February 6, 2019 by admin@kkpk 0 Comments

Ayo Berkarya Sejak Dini dengan Menulis!

Halo sahabat KKPK! Rumah KKPK mau berbagi ilmu, nih. Tapi, mau tanya dulu, siapa di sini yang suka banget baca buku? Seorang pembaca yang baik adalah seorang penulis yang baik. Berarti, kalau kamu suka baca buku, bisa jadi kamu adalah penulis yang baik. Coba deh, kamu mulai menulis dari sekarang. Mau itu nulis cerita pendek, puisi, atau bahkan novel tulis aja.

Tapi… mungkin kamu bingung harus mulai dari mana, kan? Kebetulan, kan tadi Rumah KKPK udah bilang mau berbagi ilmu. Nah, ilmu yang mau dibagi adalah ilmu tentang kepenulisan. Yuk, baca terus sampe habis!

  • Tentukan tema

Langkah pertama nih, kamu tentuin dulu temanya. Misal nulis cerita pendek, kamu pastiin dulu mau tentang apa ceritanya; nah, itu namanya tema. Contoh, kamu mau nulis tentang seorang anak yang berbakti kepada orang tua, dunia hewan yang hewannya bisa bicara, atau yang lainnya. Kamu bisa kembangkan imajinasimu di sini.

  • Bangun karakter

Sebuah cerita tentunya harus punya karakter, kan? Kalo kamu suka gambar, gambar aja dulu karakternya di kertas kosong mau kaya apa. Meskipun nanti di ceritanya gak ada gambarnya, setidaknya kamu punya gambaran seeprti apa karakter yang kamu bangun. Biar lebih bagus, karakternya harus detail, bukan cuma nama aja. Nih, Rumah KKPK kasih contoh:

               Nama                                  : Moureta Lingkar Maharani

               Umur                                   : 10 tahun

               Hobi                                     : Membaca buku, jalan-jalan, makan

               Warna kesukaan               : Biru, putih, merah muda

               Makanan kesukaan          : Sate, soto, gudeg

Itu contoh detail karakter. Kalau kamu mau lebih detail, tulis aja apa-apa yang bersangkutan sama karakter kamu. Dari gambar dan catatan yang kamu tulis itu, kamu bisa lebih jelas masukin karakternya ke cerita yang kamu tulis. Asik kan bikin karakter?

  • Susun jalan cerita

Kalau kamu udah buat duat dua poin di atas, sekarang kamu perlu nentuin jalan ceritanya mau gimana. Dari awal sampai akhir. Misal pake contoh karakter Moureta di atas; Moureta itu duduk di sekolah dasar, dia anak yang berbakti pada orang tua dan nilai sekolahnya bagus. Tapi, suatu saat dia sakit dan harus banyak absen. Jadilah prestasi dia di sekolah turun. Sampai suatu saat, dia mengejar ketertinggalannya dengan belajar lebih giat.

Asik kan nulis cerita? Simpel kok. Coba deh kamu ikutin cara-cara di atas. Siapa tau nanti kamu bisa bikin cerita dan diterbitin jadi salah satu karya di KKPK. Hebat!

February 6, 2019 by admin@kkpk 0 Comments

Bahagiakanlah Ibumu Selagi Masih Ada Kesempatan

Halo sahabat KKPK! Sudahkah kamu menyayangi ibumu hari ini? Jika ibu adalah sosok yang tak henti-hentinya menyayangi anaknya, seharusnya seorang anak harus lebih dari itu. Iya, kamu sebagai seorang anak harus bisa menyayangi ibumu lebih dari ibumu menyayangi kamu. Kebayang gak, ibumu mengandung kamu selama sembilan bulan di rahimnya, belum juga membesarkan kamu? Memang benar kata pepatah “Kasih sayang ibu sepanjang masa.”

Setidaknya, sebagai seorang anak, kamu harus bisa membahagiakan hati ibumu dan membuat ibu kamu bangga. Ibu adalah orang nomor satu di dunia yang gak boleh kamu kecewain hatinya. Yuk, mulai hari ini berusaha untuk selalu membahagiakan hati ibu.

  • Kata-kata untuk ibu

Pernah gak sih, kemu bilang “aku sayang ibu”? Tiba-tiba aja gitu. Pasti ibu kamu bingung deh kalo bilang kata-kata itu, tapi dalam hatinya ibu pasti senang kamu bilang kata-kata itu. Kalau kamu tidak bisa menyampaikan kata-kata seperti itu ke ibu kamu. Kamu langsung aja bilang ke penciptanya, “Tuhan, aku sayang ibuku. Tolong jaga dia.” Iya, seperti itu. Teruslah berdoa untuk ibumu, jangan pernah sampai tidak mendoakan ibu. Ibumu selalu menyebut namamu disetiap doanya.

  • Bercerita pada ibu

Selepas pulang sekolah, pasti ibu sering tanya “Gimana sekolahnya, nak?” Kalau ibu tanya seperti itu, kamu jangan sampai menjawab dengan kata-kata singkat. Berceritalah pada ibumu, apa aja yang kamu lakukan di sekolah. Bagaimana kamu dengan teman-teman kamu, bagaimana pelajaran kamu, ceritain aja semua. Ibu pasti suka mendengar ceritamu.

  • Jangan mengeluh pada ibu

Nah, ini buat kamu yang susah nih kalo diminta tolong ibu. Pasti pernah kan diminta tolong ibu beli sesuatu ke warung dan kamu mengeluarkan kata-kata “Ah!” Jangan sampai kamu bilang itu. Ibu kamu aja gak pernah bilang “Ah!” saat merawat dan membesarkan kamu. Masa kamu diminta tolong gitu aja bilang “Ah! Aku capek.” Jangan ya sampai bilang gitu, bilang aja “Siap, Bu! Laksanakan.”

Ingat, surga ada di telapak kaki ibu. Kamu harus berbakti pada ibumu dan tidak boleh mengecewakan ibu. Mulai lah dengan langkah-langkah kecil untuk membahagiakan ibumu. Jangan sampai kita menjadi seorang anak seperti kata pepatah “Kasih sayang ibu sepanjang masa, kasih sayang anak sepanjang galah.”

Sahabat KKPK, tau gak? Ada komik berjudul Ibuku Cahayaku, loh. Wajib baca deh. Siapa tau hati kamu bisa lebih tergerak untuk membahagiakan ibumu. Kamu bisa dapetin komik ini di Mizan Store.

February 4, 2019 by admin@kkpk 0 Comments

Tari Balet Bisa Bikin Kamu Tambah Tinggi!

Halo, sahabat KKPK! Saat ini, banyak orang yang tertarik belajar menari. Salah satunya karena dengan menari tubuh kamu bisa jadi lebih sehat. Termasuk dengan menari balet. Tarian ini mendatangkan banyak manfaat buat tubuh kamu. Bahkan manfaat kesehatan dari menari balet sudah diuji oleh para peneliti. Kalau kamu pengen tau manfaatnya secara langsung, coba aja belajar balet. Ini loh, manfaat-manfaat yang bisa kamu rasakan kalau kamu belajar tarian balet!

  • Menegakkan tubuh

Kalau kamu sering liat orang-orang yang nari balet, kamu pasti sadar kalau postur tubuh mereka itu tegak. Iya, dari menari balet, kamu bisa memperbaiki postur tubuh kamu. Mungkin, manfaat ini tidak akan terlihat dalam waktu singkat. Tapi, kalau kamu rutin belajar pasti nanti postur tubuh kamu bisa jadi lebih tegak seperti penari-penari balet profesional.

  • Mengencangkan otot tubuh

Gerakan balet banyak yang mengharuskan penarinya untuk bertumpu menggunakan ujung kaki. Kalau kamu latihan terus, otot-otot tubuh kamu nanti akan lebih kencang dan ini baik banget buat kesehatan kamu.

  • Tubuh menjadi lentur

Balet itu terkenal dengan gerakan tariannya yang indah dan lentur. Dari balet, kamu nanti akan belajar banyak tentang stretching. Mesipun kamu gak akan langsung dapet tubuh yang lentur, tapi kalau kamu rutin latihan pasti tubuh kamu nantinya bisa lentur dan tarianmu bisa jadi lebih indah.

  • Menguatkan kaki

Benar, kan? Tarian balet itu banyak gerakannya yang harus menggunakan kaki sebagai tumpuan. Lama-kelamaan, melalui tarian balet kekuatan kaki kamu akan semakin meningkat.

  • Meninggikan tubuh

Manfaat tarian balet yang paling menarik adalah meningkatkan tinggi tubuh. Apa lagi kalau kamu belajarnya sejak kecil. Pasti pertumbuhan kamu bisa jadi lebih maksimal dan kamu dapet tinggi tubuh yang kamu inginkan. Menarik, kan?

Tuh, kan! Banyak banget manfaat yang bisa kamu dapet dari belajar balet. Lebih bagus kalau kamu belajar balet sejak dini, karena manfaat yang kamu dapet bisa lebih banyak. Eh, ngomong-ngomong tentang tarian balet, ada buku menarik judulnya Little Balerina. Buku ini mengangkat cerita tentang tarian balet. Wah, asik banget, ya!

Kalau kamu tertarik baca bukunya, kamu bisa dapetin di Mizan Store.

February 4, 2019 by admin@kkpk 0 Comments

Manfaat Tarian Balet Bagi Anak-anak: Balet Bisa Bikin Kamu Percaya Diri!

Halo, sahabat KKPK! Kalian tau gak tentang tarian balet? Itu loh, tarian yang gerakannya anggun banget. Tarian balet berasal dari benua Eropa sana. Dulunya, tarian ini merupakan tarian untuk orang-orang bangsawan di Eropa. Beda dengan sekarang, tarian ini sudah dikenal luas oleh seluruh dunia karena teknik tariannya yang unik dan selalu bisa bikin kagum penonton.

Ternyata, di balik tarian balet yang anggun ini, banyak manfaat yang bisa kamu dapetin loh kalau kamu belajar balet. Manfaatnya banyak, apa lagi kalau belajarnya sejak dini. Nih, ya, Rumah KKPK udah merangkum manfaat-manfaat yang bisa kamu dapet kalau kamu belajar balet. Teratrik, gak? Yuk, baca sampai habis!

6 Manfaat tarian balet bagi anak-anak

  • Melatih kesabaran dan mengendalikan emosi

Manfaat pertama yang pasti bakal kamu dapet dari belajar balet adalah melatih kesabaran dan juga mengendalikan emosi. Tau sendiri kan, tarian balet selalu terlihat anggun karena gerakannya lambat dan penuh perasaan. Nah, kalau nanti kamu belajar balet kan juga harus sabar sama gerakannya. Lama-kelamaan pasti kamu lebih bisa mengendalikan emosi dalam berbagai kondisi.

  • Melatih interaksi dan sosialisasi dengan orang lain

Saat belajar balet, kamu juga nanti bakal banyak berinteraksi dengan orang lain. Teman balet kamu atau guru balet kamu. Kamu nanti jadi sering ngobrol sama orang lain dan ini sangat bagus buat kamu. Nantinya, kamu jadi suka ngobrol sama orang-orang baru.

  • Melatih kerjasama

Nanti, kalau kamu udah jago main balet, kamu pasti bakal ikut pementasan. Biasanya, pementasan balet itu dilakukan berkelompok. Biar pementasannya bagus, kamu harus bekerjasama sama temen-temen satu kelompok kamu, kan? Kelompok kamu harus bisa menari dengan kompak. Di sini kamu belajar yang namanya kerjasama.

  • Melatih konsentrasi

Satu hal yang harus kamu latih baik-baik saat nari balet itu konsentrasi. Saat nari balet, kamu harus fokus sama musik yang mengiringi; gerakan kamu harus sesuai dengan musik. Semakin kamu belajar balet, semakin konsentrasi kamu terlatih. Bagus kan kalo konsentrasi gak pas nari balet aja. Siapa tau kalau belajar kamu juga bisa lebih konsentrasi.

  • Meningkatkan daya ingat

Kan balet punya banyak gerakan, nih. Jadi, kamu harus perhatian sama setiap gerakannya supaya gak salah gerakan. Tau nggak apa aja gerakan balet? Banyak, loh. Dari mulai gerakan dasar sampai gerakan yang rumit dan kamu harus mengingat-ingat gerakannya. Semakin banyak kamu mengingat-ingat gerakan, semakin terlatih juga daya ingat kamu. Kan bagus kalau nanti kamu juga pinter meingingat-ingat pelajaran yang diterangin guru. Siapa sih yang nggak mau dapet rangking satu?

  • Melatih kepercayaan diri

Belajar balet berarti kamu harus siap-siap tampil di depan umum, banyak orang yang liat kamu nari nantinya. Kamu pasti bisa bikin banyak orang kagum sama tarian balet kamu. Tapi, kuncinya satu, kamu harus percaya diri tampil di depan banyak orang. Lama-kelamaan, kamu pasti bisa mengatasi rasa malu dan canggung saat ada di atas panggung. Nanti, orang-orang pasti bakal bisa liat tarian balet kamu yang anggun itu!

Tuh, kan! Asik banget belajar tarian balet. Kamu bakal dapet banyak manfaat kalau belajar nari balet. Inget, cuma dari nari balet kamu bisa jadi orang yang percaya diri. Asyik kan jadi orang yang percaya diri. Kamu gak perlu malu buat nunjukin bakat-bakat yang kamu punya.

Eh, ngomong-ngomong soal tarian balet, kamu tau gak ada buku menarik yang nyeritain tentang balet. Judulnya Little Ballerina. Buku ini nyeritain tentang tarian balet, loh! Asyik, gak? Kalau kamu mau tau banyak tentang balet, kamu bisa baca-baca buku ini. Bukunya tersedia di Mizan Store.

February 1, 2019 by admin@kkpk 0 Comments

Mengenal Kebudayaan Korea Selatan

Halo sahabat KKPK, siapa disini yang suka hal-hal menyangkut Korea Selatan? Kebetulan, kali ini kita akan membahas kebudayaan Korea Selatan, loh! Kita semua pasti udah familiar dengan kata K-Pop dan kartun; atau Kimchi, iya, makanan unik khas Korea Selatan yang asem itu. Sesuatu yang berbau Korea memang lagi hitz banget di Indonesia, apa lagi di kalangan muda.


 3 Kebudayaan Korea Selatan

Biar kita mengenal lebih dekat, kita mulai dulu dari hal-hal yang paling populer dan yang saat ini paling hitz. Apa lagi kalau bukan kuliner, kartun, dan K-Pop. Yuk, bareng-bareng kita mengenal tiga hal itu.

  • Kuliner

Buat kamu yang sering nonton film-film Korea, pasti kamu penasaran nih sama makanan berwarna merah yang pasti hampir selalu ada di adegan makan—itu namanya Kimchi! Makanan pelengkap sejenis acar yang wajib ada buat orang Korea. Selain rasa Kimchi yang unik, ternyata makanan itu membawa banyak manfaat kesehatan. Mangkannya banyak digemari.

  • Kartun

Kalau kamu belum tau, banyak kartun-kartun saat ini yang kita tonton berasal dari Korea. Tau “Tayo”? Iya, film kartun yang lagunya terkenal banget itu yang “Hai Tayo, hai Tayo, dia bis kecil ramah!”. Tayo adalah salah satu kartun dari Korea. Kartun-kartun lainnya yang juga berasal dari Korea, yaitu: Baby Shark, Larva, Pororo, Bernard Bear, dan masih banyak kartun lainnya.

  • K-Pop

Nah, ini salah satu kebudayaan Korea Selatan yang paling hitz dan banyak digemari di Indonesia. Korea terkenal banget karena banyak girlband dan boyband yang kece. Coba deh, siapa yang gak tau sama Bangtan Boys atau lebih dikenal dengan nama BTS? Boyband yang udah punya fanclub besar di seluruh dunia yang dikenal sebagai ARMY.

Kalau kamu suka BTS dan udah ARMY banget, kamu wajib tau dan baca komik yang berjudul ARMY Garis Keras. Komik ini meraik, loh! Spoiler, jangan? Pokoknya di komik ini nanti kamu bakal tau gimana kerennya boyband yang bernama BTS. Nyesel deh kalau gak baca, apa lagi kalau kamu ARMY!