KKPK

Belajar Jujur dan rapih dengan “Lost and Found Box”

Sahabat KKPK pasti pernah menemukan barang yang hilang seperti uang atau barang berharga lainnya di jalan raya, sekolah atau bahkan di rumah sendiri. Misal menemukan barang milik ayah atau loket uang milik ibu. Apa yang sahabat KKPK lakukan? Tentunya kamu harus belajar jujur mengembalikan barang tersebut ke pemiliknya. Atau buat saja kota Lost and Found

Apa sih kotak lost and found? Kotak lost and found adalah sebuah tempat untuk menyimpan barang-barang hilang yang ditemukan. Atau kalau kamu kehilangan barang cek ke kotak lost and found, bisa jadi ada yang menemukan dan menaruhnya di sana.

Di Amerika disebut lost and found kalau di Inggris lost property dan di Kanada dibilangnya lost article. Nah sebenarnya di sana lost and found itu adalah sebuah kantor yang akan dikunjungi orang-orang yang kehilangan barang mereka atau sebaliknya menemukan barang yang hilang di jalan.

Baca juga: Yuk Kita Belajar Menabung

Jadi semua barang yang ditemukan akan disimpan di kantor tersebut sampai pemiliknya datang untuk mengambil barang tersebut. Biasanya kantornya ada di dekat kantor atau tempat pelayanan publik seperti museum, statiun kereta, terminal, town square dan tempat-tempat umum lainnya

Tahu tidak sahabat KKPK, sistem lost and found ini sudah ada di  Jepang saat tahun 718. Juga ada di Paris pada saat kepemimpinan Napoleon dengan membuat kantor lost and found modern pertama.

Konsep Lost and Found ini mengajarkan kita untuk senantiasa berperilaku jujur saat menemukan barang yang hilang, agar segera mengembalikan kembali ke pemiliknya. Nah jika tidak tahu siapa pemiliknya kotak ini bisa sangat membantu. Sama seperti saat kita mengembalikan barang temuan ke guru jika di sekolah atau ke polisi. Yang pasti tidak boleh dilangkahi 3 kali lalu dibawa pulang ya, Hayo jujur sahabat KKPK pernah kaya gitu enggak? Hehe. Enggak boleh ya, sahabat KKPK harus belajar jujur, jika bukan barang milik sendiri jangan dibawa pulang.

Baca juga: Hadiah Untuk Temanmu yang Seorang K-Popers

Bagi Ayah dan bunda sahabat KKPK, membuat kotak lost and found di rumah akan menjadi pembelajaran yang bagus bagi sang anak. Dengan begitu anak-anak akan tahu konsep  kepemilikan, mengajarkan untuk selalu rapih dan menjaga baik-baik barang milik sendiri. Bahkan kalau bisa diberi nama agar orang tahu barang itu kepunyaannya.