Apa Itu Pustakawan dan Apa Enaknya Jadi Pustakawan?

profesi pustakawan
Ilustrasi Pustakawan (Unsplash)

Sahabat KKPK pernah tidak ditanya kalau sudah besar ingin menjadi apa? Jika ditanya seperti ini, maka rata-rata pasti menjawab ingin jadi dokter, polisi, dan guru. Iya, kan? Hampir tidak pernah ada yang menjawab “Ingin jadi pustakawan.”

Hayo, kamu tahu tidak tentang pustakawan? Jika belum tahu, yuk kita bahas dalam artikel ini. Simak terus artikelnya sampai akhir supaya kamu tahu apa itu pustakawan dan apa enaknya menjalani profesi yang satu ini.

Baca Juga: Perpustakaan Tertinggi di Dunia Ternyata Punya Indonesia Lo!

Apa Itu Pustakawan?

Tahukah Sahabat KKPK, definisi pustakawan ternyata dituangkan dalam undang-undang. Menurut Undang-undang (UU) Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007, pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan.

Pustakawan tak hanya berperan sebagai penjaga perpustakaan. Lebih dari itu, dia juga harus bisa jadi pendamping bagi para pembelajar dan berperan dalam pengembangan wawasan dan ilmu pengetahuan serta sistem perpustakaan itu sendiri.

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, jadi pustakawan itu rupanya tidak mudah ya.  Pustakawan tidak boleh asal-asalan, tapi harus punya kompetensi yang mumpuni dalam mengelola perpustakaan. Oleh sebab itu, pustakawan perlu kualifikasi akademis dan profesional.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu Manfaat ke Perpustakaan, Banyak Banget!

Enaknya Jadi Pustakawan

Tahukah Sahabat KKPK, pada dasarnya profesi pustakawan itu mirip dengan dokter, polisi, dan guru. Pustakawan juga melakukan pengabdian kepada masyarakat, hanya saja bentuk pengabdiannya saja yang berbeda.

Bayangkan jika tidak ada pustakawan, kamu pasti akan kesulitan saat berkunjung ke perpustakaan. Berkat pustakawan lah tugasmu jadi mudah. Mereka menyusun dan menata dengan rapi buku-buku. Buku disimpan sesuai dengan subjeknya sehingga lebih mudah dicari.

Pustakawan juga bisa dibilang sejajar dengan guru lo Sahabat KKPK. Pasalnya, akhir-akhir ini sedang gencar dilakukan sertifikasi untuk para pustakawan. Para pustakawan tidak perlu bingung lagi soal gaji. Orang yang berprofesi sebagai pustakawan sekarang masih sedikit, jadi bagi Sahabat KKPK yang ingin menjadi pustakawan peluangnya lebih besar lo.

Baca Juga: Suka Baca Buku? Cara Menjaga Kesehatan Mata Harus Kamu Tahu!