KKPK

Bukan Gadget, Buat Anak Sibuk dengan Buku Anak

Ketika anak rewel dan bosan solusi tercepat orangtua sekarang adalah memberikan gadget entah smartphone atau tablet. Padahal ada cara lain yaitu dengan memberikan buku anak, maka ia akan asyik dan sibuk sendiri dengan buku yang ia baca.  Bukunya bisa apapun namun pastikan yang dapat membuat anak betah lama-lama membaca dan mengeksplor buku tersebut.

Buku anak dapat membantu mengurangi penggunaan gadget. Screen time yang terlalu lama memang akan memberikan dampak yang buruk pada anak. Misalnya dari segi kesehatan akan menyebabkan kerusakan pada mata akibat terlalu sering menatap layar. Selain itu bisa menyebabkan ketergantungan dan akhirnya anak sulit untuk terlepas dari gadget.  Oleh karena itu  pemberian gadget pada anak harus dibatasi.

Bukan berarti tidak boleh dipakai sama sekali, tapi tergantung untuk apa dan pertimbangkan apakah merugikan si anak dalam waktu panjang atau tidak. Jadi batasi waku anak menggunakan gadget, misal hanya 1 jam dalam sehari dan tentukan kapan waktunya anak boleh memainkan gadget.

Selain membatasi waktu, orang tua juga perlu memperhatikan tigal hal ini menurut American Academy of Pediatrics, pertama ialah bagaimana orang tua bisa membuat ruang tanpa gadget (unplugged space and time) di rumah. Kedua Menggunakan teknologi dan gadget tapi untuk memancing kreatifitas anak. Terakhir ialah tidak menggantikan aktivitas anak seperti bermain, berolahraga, membaca bahkan tidur dengan gadget.

Nah, salah satu cara mengurangi penggunaan gadget seperti yang disebutkan tadi ialah dengan buku. Orang tua harus sediakan buku-buku bacaan untuk anak di rumah. Kemudian ketika bepergian ke tempat lain atau saat harus menghadiri acara tertentu, bawa buku untuk di perjalanan. Membawa anak bepergian jadi tantangan tersendiri bagi orang tua kan? Bagaimana memastikan agar anak tetap tenang dan tidak rewel selama perjalanan atau saat suatu kegiatan berlangsung. Apabila orang tua membawa buku kesukaan si anak, ia akan terlarut dalam buku dan kegiatannya sendiri

Jika anak suka dengan cerita  maka berikan buku bercerita atau novel anak bagi yang sudah bisa baca atau sudah usia sekolah. Kalau pun suka dengan komik, ya tidak apa-apa berikan saja komik. Jangan salah, justru komik dapat membantu memunculkan minat baca pada anak. Sekarang ini ada banyak kok buku anak yang berbentuk komik. Cerita-ceritanya juga seru dan erat dengan dunia anak zaman sekarang. Jadi komik tidak diperuntukkan bagi orang dewasa saja.

Baca juga: 3 Novel Anak yang Seru untuk Dibaca

Kalau anak masih balita bagaimana? tidak perlu pusing, karena ada banyak buku anak atau balita yang disesuaikan dengan usia anak. Buku untuk para balita ini tentu lebih full color dan tak banyak tulisan. Melihat gambar ilustrasi yang lucu bisa membuat para balita anteng dan mengeksplor sendiri bukunya. Buku khusus para balita, juga biasanya dilengkapi dengan berbagai macam fitur tambahan, yang akan membuat mereka semakin betah membolak-balikkan halaman

Jadi tidak ada lagi alasan bahwa cara agar anak bisa tenang adalah dengan gadget. Dibandingkan dengan gadget yang juga tidak bisa tahan lama (karena habis baterai atau munkin kuota), kan lebih baik buku.