Jangan Langsung Panik Kalau Ada Gempa, Lebih Baik Lakukan Ini

cara menyelamatkan diri saat gempa bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (Unsplash)

Jumat, 2 Agustus 2019 terjadi gempa besar kembali terjadi di Indonesia. Gempa berkekuatan 7,4 terjadi di 147 kilometer barat daya Sumur, Banten. Meskipun berpusat di Banten, getaran gempa terasa juga di daerah lainnya, seperti Jakarta dan Jawa Barat, bahkan sampai ke Jawa Tengah. Apakah kamu merasakannya juga?

Sahabat KKPK, bencana gempa bumi memang sering terjadi di Indonesia. Sebelum gempa di Banten beberapa waktu lalu, gempa juga sempat terjadi di beberapa wilayah. Saat terjadi gempa sebaiknya Sahabat KKPK jangan panik. Lalu, apa yang harus kamu lakukan?

Berikut beberapa tipsnya.

Baca Juga: Kegiatan Liburan Seru Buat di Rumah, Ini 5 Rekomendasinya

1. Jangan Berlari Saat Masih Gempa

Getaran gempa bisa membuat banyak orang panik. Nah saat kepanikan melanda, biasanya hal pertama yang terlintas di pikiran adalah lari untuk menyelamatkan diri. Namun tahukah Sahabat KKPK, lari saat gempa berlangsung justru bahaya lo.

Memang betul kita harus menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi, tapi bukan berarti harus berlari. Ingat kuncinya, jangan panik. Pasalnya, ketika panik dan langsung lari tubuh kita tidak terlindungi apapun, takutnya kamu malah tertimpa reruntuhan atau benda lainnya.

2. Berlutut atau Jongkok di Bawah Meja

Sahabat KKPK harus tetap tenang saat terjadi gempa bumi. Jika di sekitarmu ada meja yang kokoh, maka berlutut atau berjongkok lah di bawah meja tersebut untuk melindungi tubuhmu. Dengan begitu, kamu akan lebih aman seumpanya ada tembok yang roboh atau barang-barang yang jatuh.

Lalu bagaimana jika tidak ada meja yang kokoh untuk berlindung? Tenang, kamu bisa menyelamatkan diri dengan cara diam di sudut tembok. Diam di sudut tembok akan membuatmu lebih aman dari reruntuhan tembok itu sendiri.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Film Animasi Seru yang Sarat Pesan Moral

3. Lindungi Kepala dengan Bantal

Cara lain untuk menyelamatkan diri saat gempa terjadi adalah melindungi kepala dengan bantal. Jika sudah melindungi kepala dengan bantal, maka kamu boleh berjalan ke luar rumah. Dengan begitu, tentu lebih aman, bukan?

Jika reruntuhan bangunan atau benda lain jatuh mengenai bantal, maka rasa sakit saat tertimpa pun akan berkurang sebab bantal teksturnya empuk. Jangan lupa untuk berlindung di balik bantal yang tebal ya Sahabat KKPK.

4. Cari Tempat Terbuka

Gempa bumi adalah bencana alam yang tidak bisa diprediksi. Pada dasarnya bencana ini tidak berbahaya. Nah yang berbahaya adalah bangunan yang roboh saat gempa, karena bisa menimpa kita dan menyebabkan luka.

Oleh sebab itu, jika menyelamatkan diri saat gempa terjadi, maka cari tanah yang luas seperti lapangan. Hindari berada di bawah bangunan. Jika kamu sedang berada di dalam kendaraan, hindari berada di bawah tiang listrik, pohon, atau gedung tinggi.

Baca Juga: Yuk Baca Buku dengan Posisi Tubuh yang Benar, Begini Caranya

Sekarang Sahabat KKPK sudah tahu kan cara menyelamatkan diri saat gempa terjadi. Ingat, jangan panik ya! Beri tahu juga teman-teman kamu tentang ini.