KKPK

Gemar Membaca Buku biar Jadi Orang Hebat Seperti Para Pahlawan Bangsa Berikut Ini

Gemar membaca buku adalah salah satu kebiasaan (habbit) yang baik dan akan memberikan pengauh positif untuk sahabat KKPK. Dengan membaca buku waktu yang kamu miliki jadi lebih bermanfaat. Terus membaca bisa menambah wawasan dan pengetahuan dan menjadikan mu orang yang hebat kelak di masa depan. Seperti para pahlwan terdahulu.

Para pahlawan pendiri bangsa banyak yang gemar membaca buku. Kesukaan akan buku yang membuat mereka menjadi orang besar dan berhasil memberikan sumbangsih terbaiknya untuk Indonesia. Siapa saja mereka? Langsung saja, ini dia di antaranya

Sukarno

Foto: Roso Daras

Sukarno dikenal sebagai seorang proklamator yang pandai berpidato. Kalau berpidato Sukarno seringkali tidak membawa catatan, langsung menyampaikan pidato nya dengan spontan. Berbeda dengan kita yang harus membuat dulu teks pidatonya lalu dihafalkan, baru bisa berpidato dengan lancar. Kira-kira kok bisa sehebat itu ya? Ternyata sejak kecil Ir Sukarno ini gemar membaca buku. Kesukaan nya pada buku membuat Sukarno menjadi sosok yang cerdas dan orator yang ulung.  Bahkan saat dipenjara atau diasingkan ke tempat yang jauh, Sukarno tidak pernah jauh dengan buku. Pernah suatu ketika, beliau ditahan di penjara Banceuy Bandung, istri Sukarno yang bernama Inggit rajin membawakannya buku untuk dibaca, meski harus dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Moh Hatta

Foto: pedomanbengkulu.com

“Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas” Itu salah satu kata mutiara yang terkenal dari Moh Hatta. Sahahat dekat Sukarno yang juga seorang proklamator ini sangat cinta dengan buku. Ketika masih muda uang saku yang dimilikinya disisihkan untuk membeli buku. Saat sekolah di Amsterdam kamarnya pun dipenuhi banyak buku. Bahkan saat harus diasingkan oleh Belanda ke tempat yang jauh sampai harus berpindah-pindah, Hatta selalu membawa serta buku-buku miliknya. Sahabat KKPK tahu tidak jumlah buku yang dibawa oleh Hatta? Buku-buku itu disimpan dalam peti dan jumlah petinya mencapai 16 peti. Wah, luar biasa ya. Ini bukti bahwa Hatta memang sangat mencitai buku

Baca juga: Cara Memilih Buku Anak yang Bagus untuk Dibaca

BJ Habibie

KKPK

Presiden ke 3 Indonesia yang sering dipanggil Eyang Habibie dikenal sebagai sosok yang jenius. Beliau berhasil mewujudkan mimpi bangsa Indonesia membuat pesawat terbang sendiri. Kecerdasan eyang Habibie tidak didapatkan begitu saja sahabat KKPK, tapi karena beliau gemar membaca buku. Sejak masih muda Habibie lebih banyak menghabiskan waktunya di kamar untuk membaca banyak buku. Bukan hanya buku tentang pesawat terbang, tapi buku-buku pengetahuan umum juga dibaca olehnya. Dalam beberapa kesempatan sahabat KKPK pasti pernah melihat ruangan yang dipenuhi buku hingga dua lantai di dalam rumahnya. Semua buku koleksinya tersebut disusun rapih dalam perpustakaan pribadi eyang Habibie.