Category: Do It Yourself

November 17, 2019 by admin@kkpk 0 Comments

Cara Bikin Boneka Kaos Kaki (Sock Puppet) yang Simple

Saat mendongeng atau menceritakan sesuatu kisahnya jadi lebih hidup jika menggunakan boneka untuk memeragakan karakter. Sahabat KKPK bisa buat bonekas kaos kaki

October 25, 2019 by admin@kkpk 0 Comments

Bikin Pembatas Buku Berkarakter dari Kertas

baca novel ternyata baru ingat ada tugas sekolah yang harus diselesaikan. Akhirnya tutup dulu deh novelnya. Jangan lupa tandai dengan pembatas buku

October 7, 2019 by admin@kkpk 0 Comments

Bikin Squishy sendiri di Rumah, Praktis dan Cepat

Squishy, bentuknya lucu, teksturnya empuk dan ada wanginya pula. Siapapun tidak bisa menolak serunya permainan yang satu ini

September 27, 2019 by admin@kkpk 0 Comments

Kostum Kreatif untuk Acara Assembly Sekolah

Mau tampil di Assembly sekolah atau lomba fashion show tapi bingung gimana dapat kostumnya? Bikin saja sendiri! Sahabat KKPK bisa minta tolong Bunda untuk membuatkan kostum kreatif, tapi jangan lupa bantu bikinnya juga ya. Biar makin senang dan tentunya bangga saat memakainya karena kostumnya home made

Misalnya nih assembly sekolah atau lomba fashion show-nya mengangkat tema “Profesi”, berikut ini ada contoh kostum dari diynetwork.com yang bisa banget dicoba. Kostum kreatif yang menggambarkan seorang pelukis. Ini dia langkah-langkah pembuatannya:

Alat dan Bahan:

Bahan:

  • Kain Fleece berwana kuning
  • Kain Flanel warna putih dan hitam
  • Flanel berbentuk kotak warna merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, coklat, kuning
  • HeatnBond UltraHold iron-on adhesive
  • Fasterner Tape

Alat:

  • Mesin Jahit
  • Setrika
  • dressmaker’s pins
  • Jarum pentul
  • Gunting
  • rotary cutter
  • Penggaris
  • self-healing cutting mat
  • craft knife

Langkah Pembuatan

Buat pola baju pada kertas lalu cetak di kain fleece dan flanel. Warna kuning untuk dibuat dress dan warna lain untuk warna cat air nya dibentuk oval. Sebelum pola yang oval digunting tempelkan dulu HeatnBond UltraHold , lalu disetrika. Baru setelah dibentuk pada kertasnya barulah digunting.

Baca Juga: Gaya Busana untuk Fashion Show Muslimah Anak

Lakukan hal yang sama pada kain flanel putih ya. Yang satu ini nantinya untuk sisi warna cat air untuk membentuk palette

Buat juga potongan kain Flanel putih membentuk persegi panjang .Buka tempelan sebelumnya lalu letakan di kain putih persegi kemudian setrika. Lakukan juga untuk potongan oval yang putih dan setrika juga sampai merekat

Satukan potongan pola hingga membentuk desain yang diinginkan. Lalu sematkan jarum pentul agar tidak bergeser saat dijahit.

Lalu jahit menggunakan mesin jahit.

Jangan lupa jahit bagian bahunya juga ya

Pasang juga perepet baju hehe, nama aslinya fastener tape ya sahabat KKPK, barangkali belum tahu

Jangan lupa buat topi baretnya biar makin mirip seniman pelukis

And taraa…. kostumnya jadi, seniman pelukis cilik!

February 19, 2019 by admin@kkpk 0 Comments

DIY: Clay dari Tepung Terigu

Halo sahabat KKPK! Kamu ingin mengisi waktu luang kamu dengan kegiatan bermanfaat? Bikin kerajinan, yuk. Salah satu kerajinan asyik dan mudah dibuat adalah clay. Kerajinan ini sangat populer, loh. Bentuknya mirip-mirip seperti tanah liat yang bisa kamu bentuk menjadi beraneka macam bentuk. Kalau membuat kerajinan dari tanah liat kamu harus rela berkotor-kotor terlebih dahulu, membuat kerajinan dari clay kamu tidak perlu khawatir kotor.

Saat ini, clay bisa dibuat dari beraneka bahan. Mulai dari tepung, lilin, kertas, polymer, sabun, dan bahan lainnya. Salah satu cara gampang membuat clay adalah dengan menggunakan tepung. Nah, sekarang Rumah KKPK mau ngasih tau kamu cara buat clay.

Baca juga:

DIY: Slime Aman Tanpa Bahan Kimia

Cara Membuat Clay dari Tepung Terigu

Sebelum kamu membuat clay, satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana sifat adonan clay yang bagus. Pastikan nanti ketika kamu membuat clay, adonan tersebut kalis atau mudah dibentuk. Kalau tidak kalis, nantinya kamu akan kesusahan membentuk clay. 

Bahan dan peralatan:

  • 80 gram tepung terigu
  • 80 gram tepung kanji
  • 80 gram tepung beras
  • 200 gram lem kayu
  • Wadah ukuran sedang
  • Sendok
  • Pewarna makanan

Langkah-langkah:

  • Siapkan wadah sedang dan campurkan semua jenis tepung yang telah disiapkan ke dalam wadah tersebut.
  • Ayak terlebih dahulu tepung tersebut untuk menghilangkan kotoran yang masuk.
  • Setelah tepung sudah bersih, campurkan lem kayu dan aduk hingga menjadi adonan. Jika adonan tersebut terasa terlalu lembek, tambahkan lagi sedikit tepung hingga tidak terlalu lembek. Jika adonan tersebut terlalu keras, tambahkan lagi sedikit lem kayu.
  • Jika adonan sudah kalis, maka kamu telah berhasil membuat clay. Kamu bisa membentuk adonan tersebut sesuka hati.
  • Jika kamu ingin clay kamu berwarna, campurkan pewarna makanan ke adonan clay yang telah kalis itu. Aduk kembali sampai warna tercampur rata.

*simpan adonan clay kamu dalam wadah yang tertutup supaya tidak mengeras dan mengering.

Kerjaninan ini sangat tempat kamu lakukan untuk mengisi waktu luang. Keterampilan dan kreatifitas kamu juga akan semakin terlatih. Banyak bentuk yang bisa kamu buat dari adonan clay dan ini sebagai media kamu untuk menyalurkan kreatifitas kamu.

February 19, 2019 by admin@kkpk 0 Comments

DIY: Slime Aman Tanpa Bahan Kimia

Halo sahabat KKPK! Belakangan ini ada mainan seru yang sedang rame-ramenya dibicarakan, yaitu slime. Mainan yang satu ini bersifat kenyal seperti jelly. Katanya, slime bisa digunakan untuk meredakan emosi sama halnya seperti squishy. Kamu bisa dapetin slime di toko-toko mainan atau kamu juga bisa bikin slime sendiri. Malahan kamu bisa slime aman tanpa bahan kimia, loh.

Membuat slime bisa dibilang mudah, karena bahan-bahannya sendiri bisa kita dapeting dengan mudah. Kalau kamu mau bikin slime yang aman, kamu gak perlu pake lem atau borax sebagai bikin slime!

Baca juga:

DIY: Cara Membuat Squishy Slow

Cara Membuat Slime Aman Tanpa Bahan Kimia

Sebelum kamu membuat slime, kamu harus tau dulu manfaat menarik dari bermain slime. Permainan ini bisa mendatangkan banyak manfaat buat kamu meskipun permainan ini bisa dibilang permainan yang sangat sederhana. Manfaat-mafaat yang bisa kamu rasakan dari bermain slime yaitu membuat perasaan menjadi bahagia, menyalurkan emosi, membuat lebih kreatif, dan menghilangkan jenuh.

Bahan dan peralatan:

  • Tepung ganji 2 gelas
  • Air bersih 400 ml
  • Pewarna makanan 2 sdt (warna bebas)
  • Minyak goreng 150 g
  • Mangkuk besar/baskom (wadah)
  • sendok

Langkah-langkah:

  • Pertama-tama, masukkan tepung kanji yang udah kamu siapkan ke dalam wadah dan tuangkan air bersih perlahan-lahan sambil diaduk pelan-pelan menggunakan sendok.

*aduk terus supaya tepung tidak menggumpal

  • Tuangkan minyak goreng perlahan-lahan sambil tetap diaduk. Jika adonan slime sudah cukup kenyal, tidak perlu lagi menambahkan minyak goreng.
  • Adonan yang sudah kenyal tersebut bisa kamu tambahkan pewarna makanan.
  • Slime kamu sudah jadi.

Mudah, kan? Kalau kamu ingin main slime, memang sebaiknya kamu memilih slime aman tanpa bahan kimia. Kamu gak perlu khawatir akan terjadi sesuatu karena slime kamu terbuat dari bahan-bahan yang aman. Sebenarnya, kamu juga bisa membuat slime dengan bahan-bahan alami lainnya. Selain meggunakan bahan-bahan alami, kamu juga bisa menggunakan lem untuk membuat slime.