KKPK

Dokter Kecil Award : Perlombaan para dokter cilik

Apa Sahabat KKPK jadi dokter cilik di sekolah mu? Kalau gitu ayo ikut Dokter Kecil Award! Dokter Kecil Award ini adalah salah satu perlombaan dokter cilik yang diadakan oleh IDI (Ikatan Dokter Indonesia). Hampir setiap tahun kegiatan ini diselenggarakan. Bertepatan dengan perayaan Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) yang juga diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional setiap tanggal 20 Mei.

Tujuan diadakannya Dokter Kecil Award ini ialah untuk memperkenalkan tugas mulia profesi dokter dan juga memberikan pengetahuan tentang hidup sehat sejak dini kepada generasi muda, yaitu para siswa tingkat Sekolah Dasar (SD).

Jika sahabat KKPK tertarik untuk ikutan Dokter Kecil Award ada beberapa hal nih yang perlu kamu ketahui. Pertama, jelas yang bisa ikut adalah para dokcil (dokter kecil) di sekolah. Nah untuk menjadi dokcil, sahabat KKPK harus berprestasi dan menjadi role model untuk teman-teman lain di sekolah.

Baca Juga: Bangga nya Jadi Dokter Cilik

Makanya sahabat KKPK harus rajin dan giat belajar agar nanti pihak sekolah bisa memilih mu untuk menjadi dokcil. Yes betul sekali, seorang siswa bisa jadi dokcil atas keputusan sekolah memilih siapa yang dipandang berprestasi dan punya kemampuan.

Dengan melihat syarat-syaratnya yaitu: siswa kelas 4 atau 5, berbadan sehat, berpenampilan bersih, berperilaku sehat. Memiliki jiwa kepemimpinan dan rasa tanggung jawab, suka menolong sesama dan berprestasi.

Lalu setelah itu kamu masih perlu untuk belajar lebih giat dan berlatih lebih rajin. Karena sahabat KKPK nantinya akan melewati tahapan demi tahapan seleksi. Dari mulai tingkat sekolah, kota/kabupaten, provinsi baru bisa sampai ke tingkat nasional.

Nanti jika lolos sampai tingkat  kota/kabupaten, para dokcil akan dikarantina dan diberikan pembelakan materi. Untuk memilih pemenang Dokter Kecil Award tingkat provisi. Nah nanti para juara di tingkat ini akan mewakili masing-masing provinsi  untuk maju ke Dokter Kecil Award tingkat nasional

Perlombaan Dokter Cilik

Perlombaan dokter cilik terdiri dari tes pengetahuan dan praktik. Untuk tes pengetahuan ada yang berupa tes tertulis dengan menjawab soal atau membuat makalah, artikel dengan tema yang biasa nya sudah ditentukan.

Lalu untuk tes praktiknya, para dokter cilik akan mempraktikan bagaimana cara memberikan penyuluhan atau penjelasan tentang kesehatan. Misalnya menjelaskan bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dan benar, makanan yang sehat dan bergizi, cara menggosok gigi yang benar dan lain sebagianya.

Ada juga praktik keterampilan yaitu melihat bagaimana kemampuan dokcil memberikan pertolongan pertama.