Category: Bacaanku

February 8, 2019 by [email protected] 0 Comments

Kegiatan Bersangkutan Dengan Alam yang Bisa Kamu Jadikan Hobi

Halo sahabat KKPK! Menurut kamu bersahabat dengan alam itu penting, gak? Penting, dong. Manusia bisa hidup kan karena alam selalu baik ke manusia. Yakali kan udah dibaikin manusia malah ngerusak alam. Jangan gitu, ya. Bersahabat dengan alam gak perlu sampe nanem beribu-ribu pohon kok, kecuali kamu mampu.

Coba Rumah KKPK mau nanya dulu, nih. Kamu kalo buang sampah masih suka sembarangan, gak?

Buang sampah sembarangan itu gak baik banget, loh. Nanti bisa banjir. Belum lagi lingkungan jadi kotor. Jadi, kalo buang sampah harus gimana? Harus pada tempatnya, yaitu tempat sampah. Tapi jangan kamu doang, ingetin juga orang lain biar gak buang sampah sembarangan.

Lebih hebat lagi kalo kamu melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bersangkutan dengan alam. Siapa tau kegiatan itu nantinya jadi hobi kamu. Nih, Rumah KKPK kasih tau kegiatan seru yang bersangkutan dengan alam:

  • Merawat hewan

Kamu bisa belajar banyak hal baik dari merawat hewan. Dari merawat hewan, kamu bisa belajar bagaimana menjadi seseorang yang bertanggung jawab, penuh kasih sayang, dan peduli. Banyak kok hewan yang bisa kamu rawat. Kamu bisa merawat kucing, kelinci, burung, dan hewan jinak lainnya.

  • Bercocok tanam

Berani kotor itu baik! Iya, kalo kotornya juga bermanfaat. Misal kotor karena berkebun. Kan berkebun harus bermain dengan tanah. Kalo kamu punya pekarangan rumah yang bisa ditanami tumbuhan, coba aja belajar berkebun. Kamu bisa coba menanam jagung atau tumbuhan lainnya. Tapi jangan lupa minta izin dulu sama ibu.

  • Daur ulang kertas

Ini bisa jadi salah satu langkah baik buat mengurangi sampah kertas, loh. Kertas-kertas bisa kamu coba daur ulang jadi kerajinan tangan. Banyak jenis kerajinan tangan yang bisa kamu buat dari kertas bekas, contohnya: gantungan kunci, patung, keranjang, hiasan/pajangan, dan masih banyak lagi lainnya.

Mau gak bersahabat dengan alam? Kalo mau coba deh kegiatan-kegiatan di atas. Siapa tau dengan hal-hal tersebut kamu bisa mengasah keterampilanmu dan juga berkarya.

February 8, 2019 by [email protected] 0 Comments

Kegiatan Seni dan Kerajinan yang Bisa Kamu Jadikan Hobi

Halo Sahabat KKPK! Seiring berkembangnya teknologi, apa lagi semenjak banyaknya penggunaan gadget, banyak kegiatan-kegiatan menarik yang sudah tidak lagi dilakukan. Malah lebih asik main gadget, seharian terpaku pada layar. Mau itu main game nonton video atau yang lainnya, semuanya serba gadget. Kebanyakan main gadget bisa memberi efek buruk loh buat mata.

Gak bosen apa main gadget terus?

Dari pada main gadget terus, mending kamu cobain deh kegiatan-kegiatan yang lain. Siapa tau keterampilan itu berguna buat kamu kedepannya.

Melalui seni dan kerajinan, kamu bisa lebih melatih imajinasi kamu, loh! Seni dan kerajinan juga bisa menjadi kegiatan yang cocok buat kamu menyalurkan kreatifitas. Ini beberapa kegiatan seni dan kerajinan yang bisa kamu coba:

  • Origami

Siapa sih yang gak tau origami? Mungkin hampir semuanya udah diajarin origami kan di sekolah. Itu loh yang ngelipet-lipet kertas. Eits, bukan asal lipet kertas. Origami ini asik banget, kamu bisa melipat kertas menjadi bermacam bentuk. Kalau belum bisa banget, ikuti aja petunjuknya.

  • Merenda/merajut

Khusus buat kamu yang perempuan, kamu masti bakal suka merenda. Kegiatan ini dapat melatih ketelitian dan kesabaran kamu. Kalo kamu mau, coba aja minta ajarin nenek, mama, atau kakak perempuan kamu, siapa tau bisa.

  • Sketsa pensil dan menggambar

Menggambar? Susah, ah! Jangan bilang gitu dulu. Semua orang itu bisa gambar kok, cuma perlu latihan aja. Mulai aja dari hal sederhana dulu. Ambil pensil, kertas, dan objek yang ingin kamu gambar. Misal kamu pengen gambar gelas, ambil aja gelas terus kamu liatin dan gambar deh di kertas.

  • Melukis

Kegiatan ini juga sik loh, melukis! Kamu bisa bereksperimen dengan warna. Banyak jenis cat yang bisa kamu pilih buat melukis. Ada cat akrilik, cat minyak, dan cat air. Kalau mau belajar, coba deh pake cat air dulu.

  • Komik

Masih berkaitan dengan menggambar, kalo kamu udah bisa gambar, coba kamu bikin komik. Pada sering baca komik-komik KKPK, kan? Kalo belom, coba deh baca dulu, asik-asik kok. Kamu bisa dapetin komik-komik KKPK di Mizan Store. Siapa tau bisa jadi referensi kamu buat bikin komik.

Asik-asik gak seni dan kerajinan? Yuk, cobain. Dari pada main gadget terus. Mending kamu menyalurkan kreatifitas kamu melalui seni dan kerajinan. Siapa tau kamu bisa menghasilkan karya dari itu.

February 8, 2019 by [email protected] 0 Comments

Kegiatan-kegiatan Menarik yang Bisa Kamu Jadikan Hobi

Halo sahabat KKPK! Kamu pasti punya kegiatan yang suka kamu lakuin kan dan kegiatan ini membuat kamu seneng, bener gak? Itu namanya hobi! Iya, hobi. Hobi itu kegiatan yang suka kamu lakuin. Eh, tunggu dulu, pastiin hobi kamu itu positif ya. Bukan berarti kalo kamu suka tidur, hobi kamu tidur. Bukan, gitu. Hobi itu harus yang bermanfaat buat kamu.

“Kan tidur bermanfaat bagi metabolisme tubuh, Kak?”

“Iya, sih, bener. Tapi nggak gitu juga. Pokoknya tidur yang sewajarnya aja ya.”

Udah, ah. Kita cari kegiatan-kegiatan positif dan tentunya yang menarik untuk dijadiin hobi. Siapa tau kegiatan-kegiatan itu bisa bermanfaat buat kamu suatu saat. Apa lagi bagi kamu yang menekuni hobi ini dari anak-anak. Mantep, tuh!

Bisa jadi kamu udah familiar dengan kegiatan-kegiatan ini. Kalo udah ya bagus, tinggal kamu kembangin aja. Ini beberapa kegiatan yang bisa memberi manfaat positif dan baik untuk kamu jadikan hobi:

  • Fotografi

Cocok banget nih buat kalian para Millenial! Kan milenial akrab banget sama penggunaan gadget. Kamu bisa coba fotografi atau bahkan videografi. Biar lebih terarah, kamu minta bimbing orang-orang terdekat kamu. Siapa tau ada yang jago, jadi kamu ketularan jago deh.

  • Memasak

Nggak selalu memasak itu erat kaitannya dengan perempuan kok, bagi kamu laki-laki juga bisa belajar memasak. Kalau kamu ingin belajar memasak, bilang aja ke orang tua kamu. Siapa tau dibolehin kan. Sering-sering aja bantu masak di dapur. Ingat ya, jangan masak sendiri. Harus didampingi orang tua.

  • Eksperimen ilmiah

Ini nih, cocok banget buat kamu yang suka pelajaran IPA! Coba deh kamu cari-cari eksperimen ilmiah di internet, mulai aja dulu dari yang sederhana. Misalnya buat slime, kan asik. Tapi, harus ada pengawasan dari orang tua ya.

  • Membaca

Ini sih harusnya wajib buat kamu. Membaca itu sangat kegiatan yang sangat sangat sangat positif, loh. Inget kan kata pepatah, “Buku adalah jendela dunia”? Bayangin aja, kamu duduk di kursi dan baca buku, tapi pikiran kamu bisa menjelajah dunia. Membaca itu bagus banget buat memperluas wawasan juga mengembangkan imajinasi.

  • Olahraga

Kalo ini sih asik banget kan, ya? Olahraga apapun itu. Mau itu basket, sepak bola, bahkan renang, semuanya itu sangat bermanfaat bagi kamu. Tubuh kamu akan tumbuh dan berkembang dengan maksimal kalo kamu suka olahraga. Siapa tau jadi atlit.

Hobi itu nggak perlu yang ribet-ribet kok. Kegiatan-kegiatan sederhana seperti di atas aja sudah bisa memberikan kamu manfaat. Apa lagi kalo kamu menekuni kegiatan di atas. Dari pada hobi tidur, dapetnya mimpi doang.

February 6, 2019 by [email protected] 0 Comments

Ayo Berkarya Sejak Dini dengan Menulis!

Halo sahabat KKPK! Rumah KKPK mau berbagi ilmu, nih. Tapi, mau tanya dulu, siapa di sini yang suka banget baca buku? Seorang pembaca yang baik adalah seorang penulis yang baik. Berarti, kalau kamu suka baca buku, bisa jadi kamu adalah penulis yang baik. Coba deh, kamu mulai menulis dari sekarang. Mau itu nulis cerita pendek, puisi, atau bahkan novel tulis aja.

Tapi… mungkin kamu bingung harus mulai dari mana, kan? Kebetulan, kan tadi Rumah KKPK udah bilang mau berbagi ilmu. Nah, ilmu yang mau dibagi adalah ilmu tentang kepenulisan. Yuk, baca terus sampe habis!

  • Tentukan tema

Langkah pertama nih, kamu tentuin dulu temanya. Misal nulis cerita pendek, kamu pastiin dulu mau tentang apa ceritanya; nah, itu namanya tema. Contoh, kamu mau nulis tentang seorang anak yang berbakti kepada orang tua, dunia hewan yang hewannya bisa bicara, atau yang lainnya. Kamu bisa kembangkan imajinasimu di sini.

  • Bangun karakter

Sebuah cerita tentunya harus punya karakter, kan? Kalo kamu suka gambar, gambar aja dulu karakternya di kertas kosong mau kaya apa. Meskipun nanti di ceritanya gak ada gambarnya, setidaknya kamu punya gambaran seeprti apa karakter yang kamu bangun. Biar lebih bagus, karakternya harus detail, bukan cuma nama aja. Nih, Rumah KKPK kasih contoh:

               Nama                                  : Moureta Lingkar Maharani

               Umur                                   : 10 tahun

               Hobi                                     : Membaca buku, jalan-jalan, makan

               Warna kesukaan               : Biru, putih, merah muda

               Makanan kesukaan          : Sate, soto, gudeg

Itu contoh detail karakter. Kalau kamu mau lebih detail, tulis aja apa-apa yang bersangkutan sama karakter kamu. Dari gambar dan catatan yang kamu tulis itu, kamu bisa lebih jelas masukin karakternya ke cerita yang kamu tulis. Asik kan bikin karakter?

  • Susun jalan cerita

Kalau kamu udah buat duat dua poin di atas, sekarang kamu perlu nentuin jalan ceritanya mau gimana. Dari awal sampai akhir. Misal pake contoh karakter Moureta di atas; Moureta itu duduk di sekolah dasar, dia anak yang berbakti pada orang tua dan nilai sekolahnya bagus. Tapi, suatu saat dia sakit dan harus banyak absen. Jadilah prestasi dia di sekolah turun. Sampai suatu saat, dia mengejar ketertinggalannya dengan belajar lebih giat.

Asik kan nulis cerita? Simpel kok. Coba deh kamu ikutin cara-cara di atas. Siapa tau nanti kamu bisa bikin cerita dan diterbitin jadi salah satu karya di KKPK. Hebat!

February 6, 2019 by [email protected] 0 Comments

Bahagiakanlah Ibumu Selagi Masih Ada Kesempatan

Halo sahabat KKPK! Sudahkah kamu menyayangi ibumu hari ini? Jika ibu adalah sosok yang tak henti-hentinya menyayangi anaknya, seharusnya seorang anak harus lebih dari itu. Iya, kamu sebagai seorang anak harus bisa menyayangi ibumu lebih dari ibumu menyayangi kamu. Kebayang gak, ibumu mengandung kamu selama sembilan bulan di rahimnya, belum juga membesarkan kamu? Memang benar kata pepatah “Kasih sayang ibu sepanjang masa.”

Setidaknya, sebagai seorang anak, kamu harus bisa membahagiakan hati ibumu dan membuat ibu kamu bangga. Ibu adalah orang nomor satu di dunia yang gak boleh kamu kecewain hatinya. Yuk, mulai hari ini berusaha untuk selalu membahagiakan hati ibu.

  • Kata-kata untuk ibu

Pernah gak sih, kemu bilang “aku sayang ibu”? Tiba-tiba aja gitu. Pasti ibu kamu bingung deh kalo bilang kata-kata itu, tapi dalam hatinya ibu pasti senang kamu bilang kata-kata itu. Kalau kamu tidak bisa menyampaikan kata-kata seperti itu ke ibu kamu. Kamu langsung aja bilang ke penciptanya, “Tuhan, aku sayang ibuku. Tolong jaga dia.” Iya, seperti itu. Teruslah berdoa untuk ibumu, jangan pernah sampai tidak mendoakan ibu. Ibumu selalu menyebut namamu disetiap doanya.

  • Bercerita pada ibu

Selepas pulang sekolah, pasti ibu sering tanya “Gimana sekolahnya, nak?” Kalau ibu tanya seperti itu, kamu jangan sampai menjawab dengan kata-kata singkat. Berceritalah pada ibumu, apa aja yang kamu lakukan di sekolah. Bagaimana kamu dengan teman-teman kamu, bagaimana pelajaran kamu, ceritain aja semua. Ibu pasti suka mendengar ceritamu.

  • Jangan mengeluh pada ibu

Nah, ini buat kamu yang susah nih kalo diminta tolong ibu. Pasti pernah kan diminta tolong ibu beli sesuatu ke warung dan kamu mengeluarkan kata-kata “Ah!” Jangan sampai kamu bilang itu. Ibu kamu aja gak pernah bilang “Ah!” saat merawat dan membesarkan kamu. Masa kamu diminta tolong gitu aja bilang “Ah! Aku capek.” Jangan ya sampai bilang gitu, bilang aja “Siap, Bu! Laksanakan.”

Ingat, surga ada di telapak kaki ibu. Kamu harus berbakti pada ibumu dan tidak boleh mengecewakan ibu. Mulai lah dengan langkah-langkah kecil untuk membahagiakan ibumu. Jangan sampai kita menjadi seorang anak seperti kata pepatah “Kasih sayang ibu sepanjang masa, kasih sayang anak sepanjang galah.”

Sahabat KKPK, tau gak? Ada komik berjudul Ibuku Cahayaku, loh. Wajib baca deh. Siapa tau hati kamu bisa lebih tergerak untuk membahagiakan ibumu. Kamu bisa dapetin komik ini di Mizan Store.

February 4, 2019 by [email protected] 0 Comments

Tari Balet Bisa Bikin Kamu Tambah Tinggi!

Halo, sahabat KKPK! Saat ini, banyak orang yang tertarik belajar menari. Salah satunya karena dengan menari tubuh kamu bisa jadi lebih sehat. Termasuk dengan menari balet. Tarian ini mendatangkan banyak manfaat buat tubuh kamu. Bahkan manfaat kesehatan dari menari balet sudah diuji oleh para peneliti. Kalau kamu pengen tau manfaatnya secara langsung, coba aja belajar balet. Ini loh, manfaat-manfaat yang bisa kamu rasakan kalau kamu belajar tarian balet!

  • Menegakkan tubuh

Kalau kamu sering liat orang-orang yang nari balet, kamu pasti sadar kalau postur tubuh mereka itu tegak. Iya, dari menari balet, kamu bisa memperbaiki postur tubuh kamu. Mungkin, manfaat ini tidak akan terlihat dalam waktu singkat. Tapi, kalau kamu rutin belajar pasti nanti postur tubuh kamu bisa jadi lebih tegak seperti penari-penari balet profesional.

  • Mengencangkan otot tubuh

Gerakan balet banyak yang mengharuskan penarinya untuk bertumpu menggunakan ujung kaki. Kalau kamu latihan terus, otot-otot tubuh kamu nanti akan lebih kencang dan ini baik banget buat kesehatan kamu.

  • Tubuh menjadi lentur

Balet itu terkenal dengan gerakan tariannya yang indah dan lentur. Dari balet, kamu nanti akan belajar banyak tentang stretching. Mesipun kamu gak akan langsung dapet tubuh yang lentur, tapi kalau kamu rutin latihan pasti tubuh kamu nantinya bisa lentur dan tarianmu bisa jadi lebih indah.

  • Menguatkan kaki

Benar, kan? Tarian balet itu banyak gerakannya yang harus menggunakan kaki sebagai tumpuan. Lama-kelamaan, melalui tarian balet kekuatan kaki kamu akan semakin meningkat.

  • Meninggikan tubuh

Manfaat tarian balet yang paling menarik adalah meningkatkan tinggi tubuh. Apa lagi kalau kamu belajarnya sejak kecil. Pasti pertumbuhan kamu bisa jadi lebih maksimal dan kamu dapet tinggi tubuh yang kamu inginkan. Menarik, kan?

Tuh, kan! Banyak banget manfaat yang bisa kamu dapet dari belajar balet. Lebih bagus kalau kamu belajar balet sejak dini, karena manfaat yang kamu dapet bisa lebih banyak. Eh, ngomong-ngomong tentang tarian balet, ada buku menarik judulnya Little Balerina. Buku ini mengangkat cerita tentang tarian balet. Wah, asik banget, ya!

Kalau kamu tertarik baca bukunya, kamu bisa dapetin di Mizan Store.