Pesan Moral Film Toy Story 4 yang Bisa Kamu Pelajari

pesan moral toy story 4
Toy Story 4 (Foto Pixar)

Sahabat KKPK sudah nonton belum petualangan Woody di film Toy Story 4? Film ini tidak hanya seru dan menghibur, tetapi juga menyampaikan pesan yang baik untuk para penontonnya. Pesan moralnya bahkan tidak hanya cocok untuk kita yang masih anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa lo.

Film Toy Story 4 sendiri menceritakan kisah Woody yang sudah jarang diajak bermain oleh pemiliknya, Bonnie. Kehidupan Woody di dunia mainan pun semakin berubah setelah kehadiran Forky, mainan yang dibuat oleh Bonnie dari garpu dan sampah.

Bonnie sangat menyayangi Forky dan tidak bisa jauh darinya. Posisi Woody sebagai mainan favorit Bonnie pun terganti oleh Forky. Meskipun begitu, Woody tidak pernah punya pikiran negatif seperti sirik atau jahat kepada Forky. Ia justru ikut menjaga Forky agar tidak menjauh dari Bonnie.

Nah, berikut ini pesan moral yang bisa kamu petik dari film Toy Story 4.

Baca Juga: Kegiatan Liburan Seru Buat di Rumah, Ini 5 Rekomendasinya

1. Belajar Menerima Perubahan dengan Tulus

Kehidupan tidak akan selalu sama, pasti akan ada masa-masa di mana semuanya berubah. Kadang-kadang perubahan itu tidak bisa dihindari walaupun kita tidak menginginkannya. Contohnya perubahan yang dialami oleh Woody. Sejak kehadiran Forky, Woody bukan mainan favorit Bonnie lagi.

Meskipun keadaan berubah, Woody tidak mempermasalahkan hal itu. Ia tetap menjadi mainan yang baik meskipun kehidupan berjalan tidak sesuai dengan keinginannya. Woody bahkan melindungi Forky, karena Bonnie menyayanginya.

2. Menghargai Diri Sendiri dan Orang Lain

Sahabat KKPK yang sudah nonton Toy Story 4 pasti belum lupa tentang Forky, si mainan yang terbuat dari sampah. Forky dibuat oleh Bonnie saat hari pertama masuk sekolah. Nah karena terbuat dari sampah, Forky pun selalu merasa dirinya tidak berharga.

Saat Forky merasa dirinya sampah dan tidak berharga, dengan sabar Woody mengajari Forky untuk menghargai dirinya sendiri. Woody memberi tahu Forky bahwa dia sangat berharga bagi Bonnie. Nah dari sini kita bisa belajar bahwa sesuatu yang kelihatannya tidak berharga, bisa jadi sangat berharga untuk orang lain.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Film Animasi Seru yang Sarat Pesan Moral

3. Menjaga Persahabatan

Saat Forky ditahan oleh boneka Gabby, Woody pun berusaha menyelamatkannya. Woody tidak sendirian dalam upaya penyelamatan Forky ini. Namun, dia dibantu oleh teman-teman lama dan barunya, seperti Giggle McDimples, Duke Caboom, serta sepasang boneka lucu Bunny dan Ducky.

Bagian film Toy Story yang ini menunjukkan bahwa kehadiran teman-teman itu sangat penting. Pasalnya, kita tidak bisa hidup sendirian. Kita bisa saling bekerja sama untuk mencapai satu tujuan yang positif dengan kehadiran teman.

4. Belajar Mengambil Risiko

Tidak hanya digambarkan sebagai sosok yang setia kawan dan suka berpikir positif, Woody juga digambarkan sebagai sosok yang berani mengambil risiko. Woody mengambil risiko dengan cara meninggalkan tempat yang selama ini membuat dirinya nyaman untuk suatu pengalaman baru.

Jika Sahabat KKPK ingin mencoba sesuatu yang baru, maka jangan pernah ragu untuk mencobanya ya. Kamu harus menjadi sosok yang pemberani selama hal yang ingin kamu lakukan masih hal-hal positif dan tidak merugikan orang lain.

Baca Juga: Kenalan dengan Nayfa, YouTuber Cilik yang Jago Ice Skating

Semoga pesan moral dari film Toy Story 4 ini bisa kamu terapkan ya!