KKPK

7 Fakta Anak Kembar

Pokoknya ciri utama anak kembar itu wajahnya mirip identik! Eits, ternyata bukan hanya itu lho sahabat KKPK! ada banyak juga hal-hal menarik tentang mereka. Berikut 7 fakta yang perlu sahabat KKPK ketahui!

Jenis-jenis anak kembar

Foto: Kembar Fraternal yang wajahnya tidak identik dan berbeda jenis kelasmin /pexels.com

Selain kembar identik, ada kembar fraternal yang justru memiliki wajah sama sekali tidak mirip (tidak identik). Lalu ada kembar cermin yaitu kembar identik namun bentuk struktur wajah yang samanya berlawanan seperti bercermin. Kembar berbeda jenis kelamin biasa terjadi pada kembar fraternal tapi bisa terjadi juga pada kembar identik.

Ada juga kembar siam yaitu dimana salah satu bagian tubuh keduanya saling menempel. Lalu ada juga yang disebut superfetasi yaitu kembar yang usia janinnya berbeda beberapa hari atau seminggu tapi tetap dilahirkan di hari yang sama.

Faktor keturunan  pengaruhi peluang memiliki anak kembar

Foto: fimela.com

Sudah menjadi hal yang diketahui banyak orang bahwa orang tua yang berpeluang memiliki anak kembar ialah mereka yang memiliki turunan kembar di dalam keluaganya. Dikarenakan adanya faktor genetik yang terbawa dan makin memungkinan jika pembawa gen tersebut ialah sang ibu.

Kebanyakan bayi kembar lahir prematur

Foto: unsplash.com

Kelahiran prematur pada bayi kembar seringkali terjadi. Umumnya bayi kembar dua, lahir pada minggu ke 34-36 usia kehamilan. Sedangkan untuk yang melahirkan kembar tiga, lahir di minggu ke 32-26.

Semakin banyak jumlah bayi kembar dalam kandungan akan berbanding lurus dengan semakin besar kemungkinan sang ibu melahirkan bayinya secara prematur

Baca Juga: Fakta Unik yang harus kamu tahu tentang anak kembar

Mitos Telepati

Foto: unsplash.com

Orang-orang bilang anak kembar bisa melakukan telepati. Sebenanrya benar enggak sih atau hanya mitos saja?  Ternyata dalam ilmu parapsikologi ada yang disebut dengan Extra Sensosry Perception (ESP) yaitu kemampuan seseorang memperoleh informasi tanpa adanya kontak fisik satu sama lain.

Namun untuk kemampuan telepati, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang membenarkannya. Psikolog menjelaskan kalau pun kemampuan yang disebut telepati itu, bisa jadi cerminan ikatan yang kuat antara keduanya

Anak kembar siam

Foto: alodokter.com

Sahabat KKPK mungkin pernah melihat berita tentang operasi pemisahan anak kembar siam di TV. Kembar siam termasuk jenis kelainan dengan kondisi tubuh yang menempel, dikarenakan proses pemisahan sel telur yang tidak sempurna ketika dalam kandungan.

Sehingga diperlukan operasi untuk memisahkanya. Ada yang berhasil tapi tak sedikit pula yang meninggal. Bagian tubuh yang saling menempel bisa pada perut, dada, kepala dan panggul.