Category: Bacaanku

August 13, 2018 by admin@kkpk 3 Comments

Review 4 buku KKPK Terbaru

Halo, sahabat KKPK! Aku punya berita bagus, lho. Sahabat sekarang ada bacaan buku kecil-kecil punya karya yang baru dari Dar! Mizan. Yeay! Udah pada tahu belum bukunya apa aja? Mau tahu aja atau mau tahu banget? Yuk langsung lihat aja review buku-buku KKPK yang baru!

  1. One Day in New School

Buku KKPK yang satu ini ditulis oleh Nida An Khafiyya Al Hadyie, Sahabat. Buku ini diterbitkan bulan Maret 2018 oleh Dar! Mizan, tentunya. Pada suatu hari, Hasna disuruh papa dan mamanya untuk pindah sekolah. Padahal, papa sudah janji sama Hasna kalau papa gak akan nyuruh Hasna pindah kalau nilai Hasna naik. Hal itu tuh berat banget buat Hasna, Sahabat. Hasna gak mau ninggalin sahabat-sahabat yang dia sayangi. Sampai akhirnya, Hasna mau menuruti perkataan papa dan mama buat pindah sekolah, dan pengalaman-pengalaman di sekolah baru pun dimulai. Selain buku One Day in New School punya cerita yang seru, buku ini juga punya banyak hal baik yang bisa diambil sama sahabat KKPK, mulai dari belajar sabar, persahabatan dan juga untuk selalu menuruti orang tua agar jadi anak yang soleh atau solehah. Sahabat KKPK juga bakal seneng banget sama buku ini karena ada gambar-gambar di beberapa halaman buku ini. Keren, ya!

 

  1. My Future Adventure

Buku KKPK terbaru selanjutnya adalah My Future Adventure yang ditulis oleh Ruth Karyoko. Buku ini diterbitkan bulan Juni 2018 oleh Dar! Mizan. Buku ini menceritakan tentang Meeta yang selalu dibully oleh teman-temannya. Suatu hari, Meeta jatuh ke dalam lubang hitam yang datang entah dari mana. Lalu, sampailah Meeta di masa depan yang memiliki teknologi sangat canggih. Dia pun bertemu dengan profesor hebat yang baik hati. Tapi…. ternyata ada profesor jahat yang mau menghancurkan dunia, Sahabat. Dari sanalah Meeta memulai petualangan hebat melawan penjahat itu. Bisa gak ya, Meeta kembali pulang ke rumahnya? Wah, bukunya bikin tegang dan penasaran, nih. Pokoknya, buku My Future Adventure keren banget, deh. Selain ceritanya seru, sahabat juga bisa banyak tahu tentang teknologi baru yang keren-keren. Widih, udah gak sabar nih pengin baca!

 

  1. Pesan Terakhir Nenek

Buku kecil-kecil punya karya dari Dar! Mizan ini ditulis oleh Ukasyah Ammar Robbani, Sahabat. Buku ini diterbitkan pada bulan Maret 2018. Nah, ceritanya diawali dengan kesedihan kakeknya Rayhan yang ditinggal nenek yang sudah meninggal. Rayhan dan seluruh keluarganya berencana untuk membuat kakek senang lagi dengan menikahkan kakek dengan nenek Sani. Ternyata nenek Sani sangat menyebalkan! Dia selalu saja menyuruh Rayhan untuk membereskan kasurnya sendiri, padahal ada mbak Fira yang bereskan. Tapi, setelah Rayhan berkemah di sekolahnya, hal yang buruk pun terjadi kepada nenek Sani. Rayhan pun sedih dan mendapatkan surat dari nenek Sani. Sahabat pasti ingin tahu apa yang sebenarnya terjadi, kan? Huhuhu, buku ini ceritanya sedih, Sahabat! Sahabat KKPK pasti terharu membacanya.

 

  1. Kecil-Kecil Jago Jualan

Buku yang ditulis oleh Muhammad Nafis Ghifari ini diterbitkan bulan Mei 2018, Sahabat. Ceritanya banyak, lho! Gak cuman satu! Di buku ini ada 8 cerita yang seru-seru dan punya banyak pengajaran yang baik buat kita. Yang pertama, ada cerita “Aku Bisa!” yang nyeritain tentang Dennis. Dennis itu nilainya selalu jelek dan gak punya prestasi. Bisa gak, ya, Dennis berprestasi? Hmm… Yang kedua ada cerita “Ikhlas Dari Hati” yang menceritakan tentang membantu teman yang sedang dalam kesulitan. Lalu ada cerita “Perpus Mania” tentang Kiki yang suka banget ke perpustakaan. Selanjutnya ada cerita “Sekolah Sahabat Sungai” yang menceritakan tentang Wildan dan sekolahnya yang berjuang untuk menjaga kebersihan sungai. Di sungai banyak banget sampah karena orang-orang gak bertanggung jawab, nih! Huh! Setelah itu, ada cerita “Rezeki Dari Ilahi” yang nyeritain tentang hal baik yang terjadi sama Farhan setelah berpuasa sunah. Lalu ada cerita “Puasa? No Problem!” yang nyeritain tentang puasa di bulan Ramadhan. Terus, ada cerita “Faris Sang Penulis”, nih. Cerita ini tuh tentang Faris sipemalas yang berusaha berubah karena mau jadi penulis. Yang terakhir adalah cerita “Ide Kreatif Aldin”. Cerita ini nyeritain tentang Aldin yang berusaha buat nyari uang tambahan untuk jajan. Gimana, ya, caranya? Sahabat KKPK bakal senang banget bacanya. Cerita-ceritanya menarik dan membuat kita sadar untuk tidak bermalas-malasan. Keren.. keren!!

Itu dia buku-buku KKPK terbaru dari Dar! Mizan, Sahabat! Buat sahabat yang mau bukunya, bisa lihat di Mizanstore.com. Yuhuuuu… Emang terkeren buku KKPK!!

August 13, 2018 by admin@kkpk 1 Comment

Review 4 Buku Komik KKPK Terbaru

Sahabat KKPK pada suka baca komik, kan? Kalian pasti suka banget baca buku komik kecil-kecil punya karya dari Dar! Mizan. Sahabat udah pada baca komik terbaru dari buku kecil-kecil punya karya belum? Nih, aku kasih tahu 4 buku komik KKPK terbaru yang asyik banget. Penasaran? Mau tahu? Yuk kita baca aja reviewnya!

  1. Monster Insomnia

 

Monster Insomnia adalah buku komik KKPK dari Dar! Mizan yang ditulis sama Mayliana, Myiesha, Naira, Neisya dan Galuh. Komik ini diterbitkan pada bulan April 2018 nih, jadi sahabat udah bisa beli bukunya di Mizan Store dan toko buku lainnya. Komik ini tuh punya banyak cerita yang pastinya seru-seru. Cerita pertama yang judulnya “Don’t Give Up”, menceritakan tentang Kak Vire yang mau menyerah buat nulis buku, dan Clarrisma pun mencoba buat menghentikannya. Cerita kedua, “Misteri Lemari Warisan”, menceritakan soal lemari pemberian nenek yang sering terbuka sendiri. Ada apa ya dengan lemari nenek? Lalu, ada cerita “Monster Insomnia” yang bikin sahabat bakal bertanya-tanya, apa betul monster insomnia itu ada? Cerita selanjutnya adalah “My Family Is Wonderful” yang nyeritain keluarga Naira yang luar biasa menyenangkan dan saling membantu tanpa pamrih. Dan, yang terakhir adalah “Sahabat Selamanya” yang nyeritain tentang Kanaya dan Aisyah yang berjanji menjadi sahabat setelah beberapa kejadian yang tak terduga. Sahabat KKPK pasti dibikin penasaran deh kalau baca buku ini. Selain asyik, buku ini buat kita nebak-nebak apa yang akan terjadi dan gambar komiknya lucu-lucu, lho. Jangan sampai ketinggalan ceritanya ya, Sahabat!

 

  1. Cerita Rumah Tua

Komik Cerita Rumah tua ini ditulis sama Ahmad Aminuddin, Aika, Ahliva, Aurelia dan Maie Wening, Sahabat. Buku komik dari Dar! Mizan ini diterbitkan bulan Maret 2018. Di komik ini juga banyak cerita seru yang mengharukan, Sahabat. Diawali dengan cerita “Permata Kenangan”, tentang kepergian nenek Ryan yang mendadak dan membuat Ryan Sedih. Tapi, ternyata nenek Ryan menyiapkan kejutan yang misterius. Apa ya kejutannya? Selanjutnya, cerita “Ada Pertemuan Ada Perpisahan” yang nyeritain tentang sahabat yang terpisah. Lalu, ada “Cerita Rumah Tua” yang nyeritain tentang rumah tua yang ada disamping rumah Ima. Ada juga cerita “Hantu Boneka” yang menceritakan soal boneka misterius di pohon dekat kamar Lia yang berteriak minta tolong. Iih seram! Cerita yang terakhir judulnya “Maaf Jen”. Ceritanya itu tentang Natasya yang dicuekin sama Jen. Kira-kira kenapa ya? Pasti Natasya sedih ya, Sahabat. Nah, itu dia cerita-cerita komiknya, Sahabat! Cerita-ceritanya bakal bikin Sahabat merinding, sedih dan juga senyum-senyum seneng gitu, apalagi ditambah dengan gambar-gambar yang unik dan lucu. Duh Sahabat pasti bakal mau baca lagi dan lagi, deh.

 

  1. Cape, Deh!

Komik terbaru selanjutnya adalah Cape, Deh!. Buku yang ditulis sama Nashriyyah, Michelle, Najila, Keyza dan Ardelia ini diterbitkan bulan Maret 2018 oleh Dar! Mizan. Sahabat mau tahu apa aja isinya? Ceritanya tuh lucu-lucu, lho. Sahabat KKPK bakalan dibikin senyum kalau baca komik ini. Cerita pertama yang judulnya “Rumah Pohon” menceritakan tentang Nisa yang seneng banget punya rumah pohon. Cerita kedua, “Kisah Seru Via”, nyeritain tentang Via yang punya PR untuk buat cerita. Lalu, ada cerita “Ketika Lisa Pindah Rumah”. Cerita ini tuh tentang Lisa yang harus pindah rumah dan meninggalkan kotanya yang penuh dengan cerita dan teman-teman yang baik. Cerita selanjutnya adalah “Cape, deh!” yang nyeritain tentang Ataya yang harus menjaga adiknya. Yang terakhir adalah “Rahasia Stilton”. Kali ini ceritanya adalah tentang Mayhem dan May yang menemukan rahasia mengejutkan di keluarganya. Rahasia apa ya? Wah sahabat KKPK pasti udah gak sabar mau baca buku ini. Asyik banget cerita-ceritanya!

 

  1. Rumah Petualangan

(https://inc.mizanstore.com/aassets/img/com_cart/produk/komik-kkpk-rumah-petualangan.jpg)

 

Buku komik KKPK terbaru lainnya adalah Rumah Petualangan yang ditulis sama Arini, Naura, Fayanna, Ica dan Mutiara. Komik ini diterbitkan bulan April 2018 oleh Dar! Mizan. Apa aja ya ceritanya? Ini dia… Yang pertama adalah cerita yang berjudul “Ekspektasi Vs. Realita”. Bagian ini menceritakan tentang kegiatan liburan keluarga yang sudah direncanakan. Berhasil gak ya? Selanjutnya adalah cerita “Kamar Misterius 666”. Ceritanya tuh tentang Afifah yang baru pindah ke asrama. Di asrama itu, Afifah mengalami kejadian seram. Lalu ada “Misteri Kos Tua” yang menceritakan pertemuan Syeril dan Syevil dengan hantu di kosan tante mereka. Cerita lainnya adalah “Rahasia Masa Depan”. Cerita ini tentang Ronnie yang bisa melihat masa depan ketika memakai kacamata ajaib. Dan yang terakhir adalah “Rumah Petualangan”. Ini adalah cerita Kinan yang berpetualang ke negeri Eclass di langit. Kinan pun mendapatkan misi untuk menyelamatkan bumi. Apa yang akan terjadi kepada bumi, ya? Wih, keren-keran kan ceritanya? Di buku komik ini, sahabat bakal merinding dan penasaran baca ceritanya. Keren banget, deh, bukunya!

Gimana, sahabat? Jadi ingin cepet-cepet baca bukunya, kan? Sahabat KKPK bakalan suka banget deh baca buku-bukunya. Jangan sampai kehabisan, ya!

August 13, 2018 by admin@kkpk 3 Comments

Suasana 4 Musim Di Jepang

Yuhuuu… Sahabat KKPK udah baca buku Kecil Kecil Punya Karya yang judulnya Indahnya Langit Kanazawa Musim Dingin, kan? Kali ini kita mau ngobrolin tentang gimana sih, suasana di Jepang saat musim panas, gugur, dingin dan semi. Sahabat, pada penasaran kan? Mending langsung baca aja yuk!

  1. Musim Panas

Terlihat panas ya, Sahabat. Tapi eh tapi, ternyata musim panas di Jepang yang mulainya bulan Juni sampai Agustus ini dimulai dengan Tsuyu-ake (Hujan di awal musim panas). Uniknya, orang Jepang bakal tahu kalau musim panas tiba kalau ada nyamuk yang menggigit. Uh, gatel! Tapi, musim panas di Jepang sangat menyenangkan, Sahabat. Saat musim panas tiba akan ada liburan, panen buah-buahan dan perayaan festival musim panas. Selain itu, saat musim panas datang, matahari lebih cepat muncul dan lebih lama tenggelamnya. Ini artinya, siang menjadi lebih lama daripada malam, Sahabat. Bahkan kadang-kadang, matahari terbit pukul 4 dan terbenam pukul 7 malam. Lebih banyak waktu untuk bermain, ya? Asyiiiik!!

 

  1. Musim Gugur

Duh, musim gugur di Jepang memang indah! Daun-daun yang hijaupun berubah menjadi kuning atau orange kemerahan dan jatuh satu-persatu tertiup angin. Nah, rontoknya daun-daun dari pohon yang menandakan musim gugur tiba disebut momiji. Suhu di musim gugur ini mulai sejuk loh karena akan memasuki musim dingin. Sahabat KKPK ada yang tahu kapan musim gugur di Jepang tiba? Yak betul! Musim gugur tiba di akhir bulan Oktober atau di awal bulan November sampai Desember. Di musim ini ternyata banyak diadakan acara kebudayaan Jepang, loh. Sungguh luar biasa!

 

  1. Musim Dingin

Sahabat KKPK ada yang mau bermain dengan salju? Ih dingin sekali, Sahabat! Musim dingin yang tiba di bulan Desember sampai bulan Maret  ini, suhu menjadi sangat dingin di Jepang. Kalau kalian ke sana pada musim dingin, jangan lupa pakai baju yang tebal ya, Sahabat. Lalu, pada tanggal 31 Desember itu disebut sebagai omisoka dan ada kebiasaan memakan soba (mie di Jepang) saat pergantian tahun baru. Dari tahun baru hingga tiga hari sesudahnya disebut shogatsu. Di sini, orang-orang merayakan tahun baru dengan menikmati masakan khusus tahun baru yang disebut osechi ryori. Begitulah musim dingin di Jepang, Sahabat.

 

  1. Musim Semi

Sahabat KKPK pasti kenal banget nih sama bunga Sakura dari Jepang. Indah banget, kan? Sahabat KKPK bisa menikmati pemandangan bunga sakura yang bermekaran saat musim semi di akhir bulan Maret sampai awal bulan April. Nah, di musim gugur, orang-orang Jepang melakukan kegiatan ohanami atau kegiatan untuk menikmati pemandangan bunga sakura sambil menikmati kebersamaan bersama keluarga. Aduh so sweet banget, deh.

Suasana 4 musim di Jepang memang terasa berbeda, Sahabat. Tapi semua musim sangat menyenangkan. Allahu Akbar!

August 13, 2018 by admin@kkpk 1 Comment

7 Kegiatan Musim Dingin Di Jepang

Sahabat KKPK mau tahu gak, apa yang dilakukan orang Jepang di musim dingin? Kalau di Indonesia sih musim dinginnya itu musim hujan, jadi pada diem aja di rumah. Hahaha. Musim dingin di Jepang tuh indah dan rame banget, Sahabat. Nih, aku kasih tahu apa aja kegiatan musim dingin yang sering dilakukan orang Jepang.

  1. Bermain Salju

Musim dingin yang banyak saljunya membuat orang-orang Jepang ingin bermain, Sahabat. Orang-orang Jepang suka sekali bermain ski, snowboarding dan juga membuat boneka salju. Biasanya mereka bermain ski dan snowboarding di Hokkaido yang sangat dingin, loh. Jadi harus banget pakai baju tebal, celana tebal, sarung tangan, sepatu hangat, topi dan syal yang hangat. Walaupun tetap terasa dingin, bermain salju masih tetap mengasyikkan!

 

  1. Berendam Di Air Panas

Saat cuaca sedang dingin, paling enak kalau berendam dalam air panas! Sahabat KKPK tahu gak? Ternyata, orang-orang Jepang biasanya berendam di onsen atau pemandian air panas yang memiliki banyak khasiat kesehatan. Wah selain mau hangat, mereka juga mau sehat. Keren, kan?

 

  1. Makan Makanan Panas

Makaaan….!! Sahabat KKPK juga suka makan, kan? Aduh jadi laper nih lihat makanannya. Musim dingin memang harus ditemani makanan panas, Sahabat. Makanan atau minuman panas seperti sup, coklat, kopi dan teh bisa membantu menghangatkan tubuh yang kedinginan karena es atau salju di musim dingin.

 

  1. Namahage (Monster Yang Berkeliling)

Terlihat menyeramkan ya, sahabat KKPK! Tapi jangan takut, Sahabat. Monster-monster Namahage ini hanyalah kakak-kakak dari Jepang yang mau mengusir hantu jahat di semua rumah penduduk Jepang. Mereka akan berkata, “Apakah disini ada anak nakal?” sambil berkeliling ke rumah-rumah. Ini adalah tradisi di Jepang yang unik kan, Sahabat?

 

  1. Mengikuti Festival-Festival

Menuju akhir tahun, kota Tokyo berubah seperti menjadi kota di dongeng, loh. Saat malam hari, lampu-lampu menyala dengan indahnya. Sahabat KKPK juga bisa mengunjungi festival es, kuliner, dan festival menyenangkan lainnya. Jangan lupa membawa kamera ya, Sahabat!

 

  1. Berlayar Di Lautan Es

Di musim dingin, kapal ini mengarungi lautan bongkahan es dengan pemandangan pegunungan bersalju cantik, Sahabat. Selain pemandangan gunung es yang indah, sahabat bisa melihat binatang yang keren seperti burung elang laut Steller yang sedang beristirahat di atas bongkahan es. Menarik sekali, ya!

 

  1. Bersenang-Senang Di Taman Bermain

Wah, taman bermain di Jepang banyak sekali, Sahabat! Nah, taman bermain yang ternama di Jepang itu ada Disneyland, Disneysea dan Universal Studios Jepang (USJ). Walaupun cuacanya dingin, taman bermain masih banyak sekali yang mengunjungi. Selain menyenangkan untuk bermain, dekorasi taman bermain juga sangat indah, sehingga orang-orang ingin mengunjungi taman bermain. Jadi ingn juga ya!

August 13, 2018 by admin@kkpk 19 Comments

Inspirasi Hadiah untuk Hari Ibu

Sahabat KKPK tau kan, kalau setiap tanggal 22 Desember itu diperingati sebagai Hari Ibu. Ibu adalah orang terpenting untuk setiap anak, karena ibu selalu mengerti kebutuhan anaknya, penuh kelembutan dan kasih sayang untuk setiap anggota keluarga. Kamu berani tidak, tanyakan pada Ayah seberapa penting sosok Ibu dalam keluarga. Pasti, perannya sangat besar dan sangat penting.

Meskipun kita selalu mengatakan “Aku sayang Ibu” setiap hari, tidak ada salahnya kita merayakan hari ibu dengan memberi sedikit kejutan untuk Ibu yuk!

Tapi, hari ibu tinggal satu hari lagi! Duh, bikin kejutan seperti apa ya yang cepat dan mudah membuatnya..

Jangan panik, kakak kasih beberapa ide membuat hadiah kejutan dengan mudah cepat dan bahannya tidak sulit di dapatkan..

apa aja itu, yuk langsung liat nih…

  1. Bunga Kertas

Cara bikinnya udah pasti pada jago deh.. kalian hanya membutuhkan kertas warna-warni, kawat bunga, dan kancing. alat yang dipakai adalah gunting dan lem. Sahabat juga bisa lebih kreatif membuat jenis bunga yang macam-macam, misalnya bunga mawar, dahlia, peony, bunga sepatu atau bunga tulip. Sahabat juga bisa sambil mendaur ulang kertas loh! Caranya, pakai kertas dari majalah bekas. Pasti bunganya semakin cantik karena warna-warna halaman majalahnya.

  1. Cookies in a box

Sahabat jago membuat kue? Bisa banget nih Sahabat membuat kue yang lucu-lucu, lalu masukan ke dalam kotak box hadiah. Waaah pasti Ibu kamu akan sangat terharu deh..

  1. Kartu ucapan sulam

Bikin kartu ucapan yang lain dari pada yang lain. Misalnya, kartu ucapan yang disulam permukaannya sperti yang ada di gambar. Kamu bisa bermain-main dengan warna dan motif kertas. Cantik!

  1. Buket Bunga

Kalau di tempat kamu tinggal ada banyak kebun bunga, kamu bisa petik bunga-bunga liar tersebut dan kreasikan dengan bunga yang kamu beli di pasar bunga. Kemudian kamu juga bisa berkreasi dengan kertas pembungkus buketnya. Supaya buket bunganya semakin cantik!

  1. Memasak!

Kalau Sahabat jago memasak, sahabat bisa bangun lebih pagi saat Hari Ibu, lalu masaklah sarapan untuk Ibu. Kamu bisa menyajikan makanan yang mudah saja untuk sarapan. Seperti sereal, telur kocok, kentang goreng, kue panekuk, atau bahkan roti sandwich. Waaah ibumu pasti akan bangga!

August 13, 2018 by admin@kkpk 29 Comments

Apa saja sih yang dilakukan penulis?

Kalau kalian ingin menjadi penulis, entah itu penulis konten artikel, penulis fiksi, atau penulis blog yang kesemuanya itu merupakan kepenulisan kreatif. Sahabat tau gak sih apa saja kebiasaan yang biasanya dilakukan oleh para penulis untuk tetap kreatif dan tidak kehabisan ide?

Seringnya, tulisan yang sangat mudah dan enak dibaca itu tidak mudah saat menulisnya. Butuh usaha keras dan cara yang tepat supaya tulisan kita mudah dipahami oleh pembacanya. Meskipun tidak mudah, kebiasaan-kebiasaan ini akan mempermudah kamu saat menulis, dan tulisanmu akan jauh lebih baik untuk dipublikasikan.

1. Baca sesuatu yang ditulis dengan baik

Maksudnya bacalah buku, artikel atau tulisan yang ditulis dengan benar baik itu unsur intrinsiknya maupun ekstrinsiknya. Misalkan artikel-artikel berita di koran-koran ternama atau buku-buku yang diterbitkan oleh penerbit besar, karena pasti telah melalui proses editing oleh ahlinya. Membaca tulisan yang ditulis dengan baik akan berdampak pada cara kamu menulis, sehingga tulisanmu akan minim kesalahan dan nyaris tidak perlu diedit lagi.

2. Baca sesuatu yang lucu

Membaca humor dan membiarkan dirimu tertawa dapat membuat otakmu terasa segar dan dari situ akan muncul kreatifitas yang akan memancing ide-ide segar. Tulisanmu pasti akan menyenangkan dibaca.

3. Baca sesuatu di luar zona nyamanmu

Jika biasanya kamu membaca buku novel atau komik yang ditulis oleh anak-anak, mengapa tidak coba membaca yang lain? Membaca sesuatu yang baru akan membuat kamu mendapat ide baru juga. Kamu bisa coba membaca cerita-cerita klasik karya penulis dunia. Istilahnya, it will blow your mind!

4. Baca lagi karya lamamu

Membaca karya-karya lama kita bukan untuk mengeditnya, karena itu mungkin sudah terlambat. Tapi belajar dari apa yang sudah kita tulis sebelumnya. Melakukan instrospeksi diri melalui tulisan lama kita sehingga kita bisa melihat dimana letak kelemahan kita yang harus ditingkatkan.

5. Menulislah minimal 30 menit

Paksalah diri kamu untuk menulis setiap hari, minimal 30 menit lamanya. Karena untuk menjadi penulis yang hebat, kamu harus menulis! Sebuah logika yang mudah dimengerti, bukan? Dengan membiasakan diri untuk menulis setiap hari akan membuatmu mudah dalam menuangkan ide yang bermunculan. Jadi, menulislah setiap hari!

6. Paksakan dirimu berbicara dengan orang lain

Meskipun kamu merasa tidak sedang membutuhkan saran dari orang lain, kadang dengan bicara atau mengobrol dengan orang akan memberimu ide segar untuk menulis.

7. Jalan kaki

Apa hubungan jalan kaki dengan menulis? Jalan-jalan dan menggerakkan tubuhmu akan membuat energi otakmu terisi ulang loh! Karena terlalu lama menulis dan berpikir menguras energi, kan?

Meskipun setiap penulis memiliki karakteristik dan kebiasaan menulis yang berbeda, namun tidak ada salahnya mencoba metode dan cara baru. Siapa tau kebiasaan-kebiasaan ini memberi kemajuan untuk skill menulis kalian..

Cheerio, Sahabat KKPK!