manfaat belajar

Manfaat Belajar Sambil Mendengarkan Musik, Bikin Lebih Konsentrasi

manfaat belajar
Ilustrasi Belajar (Unsplash)

Belajar adalah kegiatan yang membosankan bagi sebagian orang. Oleh sebab itu, banyak yang belajar sambil melakukan kegiatan lain, seperti belajar sambil menonton televisi, makan, dan mendengarkan musik.

Tahukah Sahabat KKPK, ada penelitian yang menunjukkan kalau belajar sambil mendengarkan musik justru meningkatkan efektifitas belajar lo. Bagaimana bisa alunan musik meningkatkan konsentrasi?

Bagaimana Bisa Musik Meningkatkan Konsentrasi?

Baca Juga: Apa Enaknya Sih Jadi Anak Homeschooling?

Saat mendengarkan musik, akan ada getaran gelombang suara yang menuju ke dalam telinga. Lalu gelombang suara akan ditangkap oleh sel-sel rambut sehingga berubah jadi sinyal listrik yang menyebar ke seluruh bagian otak, termasuk ke bagian hipotalamus otak.

Sahabat KKPK harus tahu nih kalau bagian hipotalamus otak adalah tempat diproduksinya hormon sekaligus pengatur tekanan darah, denyut jantung, serta suhu tubuh. Jadi saat hipotalamus diterpa oleh sinyal listrik akan langsung mengeluarkan hormon yang membuat kita bahagia.

Pada saat yang sama hormon yang menyebabkan kita stres saat belajar akan mereda. Efeknya mood kita jadi bagus. Nah, mood yang bagus akan membuat kamu lebih mudah berkonsentrasi, kan? 

Baca Juga: Manfaat Jika Kita Akrab dengan Buku, Apa Saja Ya?

Sebaiknya Mendengar Musik Apa?

Sahabat KKPK sudah tahu kan musik yang paling sering dibilang bagus untuk menemani kita belajar? Ya, betul musik klasik. Jenis musik yang satu ini bisa memperkuat ingatan. Nah jika kamu harus menghafal sesuatu, sebaiknya sambil mendengarkan musik klasik ya.

Selain musik klasik, musik instrumental juga bisa jadi teman setia saat belajar.  Pasalnya musik instrumen dapat memberikan pengaruh positif untuk pikiran alam bawah sadar kita. Tak hanya itu, musik instrumen juga bisa merangsang daya nalar seseorang lo.

Sahabat KKPK pernah mendengarkan musik alam? Musik yang satu ini bisa membuat rasa lelah, stres, dan tertekan berkurang lo.  Dengan mendengarkan musik alam, kamu akan merasa lebih lepas dan tenang saat belajar.

Baca Juga: Perpustakaan Tertinggi di Dunia Ternyata Punya Indonesia Lo!

Itulah beberapa jenis musik yang bisa kamu dengarkan saat belajar. Yuk kita coba mendengarkannya Sahabat KKPK.