Category: Bacaanku

August 13, 2018 by admin@kkpk 1 Comment

7 Kegiatan Musim Dingin Di Jepang

Sahabat KKPK mau tahu gak, apa yang dilakukan orang Jepang di musim dingin? Kalau di Indonesia sih musim dinginnya itu musim hujan, jadi pada diem aja di rumah. Hahaha. Musim dingin di Jepang tuh indah dan rame banget, Sahabat. Nih, aku kasih tahu apa aja kegiatan musim dingin yang sering dilakukan orang Jepang.

  1. Bermain Salju

Musim dingin yang banyak saljunya membuat orang-orang Jepang ingin bermain, Sahabat. Orang-orang Jepang suka sekali bermain ski, snowboarding dan juga membuat boneka salju. Biasanya mereka bermain ski dan snowboarding di Hokkaido yang sangat dingin, loh. Jadi harus banget pakai baju tebal, celana tebal, sarung tangan, sepatu hangat, topi dan syal yang hangat. Walaupun tetap terasa dingin, bermain salju masih tetap mengasyikkan!

 

  1. Berendam Di Air Panas

Saat cuaca sedang dingin, paling enak kalau berendam dalam air panas! Sahabat KKPK tahu gak? Ternyata, orang-orang Jepang biasanya berendam di onsen atau pemandian air panas yang memiliki banyak khasiat kesehatan. Wah selain mau hangat, mereka juga mau sehat. Keren, kan?

 

  1. Makan Makanan Panas

Makaaan….!! Sahabat KKPK juga suka makan, kan? Aduh jadi laper nih lihat makanannya. Musim dingin memang harus ditemani makanan panas, Sahabat. Makanan atau minuman panas seperti sup, coklat, kopi dan teh bisa membantu menghangatkan tubuh yang kedinginan karena es atau salju di musim dingin.

 

  1. Namahage (Monster Yang Berkeliling)

Terlihat menyeramkan ya, sahabat KKPK! Tapi jangan takut, Sahabat. Monster-monster Namahage ini hanyalah kakak-kakak dari Jepang yang mau mengusir hantu jahat di semua rumah penduduk Jepang. Mereka akan berkata, “Apakah disini ada anak nakal?” sambil berkeliling ke rumah-rumah. Ini adalah tradisi di Jepang yang unik kan, Sahabat?

 

  1. Mengikuti Festival-Festival

Menuju akhir tahun, kota Tokyo berubah seperti menjadi kota di dongeng, loh. Saat malam hari, lampu-lampu menyala dengan indahnya. Sahabat KKPK juga bisa mengunjungi festival es, kuliner, dan festival menyenangkan lainnya. Jangan lupa membawa kamera ya, Sahabat!

 

  1. Berlayar Di Lautan Es

Di musim dingin, kapal ini mengarungi lautan bongkahan es dengan pemandangan pegunungan bersalju cantik, Sahabat. Selain pemandangan gunung es yang indah, sahabat bisa melihat binatang yang keren seperti burung elang laut Steller yang sedang beristirahat di atas bongkahan es. Menarik sekali, ya!

 

  1. Bersenang-Senang Di Taman Bermain

Wah, taman bermain di Jepang banyak sekali, Sahabat! Nah, taman bermain yang ternama di Jepang itu ada Disneyland, Disneysea dan Universal Studios Jepang (USJ). Walaupun cuacanya dingin, taman bermain masih banyak sekali yang mengunjungi. Selain menyenangkan untuk bermain, dekorasi taman bermain juga sangat indah, sehingga orang-orang ingin mengunjungi taman bermain. Jadi ingn juga ya!

August 13, 2018 by admin@kkpk 19 Comments

Inspirasi Hadiah untuk Hari Ibu

Sahabat KKPK tau kan, kalau setiap tanggal 22 Desember itu diperingati sebagai Hari Ibu. Ibu adalah orang terpenting untuk setiap anak, karena ibu selalu mengerti kebutuhan anaknya, penuh kelembutan dan kasih sayang untuk setiap anggota keluarga. Kamu berani tidak, tanyakan pada Ayah seberapa penting sosok Ibu dalam keluarga. Pasti, perannya sangat besar dan sangat penting.

Meskipun kita selalu mengatakan “Aku sayang Ibu” setiap hari, tidak ada salahnya kita merayakan hari ibu dengan memberi sedikit kejutan untuk Ibu yuk!

Tapi, hari ibu tinggal satu hari lagi! Duh, bikin kejutan seperti apa ya yang cepat dan mudah membuatnya..

Jangan panik, kakak kasih beberapa ide membuat hadiah kejutan dengan mudah cepat dan bahannya tidak sulit di dapatkan..

apa aja itu, yuk langsung liat nih…

  1. Bunga Kertas

Cara bikinnya udah pasti pada jago deh.. kalian hanya membutuhkan kertas warna-warni, kawat bunga, dan kancing. alat yang dipakai adalah gunting dan lem. Sahabat juga bisa lebih kreatif membuat jenis bunga yang macam-macam, misalnya bunga mawar, dahlia, peony, bunga sepatu atau bunga tulip. Sahabat juga bisa sambil mendaur ulang kertas loh! Caranya, pakai kertas dari majalah bekas. Pasti bunganya semakin cantik karena warna-warna halaman majalahnya.

  1. Cookies in a box

Sahabat jago membuat kue? Bisa banget nih Sahabat membuat kue yang lucu-lucu, lalu masukan ke dalam kotak box hadiah. Waaah pasti Ibu kamu akan sangat terharu deh..

  1. Kartu ucapan sulam

Bikin kartu ucapan yang lain dari pada yang lain. Misalnya, kartu ucapan yang disulam permukaannya sperti yang ada di gambar. Kamu bisa bermain-main dengan warna dan motif kertas. Cantik!

  1. Buket Bunga

Kalau di tempat kamu tinggal ada banyak kebun bunga, kamu bisa petik bunga-bunga liar tersebut dan kreasikan dengan bunga yang kamu beli di pasar bunga. Kemudian kamu juga bisa berkreasi dengan kertas pembungkus buketnya. Supaya buket bunganya semakin cantik!

  1. Memasak!

Kalau Sahabat jago memasak, sahabat bisa bangun lebih pagi saat Hari Ibu, lalu masaklah sarapan untuk Ibu. Kamu bisa menyajikan makanan yang mudah saja untuk sarapan. Seperti sereal, telur kocok, kentang goreng, kue panekuk, atau bahkan roti sandwich. Waaah ibumu pasti akan bangga!

August 13, 2018 by admin@kkpk 29 Comments

Apa saja sih yang dilakukan penulis?

Kalau kalian ingin menjadi penulis, entah itu penulis konten artikel, penulis fiksi, atau penulis blog yang kesemuanya itu merupakan kepenulisan kreatif. Sahabat tau gak sih apa saja kebiasaan yang biasanya dilakukan oleh para penulis untuk tetap kreatif dan tidak kehabisan ide?

Seringnya, tulisan yang sangat mudah dan enak dibaca itu tidak mudah saat menulisnya. Butuh usaha keras dan cara yang tepat supaya tulisan kita mudah dipahami oleh pembacanya. Meskipun tidak mudah, kebiasaan-kebiasaan ini akan mempermudah kamu saat menulis, dan tulisanmu akan jauh lebih baik untuk dipublikasikan.

1. Baca sesuatu yang ditulis dengan baik

Maksudnya bacalah buku, artikel atau tulisan yang ditulis dengan benar baik itu unsur intrinsiknya maupun ekstrinsiknya. Misalkan artikel-artikel berita di koran-koran ternama atau buku-buku yang diterbitkan oleh penerbit besar, karena pasti telah melalui proses editing oleh ahlinya. Membaca tulisan yang ditulis dengan baik akan berdampak pada cara kamu menulis, sehingga tulisanmu akan minim kesalahan dan nyaris tidak perlu diedit lagi.

2. Baca sesuatu yang lucu

Membaca humor dan membiarkan dirimu tertawa dapat membuat otakmu terasa segar dan dari situ akan muncul kreatifitas yang akan memancing ide-ide segar. Tulisanmu pasti akan menyenangkan dibaca.

3. Baca sesuatu di luar zona nyamanmu

Jika biasanya kamu membaca buku novel atau komik yang ditulis oleh anak-anak, mengapa tidak coba membaca yang lain? Membaca sesuatu yang baru akan membuat kamu mendapat ide baru juga. Kamu bisa coba membaca cerita-cerita klasik karya penulis dunia. Istilahnya, it will blow your mind!

4. Baca lagi karya lamamu

Membaca karya-karya lama kita bukan untuk mengeditnya, karena itu mungkin sudah terlambat. Tapi belajar dari apa yang sudah kita tulis sebelumnya. Melakukan instrospeksi diri melalui tulisan lama kita sehingga kita bisa melihat dimana letak kelemahan kita yang harus ditingkatkan.

5. Menulislah minimal 30 menit

Paksalah diri kamu untuk menulis setiap hari, minimal 30 menit lamanya. Karena untuk menjadi penulis yang hebat, kamu harus menulis! Sebuah logika yang mudah dimengerti, bukan? Dengan membiasakan diri untuk menulis setiap hari akan membuatmu mudah dalam menuangkan ide yang bermunculan. Jadi, menulislah setiap hari!

6. Paksakan dirimu berbicara dengan orang lain

Meskipun kamu merasa tidak sedang membutuhkan saran dari orang lain, kadang dengan bicara atau mengobrol dengan orang akan memberimu ide segar untuk menulis.

7. Jalan kaki

Apa hubungan jalan kaki dengan menulis? Jalan-jalan dan menggerakkan tubuhmu akan membuat energi otakmu terisi ulang loh! Karena terlalu lama menulis dan berpikir menguras energi, kan?

Meskipun setiap penulis memiliki karakteristik dan kebiasaan menulis yang berbeda, namun tidak ada salahnya mencoba metode dan cara baru. Siapa tau kebiasaan-kebiasaan ini memberi kemajuan untuk skill menulis kalian..

Cheerio, Sahabat KKPK!