KKPK

Mengenal Fitur Augmented Reality pada Buku Anak

Kini teknologi virtual semakin banyak digunakan dalam banyak hal dan bidang. Dari mulai bidang kedokteran, pelayanan publik sampai buku bacaan untuk anak-anak sekalipun. Buku canggih yang disebut juga buku ajaib ini hadir menggunakan teknologi virtual yang disebut augmented reality. Buku terbaru dari KKPK, “The Twin Explorer” yang akan segera terbit juga menggunakan fitur ini lho.

Apa sih yang dimaksud Augmented Reality? pernah main games pokemon go? atau suka update foto selfie dengan filter-filter lucu di insta story? keduanya merupakan contoh dari digunakannya teknologi Augmented Reality (AR). Dimana hal dari dunia virtual bisa ditampilkan di dunia nyata secara virtual inilah yang disebut AR.

Lebih jelasnya teknologi AR ini dapat menyisipkan suatu informasi tertentu (video atau tulisan) ke dalam dunia maya yang kemudian ditampilkan di dunia nyata. Tentunya dengan bantuan perlengkapan seperti webcam, komputer, HP Android, atau kacamata khusus.

Baca Juga: 7 Fitur Menarik dalam Buku Anak

Kita sebagai pengguna yang ada di dunia nyata tidak dapat melihat objek maya secara langsung. Karena gambar virtual akan muncul ketika kita melihat nya dengan perantara kamera yang kemudian ditampilkan di layar gadget kita

Buku dengan Fitur Augmented Reality

Lalu gimana jika fitur augmented reality dipakai dalam buku bacaan? Tentu Sahabat KKPK akan mendapatkan pengalaman baru di saat membaca buku yang dilengkapi fitur AR.

Buku yang semula hanya bisa kita nikmati tulisan dan gambarnya, kini semakin seru setelah ditambahkan teknologi virtual.

Coba saja bayangkan bagaimana serunya ketika karakter dalam buku muncul dengan bentuk 3D, bisa bergerak dan berbicara. Sahabat KKPK seolah bisa berinteraksi dengan objek bergerak yang muncul di layar telepon genggam.

Dahulu buku-buku anak dengan fitur augmented reality adanya di buku-buku impor terbitan luar negeri. Sehingga tidak mudah kita temui di toko-toko buku. Tapi jangan khawatir, sekarang ini sudah banyak kok penulis-penulis buku anak dari dalam negeri, membuat buku anak yang dilengkapi fitur AR, salah satunya ya “The Twin Explorer” ini

Hadirnya buku dengan fitur augmented reality akan memberikan pengalaman menarik bagi si kecil. Serta tidak sulit untuk membuatnya senang dengan buku sejak dini.