebih luas anak-anak berbakat di Indonesia ini mengadakan roadshow ke 13 Kabupaten dan Kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi, Jogja, Makasar, Tangerang, Sumedang, Salatiga, Karawang, Sidoarjo, Surabaya, hingga Bali.

Tidak hanya “KKPK Writing Marathon”, #SATUDEKADEKPCI juga menggelar aksi gerakan sosial berbagi buku untuk anak-anak di berbagai daerah terpencil yang memiliki kesulitan akses buku. Gerakan yang dinamai KKPK Reading Movement ini bertujuan mengasah kepekaan anak-anak dan membangun jiwa berbagi.

Untuk mengikuti gerakan ini, anak-anak bisa menyumbangkan buku apa saja kepada tim Mizan. Untuk setiap 5 buah buku yang disumbangkan, akan mendapatkan 1 buah buku KKPK seri terbaru. Alhasil, anak-anak begitu antusias untuk menyumbang.

Tahun ini, jumlah pendaftar mencapai 1609 pendaftar di 5 cabang lomba dengan rincian 639 naskah untuk kategori lomba menulis cerpen tingkat pemula, 50 naskah kategori lomba menulis cerpen tingkat penulis, 191 naskah lomba mendongeng, 442 karya lomba cipta pantun, dan 287 karya lomba cipta syair. Pekerjaan yang tidak mudah untuk menyeleksi naskah-naskah tersebut, sampai terpilih 156 peserta lolos untuk mengikuti karantina dan final lomba di Bogor.

Tiba saatnya 156 anak terpilih dari 21 Provinsi datang berkumpul di Icon Hotel and Convention, Bogor. Pada hari pertama yaitu Kamis 26 Oktober, kegiatan peserta hanya menyelesaikan registrasi kepesertaan, penyambutan dan pembagian kelompok, serta pembekalan materi untuk teknis perlombaan di hari berikutnya. Antusias peserta bisa terlihat jelas dari semangatnya untuk berkenalan dengan panitia dan peserta lainnya. Peserta juga mengikuti basic medical check-up untuk mendeteksi apabila ada yang harus mendapat perawatan atau perhatian khusus. apalagi sebagian besar peserta datang ke Bogor tidak didampingi orang tua, melainkan pendamping yang ditunjuk dari dinas pendidikan setempat.

Di hari kedualah kegiatan yang paling penting dilancarkan: final lomba di 5 kategori lomba, pembukaan acara secara resmi di gedung Kementerian Pendidikan Indonesia, serta Konferensi Penulis Cilik Indonesia pada malam harinya. Hari kedua ini merupakan hari yang cukup padat, tetapi para peserta terlihat begitu menikmati kegiatan-kegiatan tersebut. Terutama saat mereka melakukan konferensi, dimana peserta dibagi menjadi 4 kelompok yang berperan sebagai delegasi perwakilan pihak Pemerintah, Sekolah, Penerbit dan Keluarga. Ide dari para penulis cilik ini benar-benar kreatif dan luar biasa, salah satu yang paling nyentrik adalah untuk menerapka BACOT di sekolah. BACOT? ternyata artinya Baca dapat Coklat dan Teh hangat! benar-benar ide yang cemerlang, kan?

Hari ketiga diisi dengan kegiatan pemilihan umum untuk memilih ketua angkatan KPCI 2017. daaan… ketua angkatan terpilih adalah:

keren!

Para peserta juga berwisata edukasi ke Jungle Land. Lihat kekompakan dan keseruan bermain di Jungle Land ini.

Tidak terasa hari sudah berganti malam, dimana malam itu akan diumumkan para pemenang lomba, penerima penghargaan dan sekaligus merupakan penutup rangkaian acara #SATUDEKADEKPCI.

Semuanya tampil cantik malam itu. Para panitia semua berpakaian rapi untuk menjadi saksi penobatan juara dan penghargaan malam itu. Para peserta tidak kalah berwibawa dengan pakaian adat daerahnya masing-masing. Pada malam puncak, kita kedatangan Kak Izzati yang merupakan pionir seri KKPK. Kak Izzati menampilkan permainan biola yang diiringi band nya bernama ‘Suara Dawai’. Penampilan yang ditampilkan Kak Izzati benar-benar selaras dengan tema KPCI tahun ini, karena Suara Dawai membawakan medley lagu nusantara dari berbagai daerah. Keren banget pokoknya!

Berbagai penampilan pun disajikan, dari bintang tamu maupun para juri yang menyumbang penapilan untuk menghibur para peserta. Tidak terasa para pemenang sudah diumumkan, penerima penghargaan sudah memberikan pidato singkatnya, penampilan demi penampilan menghibur semua yang ada di ruangan. Hingga selesai semua rangkaian acara. Kami semua berfoto untuk mengabadikan momen, membekukan waktu tidak hanya dalam ingatan.

Selamat untuk para pemenang, dan tetap semangat untuk yang belum berkesempatan menang. Kalian semua anak-anak terpilih, kids zaman now yang paling keren. Karena kids zaman now itu generasi literasi! Setuju??

Sampai berjumpa kawan-kawan KPCI 2017, semoga kisah ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya, semoga masih banyak kesempatan untuk kita bertemu lagi.

Salam literasi,

KPCI 2017, KKPK Mizan

Details

Date:
November 17
Time:
10:00 am - 1:00 pm
Event Category:

Venue

Bandung