KKPK

Kembar Terpisah yang Dipertemukan Kembali

Layaknya kisah dalam sinetron di layar TV tentang anak yang terpisah, kemudian dipertemukan, dua anak perempuan kembar terpisah asal  Cina bertemu lagi. Mereka adalah Zeng Shuangjie dan Esther Fedderick.

Seperti yang dilansir dalam Los Angeles Times, reporter mereka yang bernama Barbara Demick membantu dalam mepertemukan kembali saudara kembar ini. Bermula dari Demick yang melakukan liputan di tahun 2009 tentang isu penculikan anak di cina untuk diadopsi keluarga dari Amerika.

Jadi sahabat KKPK ternyata dulu ada sebuah kebijakan atau peraturan yang dikeluarkan pemerintah Cina untuk setiap keluarga harus memilki hanya satu anak dan diutamakan anak laki-laki. Dan ternyata sejak tahun 1992 setidaknya telah ada hampir 150.00 anak diadopsi oleh keluarga dari negara lain.

Foto: Zeng Shuangjie saat berusia 9 tahun bersama ibunya Yuan Zanhua

Sebuah keluarga di Cina terpaksa memisahkan anak kembar mereka dengan satu anak lainnya itu dititipkan kepada saudaranya. Setelah hampir berusia dua tahun, anak kembar yang dititipkan tersebut diambil orang. Demick bertemu dengan keluarga tersebut, mendengar cerita langsung dari orang tua si kembar. Mereka yakin anak yang satu lagi masih selamat dan  tinggal di  tempat yang jauh dari cina.

Baca juga : 7 Fakta Anak Kembar

Saat Demick berencana kembali ke Ameria, Yuan Zanhua, ibu dari si kembar mengatakan kepada Demick bahwa ketika kembali berkunjung,  ia harus mengajak serta anak yanyg telah hilang tersebut. Ungkapan tersebut menjadi sebuha pemicu semangat bagi Demick

Bertemu Kembali

Foto: Esther (paling kanan) bersama keluarga adopsinya di Amerika/latimes.com

Ia kembali ke Amerika dan mencoba  melakukan riset dan menelusuri info terkait pengadopsian anak dari negeri Cina. Disamping ia menulis kisahnya Demick menemukan group chat yahoo bagi orang tua yang mengadopsi anak dari “Shaoyang Social Welfare Institute”. Kemudian menemukan foto soerang anak yang mirip dengan anak perempuan yang ia temui di Cina.

Setelah melakukan banyak klarifikasi dan pencocokan wajah dibantu teknologi di kepolisian, Demick menghubungi orang tua yang mengadopsi. Memberikan informasi penjelasannya tentang dugaan keluarga kandung serta saudara kembar dari anak adopsi nya di Cina.

Foto: Zeng Shuangjie (kanan) menyambut saudara kembarnya Esther (kiri)/ latimes.com

Meski tak langsung direspon, 8 tahun berselang anak perempuan kembar Esther, yang diadopsi menghubungi kembali Demick via facebook. Meminta bantuan untuk menghubungkan dan mempertemukannya dengan saudara kembarnya di Cina Shuangjie. Akhirnya kedua saudara kembar yang terpisah bisa bertemu kembali dan berjanji untuk saling menghubungi satu sama lain.