KKPK

Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Baca Komik Anak

Beberapa orang tidak menganggap serius komik layaknya buku bacaan lain, termasuk komik anak. Dan kebanyakan orang juga tidak menyadari manfaatnya dari membaca komik. Karena menganggap komik hanya bacaan ringan yang tulisannya sedikit dan selebihnya dipenuhi dengan gambar. Jadi dirasa kurang informatif dibandingkan buku dengan tulisan yang penuh di setiap halaman.

Orang tua mu bisa jadi lebih memilih membelikan buku lain, padahal komik anak juga termasuk buku bacaan yang sama seperti novel anak. Komik memiliki cerita, alur, tokoh dan pesan moral setelah selesai membacanya. Memiliki genre dan tema yang berbeda-beda, seperti tentang persahabatan, keluarga, sekolah, misteri dan lain sebagainya.

Masih ragu juga untuk membaca komik? Hhmm coba baca dulu  alasan kenapa harus mulai baca komik anak di bawah ini, siapa tahu kamu berubah pikiran.

Membantumu suka dengan membaca

Bagi sebagian orang untuk membaca butuh usaha dan niat yang penuh, ya enggak? Hehe. Kalau sudah datang rasa malas malah enggan baca dan jadinya mengantuk. Bisa jadi itu karena sahabat KKPK belum terbiasa dengan membaca dan belum menemukan nikmatnya membaca. Nah bagi sahabat KKPK yang merasa seperti itu bisa coba dulu membaca komik.

Halaman yang penuh dengan gambar dan tulisan yang lebih banyak dialog akan lebih mudah serta menarik untuk dibaca. Nanti lama-kelamaan kemampuan membaca (reading skill) sahabat KKPK meningkat. Semakin lama buku yang dibaca oleh mu semakin beragam. Itu berarti sahabat KKPK telah menemukan nikmatnya membaca buku.

Komik membuat kamu berpikir dengan cara yang beda

Dilansir dari scribendi.com, menurut seorang professor bernama Dale Jacobs dari University of Windsor di Inggris, komik membuat pembacanya menciptakan pemahaman yang beragam dalam waktu bersamaan. Ternyata otak kita melakukan proses yang tidak sederhana saat kita membaca komik. Saat membacanya otak kita memproses teks, gambar dan bentuk ruang sekaligus. Sehingga sebenarnya membaca komik bukan hanya tentang “melihat gambar” saja, ada kelebihan dan manfaatnya untuk otak.

Bukan hanya itu. Secara umum, membaca buku cerita memang bagus untuk perkembangan otak kita. Saat sedang membaca aktivitas sel saraf kita berubah bukan hanya saat membaca bahkan setelah beberapa hari kamu menyelesaikan suatu buku.

Baca juga: Komik KKPK Terbaru: Nenekku Zombie?!

Komik itu keren

Komik itu keren karena sangat menghibur.  Berulang kali dijelaskan kalau orang akan lebih tertarik membaca buku dengan penuh gambar dan ilustrasi dibanding yag tidak ada sama sekali. Bahkan buat mereka yang  rendah minat bacanya, komik  sulit untuk ditolak. Komik anak menjadi bacaan yang menyenangkan di sela-sela kegiatan dan aktivitas kamu.

Apalagi jika ceritanya sangat menarik untuk mu, rasanya ingin cepat-cepat baca sampai selesai untuk tahu bagaimana ending ceritanya, ya enggak?  Membaca komik tidak membutuhkan waktu lama cukup 1 atau 2 hari juga selesai. Membacanya berulang juga tidak akan membosankan. Hayo sahabat KKPK punya komik yang sudah dibaca berulang-ulang?