KKPK

5 Cara Asyik Mengajarkan Anak Huruf Hijaiyah

Tahap pertama mengajarkan Al Quran pada buah hati tentu dengan mengenalkan huruf hijaiyah. Mengenalkan bagaiman bentuknya, cara baca hingga cara menulis. Sahabat KKPK suka bingung bagaimana cara agar anak mudah menghapal huruf Hijaiyah? Berikut 5 cara Asyik mengenalkan anak huruf hijaiyah yang bisa kamu praktikana di rumah!

Bernyanyi

Langkah awal bagi anak-anak untuk mengahapal sesuatu akan lebih mudah dengan bunyi. Sebutkan semua huruf hijaiyahnya agar anak mengenal bagaimana bunyinya. Nah jika menyebutkan semua huruf dengan cara dinyanyikan akan membuat anak lebih mudah menghapalnya.

Membaca buku

Buku bisa menjadi media belajar yang baik untuk mengenalkan huruf hijaiyah pada anak. setelah mendengar bagaimana bunyi dari cara membacanya, langkah selanjutya ialah mengenal bentuk hurufnya. Dalam buku bacaan anak akan diperlihatkan bagaimana bentuk dan cara bacanya. Apalagi sekarang jadi lebih mudah dengan munculnya buku-buku ajaib yang interaktif. Penuh dengan fitur-fitur menarik yang bisa memberikan pengalaman mengasyikan bagi si kecil.

Menggunakan flash card

Belajar yang mengasyikan pastinya belajar sambil bermain. Mempelajari huruf hijaiyah juga bisa dengan metode bermain. Bunda bisa siapakan flash card berisi masing-masing huruf. Sodorkan pada anak setiap kartu dengan huruf hijaiyah yang berurutan sambil menyebutkan cara membacanya. Tahap selanjutnya bunda bisa mengacak flash card untuk mengetes kemampuan dan hafalan anak.

Menggambar

Selain bisa membaca dan menghapal tentunya anak harus bisa menuliskan huruf hijaiyahnya. Kegiatan belajar menulis hijaiyah bisa menjadi lebih asyik jika menggambarnya dengan warna-warni.  Bunda bisa menuliskan dengan garis putus-putus lalu biarkan si kecil menyambungkan setiap garis menjadi sebuah huruf yang utuh. Bebaskan anak untuk menghias dengan berbagai gambar.

Bermain playdough

Satu lagi metode belajar yang serasa seperti bermain yaitu menggunakan playdough. Siapa anak yang tidak suka playdough? Setiap anak rasanya suka dengan benda  yang bisa membuat beragam bentuk. Ajak anak untuk membuat bentuk huruf-huruf dengan playdough. Sebutkan saja hurufnya lalu biarkan anak berusaha membuatnya sendiri. Dengan cara mengasyikan ini Bunda bisa melihat apa anak benar-benar telah hafal hijaiyah dari mulai bunyi hingga bentuknya.