KKPK

7 Fitur Menarik dalam Buku Anak

Buku anak berbeda dengan buku umum lainnya. Dari mulai tulisan yang lebih ringkas dan sederhana hingga halaman yang penuh gambar dan ilustrasi yang pastinya disukai anak-anak. Apalagi sekarang ada yang namanya buku ajaib, yang hadir dengan berbagai macam fitur menarik.

Disamping menghibur ternyata juga ada banyak manfaatnya seperti: melatih motorik halus, konsentrasi, pemahaman dan lainnya. Apa saja fitur menarik itu?

Pop up

Pasti jadi menyenangkan kalau buku yang sahabat KKPK baca gambarnya bisa timbul bahkan berdiri dan memiliki struktur, jadi terkesan lebih nyata. Fitur tersebut bernama pop up yang membuat buku bisa menampilkan gambar dalam bentuk 3 dimensi. Gambar akan muncul, setiap membuka halaman buku

Sahabat KKPK tahu tidak? ternyata pop up sudah dari 800 tahun lalu lho. Saat itu, pop up hanya digunakan untuk buku anatomi tubuh dan astronomi yang dikenal dengan sebutan movable book

Touch and Feel

Buku touch and feel paling cocok untuk bayi yang memang momennya mereka sedang senang meraih maca-macam barang. Karena saat disentuh halaman-halaman bukunya memiliki tekstur berbeda-beda sesuai gambarnya. Jadi anak bisa menyentuh, meraba hingga menarik.

Buku touch and feel mengajak anak-anak mengenal beragam tekstur. Mereka bisa merasakan bagaimana itu lembut, kasar, halus, berbulu, keras dan lain sebagainya.

Lift the flap

Fitur lift the flap juga termasuk dalam moveable book. Jika pop up membuat gambar jadi timbul dengan bentuk 3 dimensi, nah kalau lift the flap ini bukunya berisi gambar-gambar dengan “jendela” yang dapat dibuka (bisa ke atas, ke bawah, ke kanan, ke kiri) dan terdapat keterangan dibaliknya.

Ada sensasi teka-teki dan kejutan yang diberikan buku lift the flap pada anak. Karena sembari membaca buku seringkali jawaban dari pertanyakan atau tebakannya ada dibalik gambar yang harus dibuak “jendela” nya. Jadi sahabat KKPK paling pas membaca buku ini sambil main tebak-tebakan

Fold Out

Saat membuka halaman pertama dalam buku dengan fitur fold out nampak seperti buku anak pada umumnya. Tapi ternyata saat ditarik, halaman buku menjadi memanjang melebihi ukuran buku itu sendiri. Seolah seperti gulungan kertas yang terlipat dan menjadi buku.

Halaman-halaman buku tersebut saling tersambung. Sahabat KKPK bisa membacanya seperti membuka buku pada umumnya atau menarik halaman untuk melihat gambar yang lebih utuh.

Augmented Reality

Dengan adanya kemajuan teknologi fitur canggih juga hadir di buku anak-anak. Ada yang disebut Augmented Reality yaitu teknologi yang bisa memproyeksikan obyek dua dimensi menjadi obyek 3D yang lebih hidup dan interaktif. Membuat gambar yang ada di buku seolah-olah hidup, tentunya dengan bantu gawai atau telepon pintar. Buku jenis ini sering juga disebut “Buku ajaib”.

Caranya sahabat KKPK perlu mendownload aplikasi pendukungnya di gawai. Lalu arahkan untuk memindai buku, nanti akan keluar karakter atau animasi sesuai gambar buku yang bisa bergerak dan bersuara.

Sound Book

Membaca buku dengan penuh gambar tentu menyenangkan terlebih jika buku tersebut mengeluarkan suara. Sama seperti judulnya, buku sound book akan mengenalkan suara sekitar. Suara yang keluar bisa apapun tergantung bukunya.

Ada yang macam-macam suara binatang, instrumen alat musik, bahkan lagu dengan irama menyenangkan dan masih banyak lagi. Cara membunyikannya sahabat KKPK tinggal tekan tombol di samping buku sesuai dengan gambar yang ada di setiap halaman.

Wipe and Clean

Siapa yang suka coret-coret buku? mencoret-coret buku sama dengan kita merusak dan tidak sayang akan buku. Tapi untuk buku yang satu ini, boleh banget dicoret-coret. Jangan khawatir jadi rusak dengan fitur wipe and clean, hasil tulisan atau gambar kita dalam buku dengan mudah bisa dibersihkan lagi.

Disediakan juga pulpen dalam bukunya. Sahabat KKPK bisa menulis atau menggambar dalam buku lalu dibersihkan dan bisa digambar kembali.