KKPK

Buku dengan Fitur Fold Out untuk Anak

Fitur fold out pada buku anak sebenarnya sering kita jumpai juga di buku-buku lain lho. Fold out page adalah halaman pada buku yang memungkinkan lipatannya dibuka untuk melihat suatu gambar dalam ukuran besar (dictionary.cambridge.org)

Hayo sahabat KKPK kira-kira buku apa ya yang biasanya ada halaman yang bisa dibuka lebar? Yaps betul sekali biasa kita jumpai di majalah dan peta (map). Dari luar nampak seperti ukuran buku pada umumnya. Namun saat dibuka, halamannya bisa ditarik untuk melihat gambar secara utuh dalam ukuran besar.

Foto: Buku Fold out dengan halaman lipat yang tersambung /jamesgulliverhancock.com

Fitur fold out kini digunakan juga dalam buku anak-anak. Halaman-halaman buku tersebut ada yang saling tersambung dari awal hingga akhir ada juga yang fold out di beberapa halaman saja. Dengan gambar ilustrasi di kedua sisi nya.

Layaknya peta jika kita ingin melihat gambar secara lengkap, sahabat KKPK tinggal menarik ujung halaman. Ketika dibentangkan maka bisa terlihat gambar dan ilustrasi lain yang melengkapi cerita dari gambar halaman awal ketika halamannya belum ditarik

Baca Juga: 7 Fitur Menarik dalam Buku Anak

Misalnya buku tentang sistem tata surya. Pada halaman awal diperlihatkan gambar Matahari. Kemudian saat kertasnya ditarik melebar, muncul lah gambar susunan planet dari Merkurius sampai Neptunus.

Atau buku “The Twin Explorer” yang akan segera terbit. Buku yang bercerita tentang petualangan 2 saudara kembar Rafa dan Safa, juga dilengkapi dengan fitur fold out. Fitur ini akan memberikan kesan menyenangkan bagi anak usia 4-6 tahun. Karena bisa memancing rasa keingintahuan dan antusiasme si kecil.