KKPK

Bangga nya Jadi Dokter Cilik

Kecil-kecil udah jadi dokter? emangnya bisa? Ya bisa dong, jadi dokter cilik aja. Program ini biasanya diperuntukkan buat sahabat KKPK yang sekarang duduk di kursi 4-6 SD. Biasa disingkat dengan nama “dokcil” kepanjangan dari dokter cilik atau dokter kecil.

Layakya seorang dokter, dokcil bertugas membantu petugas kesehatan sekolah, untuk memberikan pertolongan pertama pada penyakit (P3P) dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Dengan menggunakan alat-alat kesehatan sederhana yang tersedia di usaha kesehatan sekolah (UKS). Dan tentunya menggunakan jas khas dokter yang berwarna putih. Wah kebayang rasanya pasti seru dan bangga ya sahabat KKPK.

Selain itu dokcil juga memiliki tugas lain yaitu mengamati kebersihan lingkungan sekolah, dari mulai fasilitasnya, ruangan dan pengelolaan sampah. Apakah sudah menjadi lingkungan yang baik untuk kesehatan? Karena tentunya tempat yang kotor akan menjadi sumber banyak penyakit. Nah disilah tugas dokcil untuk mengajak tema-temannya agar senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan.

Baca Juga: Profesi Dokter Tetap Jadi Cita-cita Anak

Program dokter cilik ini didukung oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) lho. Yaitu sebuah organisasi/asosiasi para dokter yang ada di Indonesia. Biasanya IDI akan memberikan pelatihan dan pematerian untuk para dokter cilik. Dengan harapan ilmu itu bisa dipraktikan dan dibagikan ke teman-teman sebaya di sekolah dan keluarga di rumah.

Nah jadi bagi sahabat KKPK yang bermimpi menjadi dokter atau tertarik dengan dunia kesehatan, kamu bisa gabung menjadi dokcil. Syaratnya tentu yang pertama dari diri sendiri yang harus sehat secara jasmani dan rohani. Senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan. Masa mau jadi dokter tapi diri kita sendiri mudah terkena sakit? Lalu harus serius dan disiplin dalam mempelajari pengetahuan dasar tentang kesehatan dan keterampilan pengobatan.