Tips Menyimpan Buku Supaya Tetap Rapi

tips menyimpam buku
Ilustrasi Buku (Unsplash)

Bagi kamu yang senang mengoleksi buku, pastinya buku jadi barang kesayangan dan berharga banget dong. Kalau udah ngomongin soal barang kesayangan, pasti kamu ingin merawatnya dengan baik, kan?

Mengingat hal itu, Rumah KKPK mau berbagi tips menyimpan buku nih supaya koleksi bukumu tetap rapi dan tidak berantakan. Apa saja tipsnya? Simak terus artikel ini sampai selesai ya Sahabat KKPK.

1. Jangan Melipat atau Menekuk Buku

Ada kalanya kita harus menghentikan aktivitas membaca meskipun buku belum selesai dibaca. Kita pun sering melipat atau menekuk buku untuk memberi tanda sudah sampai mana buku itu dibaca. Benar, kan?

Kalau Sahabat KKPK punya kebiasaan melipat atau menekuk buku seperti itu, sebaiknya mulai ditinggalkan ya. Pasalnya, buku akan rusak penampilannya dan terkesan berantakan. Nah untuk memberi tanda, lebih baik gunakan pembatas buku saja.

Baca Juga: Yuk Baca Buku dengan Posisi Tubuh yang Benar, Begini Caranya

2. Sampul Buku dengan Rapi

Kenapa buku sebaiknya disampul? Tentu saja agar buku kamu selalu bersih dan rapi. Nah untuk sampul sebaiknya gunakan plastik bening. Cari sampul plastik yang agak tebal dan tidak lengket saat ditempelkan ke buku.

Jangan menyampul buku terlalu ketat ya supaya cover buku tidak terlipat saat kamu membukanya. Jangan lupa untuk mengganti sampul buku yang sudah rusak dengan sampul yang baru.

3. Simpan Buku di Rak Buku

Kamu suka menyimpan buku di mana? Dibiarkan dalam tas atau berserakan di lantai? Waduh  jangan begitu ya. Biasakan disiplin menyimpan buku di rak supaya tetap rapi. Selain itu, supaya kamu tidak kesulitan saat mencari buku karena semua sudah tertata rapi.

Dengan adanya rak buku, kita juga bisa menata buku sesuai dengan genre atau jenisnya. Misalnya komik, novel, buku pelajaran, dan sebagainya bisa kita tata di area rak yang berbeda. Hal ini juga memotivasi kamu lo supaya lebih semangat membaca.

Baca Juga: Keuntungan Buku Diterbitkan oleh Penerbit Besar, Apa Saja Sih?

4. Hindari Tempat yang Lembab

Hindari menyimpan buku di tempat yang lembab kalau tidak ingin bukumu cepat rusak. Pasalnya, tempat yang lembab bisa membuat kertas berjamur, lunak, dan mudah hancur. Hal ini juga bisa membuat aroma buku kurang sedap.

Selain itu, tempat lembab bisa membuat tinta buku lebih mudah luntur. Sebaiknya simpan buku di tempat yang kering, tapi tak terpapar sinar matahari secara langsung, karena akan membuat warna buku lebih cokelat. 

5. Simpan Buku dalam Keadaan Berdiri

Jika Sahabat KKPK menyimpan buku di rak, maka simpan dalam keadaan berdiri. Jangan menumpuk buku, apalagi ditimpa beban berat di atasnya. Tahukah kamu, menumpuk buku bisa menyebabkan buku lebih mudah lembab.

Simpan buku dalam keadaan tegak lurus saja. Tidak hanya membuat buku lebih rapi dan awet, menyimpan buku dalam keadaan tegak lurus juga bisa memudahkan kamu mencari buku yang diperlukan.

Baca Juga: Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan