KKPK

5 Aktivitas Seru untuk Bonding Bunda dan Si Kecil

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama antara orang tua dan Anak.  Libatkan saja si kecil dalam berbagai aktvitas Bunda dengan  kegiatan yang sederhana. Beri pujian dan apresiasi  maka waktu yang dihabiskan bersama dengan anak akan meningkatkan ikatan (bonding) dan rasa kasih sayang.

Bunda ayo luangkan waktu mu dan lakukan 5 aktivitas seru ini!

Bermain bersama

Masa kanak-kanak memang waktunya untuk bermain. Bisa bersama teman-teman seusianya atau bermain sendiri di dalam rumah. Mungkin Bunda memfasilitasi banyak barang dan permainan untuk si kecil, tapi pernahkah ikut bermain bersama?

Cobalah sesekali Bunda ikut bermain apalagi saat anak memintanya sendiri. Simpan dulu berbagai pekerjaan rumah dan masuklah ke dunia si kecil. Misalnya permainan roleplay seperti masak-masakan dan dokter-dokteran. Bermain boneka, ular tangga hingga petak umpet di dalam rumah. Dengan bermain bersama akan membuat Bunda menjadi lebih dekat dan menciptakan banyak momen-momen indah.

Membaca buku

Mengenalkan buku sejak dini pada anak akan membuatnya senang membaca dan terbawa hingga dewasa. Apalagi di situasi krisis literasi seperti saat ini, dimana minat membaca mulai rendah. oleh karena itu orang tua memiliki peran penting untuk menjadikan anak-anak mereka pecinta buku. Namun tidak hanya dengan cara senantiasa menyediakan buku saja bunda. Tapi juga ikut membaca buku bersama anak.

Seperti yang dilasir di washingtonpost.com bahwa momen membaca bersama orang tua adalah waktu paling spesial yang diingat anak.  Jangan khawatir Bunda! Sekarang ada banyak buku anak yang membuat waktu membaca bersama menjadi semakin menyenangkan. Buku-buku tersebut bukan hanya menghadirkan cerita dan gambar ilustasi yang menarik, namun juga berbagai fitur yang membuat buku menjadi lebih interaktif.

Baca Juga: 5 “Buku Ajaib” untuk Anak

Menggambar bersama

Cara pertama bagi si kecil menuangkan ekspresinya dalam kertas ialah dengan menggambar. Menggambar juga memberikan banyak manfaat seperti megembangkan motorik halus, melatih konsentrasi, mengenalkan konsep visual, percaya diri serta kreatifitas dan masih banyak lagi.

Temanilah si kecil saat sedang menggambar. Bunda juga bisa sambil mengenalkan berbagai jenis warna dan bentuk. Jangan lupa untuk memberikan apresiasi pada setiap hasil gambar anak. Tanyakan apa yang mereka gambar dan minta untuk menjelaskan cerita di balik gambar tersebut

Memasak bersama

Masih banyak Ibu yang khawatir untuk membiarkan anak- anaknya masuk di dapur. Takut anak terkena pisau tajam, air panas atau api dari kompor Apa Bunda salah satunya?  Padahal biarkan saja anak-anak membantu memasak di dapur atau luangkan waktu khusus membuat masakan bersama. Karena ternyata memasak bersama anak memiliki manfaat yang luar biasa loh Bunda! Dari mulai melatih motorik halus, kreativitas hingga matematika

Tentunya pastikan anak-anak melakukan kegiatan yang aman bagi mereka. Seperti mengaduk adonan, mencabuti sayuran dengan tangan, menggulung dan mencetak. Bunda bisa pilih menu yang sederhana seperti sandwich, salad, cookies dan jus.

Olahraga bareng

Mengajarkan pola hidup yang sehat kepada anak salah satunya bisa dengan mengajakanya olahraga bersama. Olahraga juga akan melatih motorik kasar anak. Kegiatannya bisa kok dilakukan di dalam rumah dengan Bunda sebagia instrukturnya. Ini juga akan membiasakan anak untuk mendengarkan instruksi.

Jika ingin dilakukan di luar rumah bisa dengan bersepeda keliling komplek rumah. Atau melakukan permainan olahraga seperti bermain bola, bulu tangkis, soft ball dan lainnya.