KKPK

EXO: Boyband Korea asal Exoplanet

Musik K-Pop kini disukai banyak orang, lagunya bisa mudah kita dengar dimana-mana. Dengan konsep boyband dan girlband membuat penyanyi-penyanyi dari negeri Korea ini unik dan punya banyak fans di seluruh dunia. Salah satu boyband besar dan sangat terkenal ialah EXO.

Hayo.. sahabat KKPK yang nge-fans sama K-Pop pasti sudah tidak asing mendengar nama grup ini. Grup EXO debut di tahun 2012 dengan jumlah anggota atau lebih sering disebut member sebanyak 12 orang. Terbagi ke dalam 2 unit EXO K dan EXO M, Grup EXO K beraktifitas di Korea dan M di Cina.

Mereka semua ialah, Suho, Kai, Baekhyun, Chanyeol, DO, Sehun di EXO K. Lalu di EXO M ada Kris, Luhan, Lay, Tao, Chen, Xiumin. Saat pertama kali muncul dengan lagu Mama, dinyanyikan dalam dua versi bahasa (Korea dan Mandarin) oleh masing-masing grup. Dengan menunjukkan “kekuatan” yang dimiliki setiap member dalam music video (MV) pertama mereka.

Di Korea setiap grup seringkali memiliki konsep unikdan menggunakan nama panggung. Nah EXO ini memiliki konsep yang unik loh sahabat KKPK. Nama EXO sendiri berasal dari kata Exoplanet yang dipakai untuk menyebut planet-planet di luar galaksi Bimasakti tempat kita tinggal.

Jadi mereka diceritakan berasal dari Exoplanet dan masing-masing memiliki kekuatan (super power). Bahkan setiap kekuatan digambarkan simboltersendiri, terniat sekali ya hehe. Kekuatan setiap member di antaranya ialah:

  • Kai : Teleportasi
  • Chanyeol: Elemen Api
  • Baekhyun: Elemen cahaya
  • Suho: Elemen Air
  • D.O: Elemen Bumi/tanah
  • Sehun: Elemen angin
  • Luhan: kemampuan pikiran
  • Kris: Kemampuan melawan gravitasi (terbang)
  • Lay: Kemampuan menyembuhkan
  • Tao: Kemampuan mengendalikan waktu
  • Chen: Elemen Petir
  • Xiumin: Elemen es

Namun kini member yang masih tergabung hanya 9 orang setelah member asal Cina Kris, Luhan dan Tao satu persatu keluar. Juga Lay yang lebih banyak aktif di Cina sehingga menyisakan 8 member asal Korea.

Baca juga: Suju dan TVXQ Kenalkan Pesona Yogyakarta

Dikutip dari soompi, bulan oktober ini EXO menempati rangking ke-2 untuk boyband dengan brand reputation yang tinggi setelah BTS, versi The Korean Business Reasearch Institute. Yang artinya grup mereka sangat dikenal dan lagu-lau juga krya lainnya banyak didengar dan disukai

Lagu-lagunya banyak yang menjadi hits. Bahkan viewers MV nya di Youtube sudah berjuta-juta. Misalnya lagu “The growl” yang berhasil membesarkan nama mereka. Lalu yang lainnya ada overdose, call me baby, monster, hingga yang terakhir Loveshot. Total sudah ada 5 album yang dirilis dan 1 album di Jepang.

Aktivitas EXO saat ini

Saat ini setiap member menjalani kesibukannya masing-masing. Misalnya Baekhyun dan Kai kini tergabung ke dalam grup baru bernama Super M yang anggotanya juga berasal dari Shinee dan NCT. Telah meliris mini album pertamanya Jopping di Amerika dan akan aktif promosi di sana.

Kemudian Chen merilis album solonya yang kedua, “shall we?“. Xiumin akan segera main di drama musikal yang bercerita tentang dunia militer. Suho juga, sang leader bermain peran di film layar lebar dan akan segera tayang.

Lalu Chanyeol dan Sehun dibentuk menjadi sub unit EXO-SC, kemarin telah mengeluarkan mini album mereka yang berjudul “what a life“. Sedangkan Lay masih aktif berkarir di Cina, dan September kemarin bermain di sebuah drama Cina. Nah yang terakhir D.O sedang mengikuti wajib militer. Jadi sahabat KKPK baru bisa melihat D.O bernyanyi atau berakting sekitar kurang dari dua tahun lagi. sabar untuk menunggu ya.

Wih luar biasa ya. Meski tidak sedang bersama setiap anggota sudah memiliki kesibukan dan kegiatannya masing-masing dan jadi sama-sama sibuk. Jadi penasaran apa mereka ada waktu untuk bertemu atau ngobrol rame rame ya? Tapi untuk EXO-L Indonesia jangan bersedih, karena November tahun ini EXO akan datang, menggelar konser #5 EXplOration.

Tepatnya pada tanggal 23 November 2019 di ICE BSD City Tanggerang. Buruan cek tiketnya, karena kabarnya penjualan tiket ditambah loh akibat antusiasme penggemar dan masih banyak yang belum kedapatan tiket.