KKPK

Fitur “Lift The Flap” dalam Buku Anak

Mendengar kalimat lift the flap bisa jadi nampak asing ya bagi sahabat KKPK. Tapi pernahkah kamu membaca buku anak dengan bahan kertas yang agak tebal? Saat dilihat di setiap halaman ada celah seperti pintu rahasia yang bisa dibuka? Yang ternyata ada gambar atau tulisan lain dibaliknya.

Maka sahabat KKPK baru saja membaca sebuah buku dengan fitur lift the flap. Yaitu buku yang halamannya terdiri dari susunan kertas yang sebagian permukaanya bisa dibuka tutup.

Fitur lift the flap pada buku awalnya digunakan dalam dunia medis untuk buku-buku yang menggambarkan susunan anatomi manusia. Pada sekitar tahun 1500-an setelah sebelumnya fitur pop up lebih dulu dikenal. Buku dengan teknik pembuatan seperti itu dahulu disebut sebagai movable book (Buku Bergerak).

Foto : Movable book (buku bergerak) yang bergambar susunan anatomi manusia / dgi.or.id

Baca Juga: 7 Fitur Menarik dalam Buku Anak

Jadi, pada tahun1543 diyakini seorang profesor dari Brussel membuat movable book dengan judul “De Humani Corporis Fabrica Librorum” yang berisi tentang hasil pengamatannya mengenai anatomi tubuh manusia setelah melakukan pembedahan-pembedahan selama 4 (empat) tahun. Para ahli medis menyebut buku ini dengan lift the flap. Dari saat itulah istilah ini dikenal.

Buku Anak “Lift The Flap”

Foto: Ilustrasi buku lift the flap disenangi anak-anak /id.theasianparent.com

Baca Juga: 5 “Buku Ajaib” untuk Anak

Fitur lift the flap sekarang banyak dijumpai ada dalam buku anak-anak. Buku Anak “The Twin Explorer” yang akan segera terbit, juga dilengkapi dengan lift the flap. Fitur ini akan membuat cerita dua karakter saudara kembar dalam buku, Rafa dan Safa menjadi lebih menarik.

Rafa dan Safa akan membawa sahabat KKPK berpetualang. Menebak gambar yang tersembunyi dibalik halaman. Memunculkan rasa penasaran untuk menyelesaikan cerita dan belajar banyak hal untuk pertama kalinya bersama Rafa dan Safa.