KKPK

Cari Buku Balita yang Cocok untuk Anak? Cek dulu Tips Berikut Ini

Mengenalkan anak berusia di bawah lima tahun dengan buku balita sangat bagus untuk perkembangan mereka. Tidak perlu menunggu anak bisa membaca untuk memberikan mereka buku. Justru biarkan anak-anak terbiasa melihat buku sedini mungkin. Karena dengan begitu bisa membantu membangun kecerdasan, kosakata, konsep, dan menjadi langkah awal belajar membaca. Serta dapat menumbuhkan minat membaca pada anak yang akan terbawa hingga besar nanti.

Buku balita sebenarnya tidak sulit untuk dicari, saat ini ada banyak pilihannya. Fitur-fitur bukunya juga beragam dan menarik. Tapi biar tidak salah memilih buku yang cocok untuk balita, sahabat KKPK perlu tahu beberapa hal tentang buku balita, berikut ini tips nya

Sesuaikan dengan usia anak

Foto: unsplash.com

Hal pertama dan yang terpenting saat memilih buku balita ialah sesuaikan dengan usia anak. Usia yang beda menandakan kemampuan yang berbeda pula. Maka akan lebih baik jika orang tua memperhatikan tanda keterangan pada buku, untuk anak usia berapa. Tapi jika kesulitan menemukan keterangan bukunya, secara garis besar cara memilihnya seperti ini:

Untuk bayi yang baru lahir sampai usia 6 bulan, pilih buku yang isinya gambar-gambar sederhana berukuran besar dengan warna terang yang jelas. Berbeda dengan anak usia 1-2 tahun, mereka sudah mulai tertarik dengan gambar yang berkarakter dan ada informasi sederhana. Misalnya hewan, karakter anak, tempat dan lain sebagainya. Kalimat dalam buku lebih lengkap namun tidak panjanng dan terus diulang. Juga sudah terdapat cerita pendek, sehingga anak mulai mengenal masalah dan cara menyelesaikannya

Design dan bahan buku

KKPK
Foto: unsplash.com

Saat melihat design dan bentuk buku untuk balita, semua orang pasti langsung suka. Karena design cover yang lucu, setiap halaman penuh dengan gambar dan warna-warna yang cerah. Maka perlu sekali untuk memperhatikan design dan gambar dalam buku. Pilih mana yang menarik. Perhatikan juga bahan bukunya apakah aman untuk anak. Orang tua punya pilihan untuk membeli buku berbahan kain, seperti flanel dan vinyl. Atau buku dengan halaman yang tebal, jadinya tidak mudah sobek dan kotor. Halaman buku dari kain atau kertas dengan bahan yang tebal juga memudahkan anak membuka setiap halaman buku.

Baca juga: 5 “Buku Ajaib” untuk Anak

Perhatikan juga kesukaan anak

Foto: unsplash.com

Sebenarnya anak-anak tidak seperti orang dewasa yang sudah tahu  buku jenis dan tema apa yang disukai. Anak-anak bisa menerima buku yang berisikan apapun apalagi jika berhasil menarik perhatian mereka entah dari gambar atau isi ceritanya. Tapi ada baiknya untuk memperhatikan kesukaan anak. Orang tua bisa tahu dengan mudah anak-anak mereka cenderung menyukai tema dan cerita seperti apa. Misalnya ada anak yang sangat  tertarik dengan tema hewan, tumbuhan, alat transportasi, dan hal lainnya. Maka orang tua bisa lebih mudah untuk memilih buku apa yang akan cocok untuk anak balita mereka.