KKPK

Yuk Kita Belajar Menabung

Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit. Sahabat KKPK, tentu tahu dong peribahasa barusan? Yaps betul sekali, peribahasa tersebut menggambarkan bagaimana jika kita menabung. Mulai dari menyisihkan sebagian atau sedikit uang saku, yang kemudian kamu simpan dalam celengan. Suatu saat tanpa terasa uang yang kamu sisihkan sudah banyak. Nah di situ lah serunya menabung. Makanya yuk kita belajar menabung!

Menabung itu banyak manfaatnya loh. Ini dia keuntungannya buat kamu yang gemar menabung:

Belajar Berhemat         

Terbiasa menabung artinya sahabat KKPK terbiasa untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabung. Berarti dalam waktu yang bersamaan kamu juga sudah belajar bagaimana caranya berhemat. Tidak boros menghambur-hamburkan uang, karena akan merasa sayang. Daripada dihambur  kan mending ditabung  untuk membeli hal yang lebih penting nantinya.

Belajar Mengatur Uang

Keuntungan lain selain belajar berhemat sahabat KKPK juga jadi tahu bagaimana caranya mengatur uang. Seperti tahu apa yang harus dibeli apa yang tidak perlu. Kapan harus mengeluarkan uang dan untuk apa uang tersebut. Kamu bisa belajar mengatur mana uang untuk jajan, membeli barang, membeli alat tulis, uang untuk iuran dan tentunya untuk menabung.

Baca Juga: Ini Kelebihannya Punya Kakak dan Adik

Belajar Bersabar

Dalam menabung hal terpenting ialah bersabar. Karena untuk mengumpulkan uang butuh kesabaran dan dilakukan secara terus menerus. Supaya celengan mu bisa segera penuh. Jadi bersabar lah dan terus isi celengan mu sampai nanti waktunya dibuka. Bisa jadi sahabat KKPK akan terkejut sekaligus senang. Karena berhasil mengumpulkan banyak uang dan itu semua adalah milikmu.

Baca Juga: Belajar Jujur dan Rapih dengan “Lost and Found Box”

Bisa Membeli Barang Dengan Uang Sendiri

Sahabat KKPK pasti punya barang-barang yang bener-bener diinginkan. Pasti semakin senang dan bangga rasanya jika barang yang kamu inginkan itu dibeli dengan uang hasil tabungan dirimu sendiri. Setelah beberapa lama menyisihkan uang jajan sahabat KKPK bisa membeli mainan, buku atau barang apapun yang kamu inginkan. Dan pastikan jaga barang tersebut dengan baik-baik ya. Karena butuh waktu yang cukup lama dan kesabaran untuk bisa mendapatkan barang tersebut.

Mungkin terasa sulit di awal saat mulai  belajar menabung, tapi jangan khawatir, cobalah dulu dalam jumlah yang kecil. Misalnya sahabat KKPK bisa membeli celengan kecil dan mulai mengisinya dengan uang-uang koin dulu.

Baru setelah celengan pertama berhasil kamu isi penuh, ganti dengan celengan yang lebih besar dan mulai sisihkan juga uang kertasnya. Tidak perlu besar kok sahabat KKPK, coba saja dulu dengan uang Rp 2000,- dan Rp 5000,-.  Lama-lama menabung akan menjadi kebiasan baik yang terbawa hingga dewasa nanti.