Category: Bacaanku

February 1, 2019 by admin@kkpk 0 Comments

Mengenal Kebudayaan Korea Selatan

Halo sahabat KKPK, siapa disini yang suka hal-hal menyangkut Korea Selatan? Kebetulan, kali ini kita akan membahas kebudayaan Korea Selatan, loh! Kita semua pasti udah familiar dengan kata K-Pop dan kartun; atau Kimchi, iya, makanan unik khas Korea Selatan yang asem itu. Sesuatu yang berbau Korea memang lagi hitz banget di Indonesia, apa lagi di kalangan muda.


 3 Kebudayaan Korea Selatan

Biar kita mengenal lebih dekat, kita mulai dulu dari hal-hal yang paling populer dan yang saat ini paling hitz. Apa lagi kalau bukan kuliner, kartun, dan K-Pop. Yuk, bareng-bareng kita mengenal tiga hal itu.

  • Kuliner

Buat kamu yang sering nonton film-film Korea, pasti kamu penasaran nih sama makanan berwarna merah yang pasti hampir selalu ada di adegan makan—itu namanya Kimchi! Makanan pelengkap sejenis acar yang wajib ada buat orang Korea. Selain rasa Kimchi yang unik, ternyata makanan itu membawa banyak manfaat kesehatan. Mangkannya banyak digemari.

  • Kartun

Kalau kamu belum tau, banyak kartun-kartun saat ini yang kita tonton berasal dari Korea. Tau “Tayo”? Iya, film kartun yang lagunya terkenal banget itu yang “Hai Tayo, hai Tayo, dia bis kecil ramah!”. Tayo adalah salah satu kartun dari Korea. Kartun-kartun lainnya yang juga berasal dari Korea, yaitu: Baby Shark, Larva, Pororo, Bernard Bear, dan masih banyak kartun lainnya.

  • K-Pop

Nah, ini salah satu kebudayaan Korea Selatan yang paling hitz dan banyak digemari di Indonesia. Korea terkenal banget karena banyak girlband dan boyband yang kece. Coba deh, siapa yang gak tau sama Bangtan Boys atau lebih dikenal dengan nama BTS? Boyband yang udah punya fanclub besar di seluruh dunia yang dikenal sebagai ARMY.

Kalau kamu suka BTS dan udah ARMY banget, kamu wajib tau dan baca komik yang berjudul ARMY Garis Keras. Komik ini meraik, loh! Spoiler, jangan? Pokoknya di komik ini nanti kamu bakal tau gimana kerennya boyband yang bernama BTS. Nyesel deh kalau gak baca, apa lagi kalau kamu ARMY!

December 6, 2018 by admin@kkpk 0 Comments

KKPK Serunya Uji Nyali: Melatih Keberanian Sejak Dini

Keberanian dalam diri tidak hadir begitu saja pada setiap orang. Harus ada latihan. Harus dipupuk sejak dini. Sebenarnya, jika diperhatikan anak-anak sejak kecil tidak punya rasa takut. Hanya saja, pola mendidik anak terkadang orangtua memilih untuk menakut-nakuti, juga pengaruh cerita dan film genre horor yang lambat laun ikut diakses oleh sang anak.

Karena hal tersebut, rasa berani anak menjadi terkikis. Karenanya perlu ada latihan agar anak kembali menumbuhkan rasa beraninya. Di sekolah-sekolah, biasanya ada uji nyali atau juga biasa dinamakan jurit malam untuk melatih keberanian dan mental siswa dan siswi.

Kisah-kisah tentang uji nyali bisa menjadi pelajaran sekaligus latihan keberanian anak-anak. Seperti kisah yang ditulis oleh Naura Athaya Sharif, penulis anak berusia 10 tahun yang sekolah di SD Purwantoro 8 Kota Malang ini. Judul cerita yang dia tulis adalah Serunya Uji Nyali.

Cerita ini bercerita tentang Iqbal, Dinda dan Aldo. Mereka adalah teman sesekolah. Suatu ketika sekolah mereka mengadakan kompetisi uji nyali. Kompetisi akan diadakan di hutan hujan monster. Setiap anak akan memilih di zona mana mereka akan melakukan kompetisi.

Iqbal, Dinda dan Aldo mendapatkan tempat yang sama yaitu zona horor. Cara memenangkan kompetisi adalah siapa yang lebih dulu menemukan kotak berisi benda misteri. Mereka pun masuk ke tempat zona horor, mereka harus mencari peta dulu. Ternyata, Dinda menemukan peta tersebut.

Tetapi, ternyata Dinda tidak bisa membaca peta dan meminta bantuan Iqbal untuk membaca. Setelah Iqbal membaca peta, akhirnya Iqbal mengajak Dinda dan Aldo ke sebuah rumah untuk mencari kota misteri tersebut. Mereka bersusah payah membuka rumah yang pintunya besar.

Mereka mendapati tiga labirin pohon. Aldo memilih labirin kanan, Dinda memilih tengah dan Iqbal terpaksa memilih kiri. Suasana sangat gelap. Untung saja Iqbal membawa senter, dan ternyata Iqbal menemukan rumah tersebut.

Ketika Iqbal membuka pintu, banyak kalelawar dari dalam rumah beterbangan keluar. Ketika masuk rumah, senternya menerangi tembok yang bertuliskan “jangan injak gambar tengkorak.” Sontak Iqbal jadi takut dan tidak menginjak lantai yang bergambar tengkorak.

Iqbal pun lari menaiki tangga dan ada gambar kepala singa yang mengagetkan. Ternyata di lemari buku ada tombol yang membawa Iqbal menemukan kotak yang dicari dan dia menemukan jalan keluar.

Ketika pengumuman, Iqbal sebagai penemu kotak misteri menjadi pemenang. Dia membuka kotak tersebut yang ternyata berisi kunci ruang studio musik di sekolah. Jadi, Iqbal dengan kunci tersebut dibolehkan menggunakan studio tersebut kapan saja (halaman 21). Iqbal pun senang, karena keberaniannya dia mendapatkan sesuatu yang menyenangkan.

Mental berani memang akan sangat bermanfaat bagi anak-anak di masa depan. Maka buku anak ini, cocok dibaca oleh banyak anak agar menjadi pemberani. Sebuah buku anak yang tipis, tetapi menarik bagi anak karena ada gambar dan ilustrasi yang menarik dan lucu, yang meski begitu juga sarat makna. Selamat membaca!

 

resensi: Muhammad Rasyid Ridho, Pengajar Kelas Menulis SD Plus Al-Ishlah Bondowoso

December 6, 2018 by admin@kkpk 0 Comments

KKPK Kejutan Rumah Kosong: Jangan Terlena dengan Kemewahan Dunia

Islam mengajarkan kita agar senantiasa hidup dalam kesederhanaan. Tidak berlebih-lebihan dalam segala hal. Meskipun kita memiliki banyak harta kekayaan, tetapi bukan berarti kita dapat hidup bebas sesuka hati, berfoya-foya, menghambur-hamburkan uang untuk kepentingan sesaat yang tak memiliki nilai kebermanfaatan untuk sesama.

Alangkah baiknya, bila harta kekayaan yang kita miliki dimanfaatkan untuk kepentingan umat yang lebih luas. Misalnya, selalu berusaha menyisihkan uang yang kita punya untuk membantu fakir miskin, menolong sesama yang tengah terbelit masalah ekonomi, menyumbang pembangunan pondok-pondok pesantren, dan seterusnya. Salah satu ciri harta yang berkah adalah bila dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas.

Jangan pernah kita terlena dengan kemewahan dunia yang sifatnya hanya sesaat saja. Tak selamanya mewah itu menjadikan penentu kebahagiaan seseorang. Sebagaimana kisah dalam buku komik ini. Kisah berjudul “Enaknya Tinggal di Rumah Mewah” bercerita tentang bocah perempuan bernama Fathia, yang tengah dilanda rasa penasaran; bagaimana rasanya tinggal di rumah yang mewah?

Fathia berpikir tinggal di rumah mewah tentu menyenangkan. Namun anggapannya justru keliru ketika ia menginap di rumah Maria, sepupunya. Rumah orangtua Maria sangat besar dan dipenuhi dengan kemewahan. Banyak sekali koleksi buku dan mainan milik Maria. Namun yang membuat Fathia terkejut adalah ketika Maria bercerita bahwa ia merasa kesepian di rumah karena kedua orangtuanya sibuk bekerja.

Maria merasa kesepian di rumah. Ia jarang bertemu dengan ayah ibunya. Kesehariannya lebih banyak ditemani oleh pembantu. Menyaksikan kehidupan Maria, membuat Fathia tersadar bahwa kehidupannya selama ini jauh lebih bahagia, meskipun tidak tinggal di rumah mewah tetapi Fathia merasa bahagia karena memiliki banyak waktu bersama orangtuanya (halaman 37).

Cerita berjudul “Tak Kusangka” juga menarik dibaca karena sarat pembelajaran berharga untuk anak-anak. Berkisah tentang Alan, bocah laki-laki yang kesehariannya memulung sampah. Meski hidup seadanya, akan tapi Alan berusaha tak mengeluh. Ia juga dikenal sebagai anak yang rajin menunaikan shalat sekalian beristirahat di masjid.

Suatu hari Alan menemukan sebuah dompet yang isinya ternyata lembaran uang yang sangat banyak. Ia pun sempat berkhayal; “Seandainya aku punya uang sebanyak ini.” Untunglah ia segera tersadar dan tak merasa tergoda untuk mengambil uang yang bukan miliknya itu. Di dalam dompet, selain uang, Alan juga melihat ada kartu pemilik dompet tersebut.

Lantas, Alan berinisiatif untuk mengembalikan dompet tersebut kepada pemiliknya. Melalui nama serta alamat yang tercantum di kartu tersebut, Alan akhirnya berhasil menemukan rumah Pak Samsudin, si pemilik dompet. Di luar dugaan, Alan mendapat hadiah dari Pak Samsudin. Alan pun merasa senang pulang ke rumah membawa makanan yang enak untuk ibunya (halaman 87).

Masih ada beberapa cerita lain yang bisa dibaca dalam buku ini. Misalnya, cerita berjudul “Kejutan Rumah Kosong” berkisah tentang dua sahabat bernama Layla dan Lisa yang tengah mengikuti acara kemah sekolah. Saat berada di area perkemahan, ada sebuah kejadian penuh misteri yang dialami oleh Layla, Lisa dan satu lagi sahabatnya yang bernama Muthia.

Mereka bertiga menemukan sebuah rumah yang di dalamnya berisi koleksi buku yang sangat banyak. Tapi anehnya, buku-buku tersebut tak ada tulisannya alias kosong. Voila, si penjaga buku di rumah tersebut lantas menjelaskan bahwa buku-buku tersebut adalah buku ajaib. Apa pun yang ditulis oleh mereka bertiga, menurut Voila akan menjadi kenyataan (halaman 69).

Namun, Layla, Lisa, dan Muthia sepakat untuk tidak menuruti ajakan Voila. Karena mereka beranggapan bahwa buku kosong tersebut hanya akan menjadikan mereka pemalas yang enggan belajar dan berusaha. Cerita ini mengajarkan anak-anak bahwa setiap impian atau cita-cita itu harus diperjuangkan dengan susah payah. Artinya, tidak ada kesuksesan yang bisa diraih dengan cara instan tanpa melalui proses.

 

resensi oleh: Sam Edy Yuswanto

October 1, 2018 by admin@kkpk 0 Comments

[RESENSI BUKU] Kebun Anggrek Anggun

Indahnya Berbagi

Judul                            : Kebun Anggrek Anggun

Penulis                          : Shalwa Maulidya Syahrani dkk

Editor                           : Toha Nasr

Penerbit                       : Dar! Mizan

Tahun Terbit                : Pertama, Mei 2018

Jumlah Halaman          : 92 halaman

ISBN                           :  978-602-420-656-7

Peresensi                     : Muhammad Rasyid Ridho, Pengajar Kelas Menulis SD Plus Al-Ishlah Bondowoso

Alangkah indah orang bersedekah, dekat dengan Allah dekat dengan surga. Takkan berkurang harta yang bersedekah, akan bertambah akan bertambah. (Opick – Sedekah)

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Sudah menjadi fitrahnya saling membutuhkan antara satu dengan lainnya. Bahkan orang yang sudah kaya sekalipun masih membutuhkan orang lain. Karenanya, dalam Islam ada ajaran saling tolong menolong antara sesama manusia, seperti pembagian harta dari Muslim kaya kepada Muslim yang papa melalui kewajiban zakat, dan ada pula yang namanya infaq dan sedekah.

Zakat adalah kewajiban setiap Muslim dengan harta, infaq juga menyisihkan harta meski tidak wajib. Sedangkan sedekah juga membagikan sebagian harta, namun bisa lebih luas lagi sedekah tidak hanya dengan harta. Sedekah bisa dengan berbuat baik, dengan senyum, dengan menyingkirkan batu dan duri dari jalan dan perbuatan baik lainnya.

Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 177, “Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari Akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan sholat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan, dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.”

Jadi, lagu yang diciptakan oleh Opick yang menjadi prolog tulisan ini berdasarkan firman Allah. Bahwa berbuat kebajikan itu adalah perintah agama salah satu di dalamnya adalah berbagi atau sedekah. Sedangkan dengan melakukan sedekah, orang tidak akan kekurangan bahkan akan mendapatkan ganjaran yang besar.

Allah Swt. berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 261, “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.”

Maka, dengan sedekah malah kita akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, bahkan akan diganti yang lebih baik oleh Allah Swt. baik di dunia ataupun di akhirat. Seperti kisah yang ditulis oleh Fajriatun Nurhidayati yang berjudul Jilbab baru Wika dalam buku yang berjudul Kebun Anggrek Anggun.

Kisah ini tentang Wika yang telah menabung uang untuk membeli jilbab yang lagi ngetrend di sekolahnya, yaitu jilbab topi. Uangnya telah terkumpul sebanyak harga satu buah jilbab topi, yaitu tiga puluh ribu. Uang sudah dia bawa ke sekolah, dan rencananya setelah pulang sekolah dia mampir ke toko yang menjual jilbab topi.

Sebelum pulang, ada pengumuman seorang teman Wika mendapat musibah, rumahnya terbakar. Seluruh siswa diminta iuran untuk meringankan bebab teman satu sekolah yang mendapat musibah. Awalnya Wika ragu akan menyumbangkan sebagian tabungannya, namun akhirnya dia pun memasukkan uang sepuluh ribu ke kotak amal.

Wika pun tidak jadi membeli jilbab topi. Ibu memahami perasaan anaknya. Akhirnya, ibu mengajaknya ke suatu tempat yang tak disebutkan. Ternyata mereka menuju Pasar Manis. Wika melihat beragam model jilbab di sana. Bahkan ada pula, jilbab topi yang diinginkan oleh Wika. Tidak hanya itu, harganya tidak semahal di toko. Dengan uangnya saat ini, ternyata dia bisa membeli jilbab topi yang dijual di Pasar Manis tersebut.

Ternyata memang berbagi itu memudahkan kehidupan yang membagi. Dengan berbuat baik, Wika tidak hanya bisa menyedekahkan uangnya, tetapi juga bisa membeli barang yang dia inginkan. Sebuah buku yang sangat menarik dibaca oleh anak-anak, agar memiliki karakter yang baik. Selamat membaca!

September 27, 2018 by admin@kkpk 0 Comments

5 Mainan Hits Kids Jaman Now! Kamu Udah Punya Yang Mana?

Ayo, siapa yang suka main?, bukan main game, ya. Tapi main mainan yang bisa hilangin rasa bosan sahabat nih. Permainannya ga sulit sulit kok, mainan ini juga bisa membuat sahabat kreatif, bisa dimainin sama teman teman sahabat juga kok. Udah pada tahu belum, mainannya apa aja? Yuk kita bahas 5 mainannya!

 

  1. Fidget Spinner

Ini dia mainan fidget spinner yang ngetren di tahun 2017, tapi sampai sekarang masih banyak kok main fidget spinner, soalnya mainan ini tuh seru banget. Mainan ini ga bakal bikin kalian bosan karena mainan ini bisa di mainin saat kalian dimana aja lho, bisa dimainin sama teman teman sahabat juga. Lebih seru lagi kalau sahabat bikin trik trik keren sama teman teman sahabat. Seru banget kan?

 

2. Kinetic Sand

Mainan selanjutnya adalah pasir kinetik, pasti sahabat sahabat yang ada pernah main mainan ini, kan?. Mainan ini ga ada peraturan apapun, ga seperti mainan mainan yang lainnya, mainan ini sahabat bisa berkereasi sekreatif mungkin, sahabat bisa bikin hewan hewan, rumah dan masih banyak lagi yang sahabat bisa bikin. Mainan ini ga lengket di tangan ko, jadi sahabat bisa sesuka hati mainin mainan ini tanpa harus keganggu sama lengket lengket gitu dan mainan ini bisa dimainkan oleh banyak orang. Asyik kan sahabat?

 

3. Pie Face

Mainan pie face ini bisa dimainkan oleh 2 orang atau lebih, Sahabat. Pemain harus menaruh mentega atau spons basah di atas tangan mainan ini lalu putar spinner dan handle, jika ga terkena mentega atau spons itu maka akan mendapatkan skor. Nah mainan ini cocok buat bikin challenge challenge gitu, Seru, lho, Sahabat, coba deh!

 

4. Slime

Mainan slime ini hamper sama kaya pasir kinetik namun yang ini lebih lembut dan kenyal, pasti gemes deh kalau udah main ini. Slime juga gampang banget bikinnya, lho, Sahabat. Sahabat cuman tinggal nyampurin lem, sabun sama lotion terus ditambah dengan slime activator, gampang banget kan bikinnnya. Ayo dicoba, biar bisa main dirumah.

 

5. Squishy

Mainan selanjutnya adalah squishy, squishy ini mainan yang paling menggemaskan, lho, Sahabat. Bukan hanya bentuk bentuknya yang lucu lucu tapi mainan ini juga bisa menghilangkan stress, lho, Sahabat. Mainan ini juga bisa dijadikan sebagai pajangan, karena bentuk nya yang lucu lucu dan menggemaskan itu.

 

Sahabat ternyata mainan jaman sekarang banyak manfaat dan seru seru yah! Sahabat paling suka mainan yang mana nih?

 

Sumber :

https://bp-guide.id/AXfXunwY

 

September 27, 2018 by admin@kkpk 0 Comments

10 Naskah Terbaik Peserta Workshop Menulis KKPK #1

Hai sahabat KKPK! Siapa yang kemarin ikutan Workshop Menulis KKPK #1 di Gramedia Matraman tanggal 22 – 23 September 2018? Cung tangan! Hehhee. Kalian pasti penasaran kan, naskah siapa aja yang terbaik? Kita langsung lihat aja yuk listnya:

1. Ibu, Cahaya untuk Bintang – M. Bintang Andrean
2. ARMY Garis Keras – Lakhisya
3. Gwen Temanku – Amatulla Hayfa
4. Sabar Membawa Berkah – Laksita Maheswari Gunawan
5. Cupcake Penambah Teman – Karima Syirin
6. Rahasia Senyum Radmia – Ayashadanica Aldea Khusna
7. Saudara Baru Anita – Mutiara Sya’Bani
8. Tersesat di Hutan – Farisha Naura
9. Pintu Hitam – Alexa Aleyda Lailia
10. BTS dan Rompi Sibori – Daneta Nazma S

 

Yuhuuu selamat ya! Naskah kalian keren!

Buat yang namanya enggak ada di list, jangan khawatir, masih ada kesempatan di Workshop selanjutnya~ banyak berlatih ya, jangan berhenti menulis 🙂

Sampe ketemu di workshop selanjutnya!

 

(ASA)