KKPK

Hal yang Kamu Pelajari Setelah Membaca Novel Anak

Paling pas memang membaca novel anak sesuai usiamu, disaat sahabat KKPK punya waktu luang. Disamping menyenangkan membacanya sahabat KKPK juga dapat banyak manfaatnya. Kamu bisa belajar banyak hal dari kisah dalam novel. Apalagi jika bukunya sudah jadi buku favorit yang dibaca berulang kali. Tentu sahabat KKPK juga tak akan lupa pembelajaran apa yang bisa kamu dapat.

Novel anak menyajikan banyak cerita yang sebenarnya diambil dari cerita kita sehari-hari. Bisa jadi beberapa cerita pernah kamu alami juga. Makanya sahabat KKPK akan selalu bisa mengambil pembelajaran positif dari ceritanya. Sama saja seperti saat sahabat KKPK belajar bahasa Indonesia di sekolah. Setiap selesai membaca sebuah cerita pasti guru bertanya apa pembelajaran yang kamu dapatkan dari kisah tersebut. Nah, berikut ini hal-hal yang akan kamu dapat setelah membaca novel

Baca juga:3 Novel Anak yang Seru untuk Dibaca

Kekuatan persahabatan

Foto: unsplash.com

Dari novel  sahabat KKPK bisa tahu bagaiamana persahabatan bisa memberikanmu kekuatan. Sahabat KKPK jadi tahu bahwa teman akan selalu membantu dan tidak akan meninggalkan mu. Jadi bersikap baiklah pada teman-teman mu dan bantulah mereka. Nanti saat sahabat KKPK mengalami kesulitan, tanpa perlu diminta teman-teman mu akan selalu ada untuk membantu dan mendukungmu.

Pentingnya percaya diri

Foto: unsplash.com

Percaya akan kemampuan diri sendiri sangat penting sahabat KKPK! Merasa malu, minder dan takut bisa jadi pernah kamu rasakan. Kemudian kamu temukan juga tokoh yang merasakan hal yang sama dengan mu dalam novel. Coba baca sampai selesai dan lihat apa yang karakter buku tersebut lakukan untuk membuatnya percaya diri. Siapa tahu cara katakter tersebut memunculkan rasa pd nya bisa kamu ikuti.

Keluarga akan selalu berada di sisi mu

Foto: unsplash.com

Setelah membaca buku, sahabat KKPK akan memahami bahwa kamu memiliki keluaraga yang akan senantiasa mendukung, membantu dan melindungimu. Jika ibu, Ayah atau Kakak marah bukan karena mereka tidak sayang, justru karena orang tua khawatir kepada anak nya. Juga menjadi cara untuk mengingatkan bahwa apa yang kamu lakukan mungkin salah atau berbahaya. Jadi sayangi kedua orang tua dan kakakmu ya.

Memaafkan dan minta maaf saaat melakukan kesalahan

Foto: unsplash.com

Dalam novel anak pasti selalu saja ada karakter yang bikin masalah atau sering disebut karakter antagonis. Membacanya bisa bikin kamu sebal juga ya enggak? Tapi kalau enggak ada si dia ceritanya jadi enggak rame dong hehe. Saat mendekati akhir cerita biasanya karakter antagonis ini akan mengakui kesalahannya dan meminta maaf. Kemudian tokoh protagonisnya memaafkan dan mereka kembali berteman. Nah disini sahabat KKPK akan belajar bagaimana seharusnya kita memaafkan teman yang pernah menyakiti mu begitu juga sebaliknya, mengakui kesalahan serta meminta maaf jika kamu melakukan kesalahan.

Itu baru sedikit dari banyak hal yang bisa sahabat KKPK dapatkan setelah membaca Novel. Ayo coba buka novel atau komik yang kamu punya dan temukan pelajaran apa yang akan sahabat KKPK dapat.