Category: Bacaanku

September 4, 2018 by admin@kkpk 4 Comments

7 Permainan Tradisional yang Mengasyikkan

Ayo, siapa yang suka main? Bukan main gadget , ya. Tapi main permainan tradisional Indonesia, negeri kita tercinta. Permainannya asyik-asyik, lho. Selain asyik, permainan tradisional juga bisa membuat sahabat sehat, pintar dan juga punya banyak teman. Udah pada tahu belum, permainannya apa aja? Yuk kita bahas 7 permainannya!

 

  1. Bola Bekel

Ini dia permainan bola bekel yang ngetren banget di tahun 2003, walaupun memang dari dulu sudah ada. Permainan ini terdiri dari bola bekel dan bekelnya. Cara bermainnya butuh keahlian untuk mengambil bekel sebelum bola terjatuh ke tangan kita, Sahabat. Nggak semua orang bisa bermain bekel saat pertama kali mencoba, lho. Kita butuh latihan ternyata, Sahabat. Tapi, kalau udah jago, sahabat bakal ketagihan main bersama sahabat yang lain. Siapa, ya, yang jadi pemenangnya?

 

  1. Congklak

Permainan selanjutnya adalah congklak. Mungkin sahabat KKPK ada yang udah pernah main, ya. Permainan ini menggunakan biji congklak dan papan congklak dengan 16 lubang. Permainan ini hanya bisa dimainkan oleh dua orang saja, Sahabat. Total keseluruhan biji congklak ada 98 buah, dan nantinya akan diisi ke 14 lubang papan congklak. Setelah melakukan suit, sahabat harus memindahkan biji congklak satu persatu ke arah kiri, dan seterusnya sampai ada pemenang. Permainan ini butuh strategi dan ide-ide cemerlang untuk menang. Gimana? Asyik, kan?

 

  1. Kelereng atau Gundu

Kelereng merupakan kaca bening yang berbentuk bulat dan biasanya dimainkan oleh anak laki-laki. Cara mainnya juga cukup mudah, yaitu dengan menyentil kelereng yang kita punya dengan target mengenai kelereng lawan. Kalau sahabat berhasil mengenai kelereng lawan, maka kelereng yang itu bakal jadi milik sahabat. Permainan ini bakal makin asyik kalau dimainkan ramai-ramai. Wiih.. makan banyak sahabat aja nih.

 

  1. Lompat Tali

Permainan selanjutnya adalah lompat tali. Tali untuk permainan ini terbuat dari karet gelang yang disambungkan, Sahabat. Biasanya, permainan ini diamainkan oleh 2 kelompok yang terdiri dari 3 orang; 2 orang mengayunkan tali dan seorang lagi melompat. Semakin naik levelnya, semakin susah juga permainannya, lho.

 

  1. Engklek

Permainan engklek ini bisa dilakukan oleh dua sampai lima orang, Sahabat. Setiap pemain akan melompati kotak-kotak, yang sudah digambar dengan kapur, secara bergiliran. Melompatnya harus dengan satu kaki,ya! Nah, kalau terjatuh maka pemain harus menandai kotak terakhir dengan menaruh batu. Permainan ini cukup menantang, ya. Harus tetap hati-hati juga, ya, Sahabat.

 

  1. Petak Umpet

Permainan petak umpet ini ternyata gak cuman di Indonesia, lho. Di Inggris, Spanyol dan Jerman juga ada. Keren kan? Nah, cara bermainnya yaitu dengan bersembunyi dari teman yang berperan jadi kucing. Setelah si kucing menutup mata dan menghitung sampai 10, semua orang harus bersembunyi, dan kalau tertangkap maka orang itu akan jadi kucing selanjutnya. Seru banget, ya!!

 

  1. Ular Naga Panjang

Permainan terakhir yaitu ular naga panjang. Cara bermainnya mudah, kok. Pertama, tentukan dua orang yang menjadi penjaganya, sisanya berjalan melewati penjaga. Saat berjalan sambil memegang punggung teman yang ada di depan, sahabat harus menyanyikan lagu ular naga. Lalu, saat lagu itu berhenti, penjaga akan menangkap satu anak, dan anak itu pun keluar dari permainan. Pemainan yang seru, ya!

Sahabat, ternyata permainan tradisional seru-seru, ya! Selain kita bisa asyik bermain bersama teman, kita juga bisa melestarikan budaya Indonesia. Merdeka!

September 4, 2018 by admin@kkpk 3 Comments

5 Manusia Setengah Robot Yang Hidup Di Dunia Nyata

Sahabat KKPK percaya gak kalau ternyata ada manusia setengah robot betulan? Ini bukan bohong lho, Sahabat. Ternyata ada beberapa orang yang dikasih mesin robot untuk membantu hidup mereka. Langsung baca aja yuk!

  1. Neil Harbisson

Mr. Neil Harbisson ini adalah orang Inggris yang gak bisa ngebedain warna, Sahabat. Ini artinya warna yang Mr. Harbbisson lihat hanyalah hitam dan putih. Tapi, dengan bantuan antena yang bisa membuat dia membedakan warna.

 

  1. Jesse Sullivan

Mr. Jesse Sullivan mengalami kecelakaan kerja hingga kedua tangannya hilang, Sahabat. Kasihan, ya. Nah, untungnya ada yang menawarkan tangan robot ke Mr. Sullivan. Jadi, sekarang Mr. Sullivan bisa memakai kedua tangan robotnya dengan pikirannya seperti tangan asli, Sahabat.

 

  1. Cameron Clapp

Mr. Cameron Clapp dulu mengalami kecelakaan sehingga dia gak punya kaki dan satu tangan, Sahabat. Lalu, dia didukung untuk memasang tangan dan kaki robot, dan akhirnya dia bisa memakainya dengan pikirannya. Sahabat tahu gak? Ternyata, Mr. Clapp itu sekarang seorang atlit lari, lho. Keren, kan?

 

  1. Jens Naumann

Selanjutnya adalah Mr. Jens naumann, Sahabat. Dia mengalami kebutaan karena kecelakaan. Lalu, dia pun mengikuti suatu program untuk memasang kamera ke otaknya sehingga dia bisa melihat lagi. Widih, akhirnya dia bisa lihat lagi, Sahabat.

 

  1. Kevin Warwick

Ini dia Dr. Kevin Warwick yang melakukan percobaan robot pada diri sendiri, Sahabat. Berbeda dari orang sebelumnya, Dr. Kevin ini gak mengalami kecelakaan. Dia sudah ber-eksperimen dengan dunia robot sejak lama. Dr. Kevin pun memiliki cita-cita untuk menjadi manusia robot seutuhnya. Wih, pintar sekali Dr. Kevin!

Itu dia para manusia robot yang sungguhan, sahabat. Gimana? Menakjubkan, kan? Tapi, kita harus bersyukur masih bisa memiliki hidup sebagai manusia yang masih sehat ya, Sahabat

September 4, 2018 by admin@kkpk 2 Comments

7 Robot Canggih Yang Beneran Ada Di Dunia Nyata

Siapa yang suka main robot? Atau suka film robot? Sahabat KKPK penasaran kan, ada gak ya robot yang canggih kayak di film-film? Dan ternyata ada lho, Sahabat. Disini, kak admin bakal kasih tahu sahabat KKPK tentang robot canggih yang beneran ada di dunia nyata. Duh keren abis! Yuk kita lihat!

 

  1. King Robota Yang Humoris

King robotika adalah robot dengan teknologi dan model yang canggih, lho. Robot ini bisa bicara, bernyanyi, dan bermain gitar lho, Sahabat. Wah seperti manusia aja, ya. Robot ini juga sangat bersahabat dan pintar membuat orang tertawa. Aduh baik banget ya robotnya. Eit tapi shabat KKPK gak bisa beli robot ini ya soalnya robot ini gak dijual. Hehehe.

 

  1. Robot Asimo Yang Keren

Robot asimo ini adalah robot canggih selanjutnya yang paling hebat di dunia, Sahabat. Asimo yang berasal dari Jepang ini diciptakan untuk bantuin manusia, lho. Robot ini bisa jalan sendiri, menuangkan air minum dan mengenali orang yang memerintahkan, bahkan bisa menaiki tangga dan membantu pekerjaan di kantor. Waduh, emang keren robotnya!

 

  1. Robot Cheetah, Si Cepat

Selain robot yang menyerupai manusia, beberapa ilmuan membuat robot hewan. Ini dia robot hewan cheetah dari Amerika Serikat. Robot ini bisa berlari dengan sangat cepat seperti cheetah, lho. Bahkan manusia yang larinya cepat aja kalah, Sahabat. Jangan mau lomba lari sama robot ini ya, Sahabat.

 

  1. Robot Atlas, Si Penolong

Robot canggih yang satu ini gak cuman bisa lompat, salto, dan jalan, lho. Robot ini juga bisa naik turun tangga, mendaki, dan bisa berdiri tegak walaupun didorong dengan sangat kuat, Sahabat. Menurut penciptanya, robot Atlas ini bisa digunakan dalam keadaan darurat seperti saat bencana alam dan bisa menolong manusia suatu saat nanti. Wah, pahlawanku!

 

  1. Robot Pepper Yang Pengertian

Pepper ini robot yang diciptakan dengan kemampuan untuk mengerti perasaan manusia, Sahabat. Dia dibuat mirip dengan manusia yang baik hati, menawan dan penuh dengan kejutan. Makanya perusahaan Jepang beli robot ini untuk menyambut tamu, Sahabat. Wah, baik sekali robot ini!

 

  1. Robot Trandinno, Si Raksasa

Robot raksasa yang berbentuk naga ini bisa jalan dan menyemburkan api dari mulutnya gak kayak robot di taman hiburan lainnya, lho. Robot ini juga adalah robot terbesar di dunia, Sahabat. Selain itu, robot Trandinno pernah beberapa kali ada di festival-festival di Jerman. Wih, keren!

 

  1. Robot Kucing Yume Neko Smile

Wah lucunya robot kucing Yume Neko Smile! Ini tuh robot mainan yang gak biasa, Sahabat. Kenapa gak biasa? Karena robot kucing ini seperti kucing asli yang suka dielus-elus. Selain itu robot kucing ini juga bisa mengedipkan mata, menggerakkan leher dan mulutnya, mendengkur kalau lagi tidur dan marah kalau ekornya ditekan. Wah seperti kucing asli, ya! Robot ini cocok banget nih buat pecinta kucing yang alergi sama bulunya.

September 4, 2018 by admin@kkpk 3 Comments

5 Novel & Komik Edisi KKPK Class Yang Wajib Kamu Baca

Sahabat KKPK pada suka novel komik? Wah, pasti pada suka dong, apalagi novel komik kecil-kecil punya karya yang lucu-lucu, warna-warni dan mengasikkan. Kalian pasti bingung kan mau baca yang mana… Nih kak admin kasih tahu 5 novel komik edisi KKPK class yang wajib banget dibaca. Dijamin keren deh. Apa aja, ya?

  1. Lorong Berhantu

Ini dia, nomik pertama yang wajib sahabat KKPK baca. Nomik ini ditulis sama kak Fayanna, lho. Ceritanya tuh tentang kejadian-kejadian menyeramkan seperti suara musik di kegelapan yang terjadi di ruang musik sekolah Kiki, Karima, Putra dan Karin. Nah, mereka pun mencari kebenaran misteri di ruang musik itu. Apa betul disana ada hantu? Wah, keren ya ceritanya, Sahabat. Yuk segera baca komiknya!

 

  1. Rahasia Di balik Rahasia

Novel komik yang ditulis sama kak Athaya Sholeha ini ceritanya tentang Karima, Kiki, Putra dan Karin yang dapat teman baru di sekolah, namanya Lila. Ternyata, Lila adalah orang yang misterius dan punya banyak rahasia. Lalu, Karin mendapat SMS ancaman dari seseorang sampai trauma dan gak masuk sekolah. Karima, Kiki, dan Putra pun mencurigai seseorang sebagai pelakunya. Siapakah orang itu? Bikin penasaran, kan?

 

  1. Sahabat Baru

Punya sahabat baru emang menyenangkan, ya! Tapi, sahabat KKPK gak mau ditinggal sahabatnya kan? Di buku novel komik yang ditulis sama kak Ukasyah Ammar Robbani ini, sahabat KKPK bakal baca cerita tentang persahabatan baru Kiki, Karima, Putra dan Karin dengan Ukhasyah, tapi ternyata Ukhasyah hanya akan bersekolah disana selama 3 bulan. Menyedihkan ya, Sahabat? Eit.. tunggu dulu. Ternyata Kiki, Karima, Putra dan Karin punya rencana. Gimana ya kelanjutan persahabatan mereka?

 

  1. Jujur Is The Best

Buku novel komik ini ditulis sama kak Bintang Nurul Hidayati, Sahabat. Ceritanya tentang Kiki yang ditinggal sendiri saat liburan sama sahabat-shabtanya. Lalu, Kiki pun bertemu Revan, dan mereka pergi membantu nyonya tua untuk melakukan sesuatu supaya mendapat upah. Tapi, ternyata Revan berbuat curang dan membuat Kiki bingung, kesal juga marah.  Bagaimana jadinya, ya? Wah, menarik banget ceritanya. Bukunya juga bagus, lho supaya kita jadi anak yang baik, tidak seperti Revan.

 

  1. Tea Secret

Ini dia novel komik dari KKPK class yang wajib kalian baca, Tea Secret. Cerita yang ditulis sama kak Ulya Amara Putri ini ceritanya tentang liburan ke kebun teh yang punya beberapa kekacauan, dan disanalah Kiki, Karima, Putra dan Karin beraksi untuk menyelesaikan kasus itu. Pelakunya siapa ya? Daripada nebak-nebak, mendaing langsung baca aja sahabat! Pasti keren!

Wah, semua novel komiknya keren-keren ya. Buat sahabat KKPK yang mau beli komiknya, bisa lagsung liat aja di Mizanstore.com. Jangan sampai kehabisan bukunya ya, Sahabat!

September 4, 2018 by admin@kkpk 3 Comments

7 Tempat Wisata Menarik Di Jepang Yang Bisa Dikunjungi Saat Musim Gugur

Halo, sahabat KKPK! Ada yang pernah pergi ke negeri Sakura? Wuih, keren ya! Kali ini kita mau bahas tentang beberapa tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi saat musim gugur di Jepang nih, Sahabat. Yuk langsung kita lihat daftarnya dibawah ini ya.

  1. Tokyo

Buat sahabat KKPK yang mau berlibur ke Jepang, kota yang satu ini cocok banget buat dikunjungi nih. Yap, Tokyo punya beberapa tempat wisata menarik untuk dikunjungi saat musim gugur di Jepang dari mulai akhir Oktober sampai awal Desember, Sahabat. Beberapa tempat wisata dengan waktu yang tepat untuk dikunjungi ada Rikugien dan Koishikawa Korakuen (akhir November-awal Desember) adalah dua taman populer yang sering dikunjungi saat musim gugur, di Fuji Five Lakes/Fujigoko (akhir Oktober-pertengahan November) sahabat KKPK bisa menikmati pemandangan dengan latar belakang Gunung Fuji yang terkenal itu lho. Juga ada Mount Takao (pertengahan-akhir November), Sakurayama yang terletak di Perfektur Gunma (pertengahan November), dan kuil-kuil di Kamakura (akhir November-pertengahan Desember). Sahabat KKPK ada yang mau berlibur kesini?

 

  1. Osaka

Sahabat KKPK yang mau berlibur ke Jepang, bisa mengunjungi Osaka, kota yang juga punya beberapa tempat wisata menarik saat musim gugur akhir November sampai awal Desember. Seperti Mino Park, lembah dengan air terjun cantik yang berpadu dengan dedaunan merah-kuning musim gugur. Gak cuma itu, Sahabat. Ada juga Ryuani Temple yang memiliki jembatan kecil berwarna merah cerah, dan sahabat KKPK juga bisa menikmati pemadangan indah di Osaka Castle yang terletak di Chūō-ku, Osaka.

 

  1. Kyoto

Dari pertengahan November sampai awal Desember, di Kyoto sahabat KKPK juga bisa menemukan tempat-tempat wisata menarik untuk dikunjungi saat musim gugur lho! Beberapa diantaranya seperti, Tofokuji Temple, Yoshiminedera Temple, Shinnyodo Temple, dan sebuah kuil kecil yang bernama Enkoji. Selain itu, pada akhir November sampai awal Desember sahabat KKPK juga bisa mengunjungi distrik Arashiyama, Kiyomizudera Temple, Eikando Temple, dan Kodaiji Temple. Ada juga Nanzenji Temple, Chionin Temple, Shorenin Temple, dan Kitano Tenmangu yang menjadi tempat menarik untuk dikunjungi, Sahabat.

 

  1. Tohoku

Selanjutnya tempat wisata menarik untuk dikunjungi saat musim gugur di Jepang ada Tohoku nih, Sahabat. Waktu yang tepat untuk sahabat KKPK berkunjung kesana dari awal Oktober sampai awal November. Di awal Oktober, sahabat KKPK bisa mengunjungi pegunungan Hachimantai, terutama di puncaknya, Goshogake Onsen, Onuma Pond, Tamagawa Onsen, dan Nyuto Onsen. Selain itu, sahabat KKPK juga bisa berkunjung ke Danau Urabandai yang terletak di Gunung Bandai. Di akhir Oktober sampai akhir November, sahabat KKPK bisa mengunjungi Natuko Gorge, disini ada beberapa rute pejalan kaki sehingga sahabat KKPK bisa menikmati suasana musim gugur disana.

 

  1. Hokkaido

Satu lagi tempat menarik untuk dikunjungi saat musim gugur di Jepang ada Hokkaido nih, Sahabat. Sahabat KKPK bisa mengunjungi tempat ini pada pertengahan September sampai pertengahan Oktober. Beberapa tempat di Hokkaido yang sering dikunjungi saat musim gugur ada Pegunungan Daisetsuzan National Park, dan Gunung Asahidake, Ginsendai, atau Kogen Onsen pada pertengahan sampai akhir September. Selain itu sahabat KKPK juga bisa menikmati suasana musim gugur di tempat yang lebih rendah, seperti di sekitar Sounkyo pada awal sampai pertengahan Oktober.

 

  1. Ibaraki

Ibaraki juga salah satu kawasan wisata menarik saat musim gugur di Jepang nih, Sahabat. Hitachi Seaside Park adalah taman yang sangat populer di Ibaraki saat musim gugur. Taman ini akan dipenuhi oleh tumbuhan yang punya beragam warna, sehingga sahabat KKPK akan merasa seperti memasuki dunia anime. Wah keren ‘kan, Sahabat? Gak cuma itu, disana juga ada sebuah amusement park kecil yang di dalamnya terdapat bianglala untuk melihat pemandangan taman Hitachi Seaside Park ini dari ketinggian.

 

  1. Korankei Valley

Terakhir nih, sahabat KKPK. Ada Korankei Valley, yang juga salah satu tempat wisata menarik untuk dikunjungi saat musim gugur di Jepang. Korankei Valley adalah tempat populer bagi sebagian besar warga Jepang. Sahabat KKPK akan benar-benar menikmati suasana musim gugur ditempat ini, karena saat musim gugur, daun dari 3000 pohon maple disini akan berubah secara bertahap menjadi beragam warna, sebelum akhirnya berubah menjadi merah. Keunikan itulah yang membuat warga Jepang menyebutnya Korankei Valley “Goshoku Momiji” yang berati “maple lima warna.”. Sahabat KKPK pasti mau dong berlibur kesini?

 

Nah, itulah beberapa tempat menarik untuk dikunjungi saat musim gugur di Jepang, Sahabat KKPK. Keren semua ya tempatnya, Sahabat? Pasti bikin ngiler buat datang dan berlibur disana. Hihihi.

September 4, 2018 by admin@kkpk 2 Comments

5 Aktivitas Musim Gugur Di Jepang

Halo Sahabat KKPK! Kemarin kita udah ngebahas kegiatan orang jepang saat musim dingin dan musim semi, nih. Sekarang aku mau ngasih tahu kegiatan apa aja yang biasanya dilakukan orang Jepang saat musim gugur. Yuk langsung aja kita lihat!

  1. Melihat Bulan

Melihat bulan? Ada apa dengan bulan di Jepang saat musim gugur, Sahabat? Ternyata orang-orang suka dengan keindahan bulan di musim gugur yang emang terlihat lebih besar dan lebih bercahaya, Sahabat. Kegiatan ini juga biasa disebut dengan festival tsukimi. Orang-orang Jepang akan pergi dan berdiri di atas bukit untuk melihat keindahan bulan di musim gugur. Menurut orang Jepang, mereka bisa melihat kelinci yang sedang membuat mochi dibulan saat musim gugur. Wah, sepertinya melihat bulan adalah kegiatan yang menyenangkan, Sahabat.

 

  1. Pesta Olahraga

Karena udara di musim gugur sangat segar, orang-orang di Jepang memilih melakukan olahraga, Sahabat. Nah pesta olahraga pun akan banyak dilakukan di sekolah-sekolah dengan mengadakan perlombaan olahraga. Asyiik…

 

  1. Mengikuti Tokyo Ramen Show

Sahabat KKPK pada suka makan, kan? Ada kegiatan menarik musim gugur di Jepang, nih, yaitu Tokyo Ramen Show! Tokyo Ramen Show itu adlah salah satu kegiatan terbesar di Jepang, Sahabat. Disini bakalan ada banyak hidangan ramen yang enak-enak, lho. Ngebayanginnya aja udah bikin ngiler, kan?

 

  1. Momiji Gari!

Ada yang tahu apa itu momiji gari? Kalau gak, aku kasih tahu ya. Momiji gari itu adalah kegiatan menikmati keindahan alam, yaitu memerahnya daun maple yg dilakukan oleh masyarakat Jepang. Kegiatan ini tuh sama dengan hanami saat musim semi. Sahabat bisa cari tahu apa itu hanami di kegiatan musim semi yang ada di rumahkkkpk.com, ya.

 

  1. Membaca

Wah sahabat, ternyata selama musim gugur, malam hari menjadi lebih panjang dan sejuk. Nah itulah kenapa orang-orang lebih suka bersantai dirumah sambil membaca buku, khususnya buat murid-murid yang mau masuk semester akhir karena mereka harus membaca buku-buku pelajaran untuk mempersiapkan diri saat masuk sekolah nanti. Wah semngat belajarnya bagus, Sahabat. Jangan mau kalah, ya!