Alasan Kenapa Tidak Boleh Pilih-pilih Teman

alasan kenapa tidak boleh pilih-pilih teman
Ilustrasi Pertemanan (Unsplash)

Siapa sih yang tak ingin punya teman dengan hobi dan kesukaan sama? Punya teman seperti itu memang menyenangkan, tapi jangan sampai Sahabat KKPK jadi orang yang suka pilih-pilih teman ya. Kamu harus menyadari bahwa setiap orang punya hobi dan kesukaan yang berbeda-beda.

Dari pada Sahabat KKPK membatasi pertemanan, lebih baik berteman dengan siapa saja tanpa pandang bulu. Percaya deh, semakin banyak teman, maka akan semakin banyak juga peluang positif yang bisa kamu dapatkan.

Contohnya kamu bisa mendapatkan informasi lomba atau beasiswa dari teman kamu, sehingga kamu pun bisa ikut lomba atau seleksi beasiswanya. Selain itu, banyak juga informasi berharga yang bisa kamu dapatkan dengan memperbanyak teman.

Nah berikut ini alasan-alasan kenapa kamu tidak boleh pilih-pilih teman.

Baca Juga: Pesan Moral Film Toy Story 4 yang Bisa Kamu Pelajari

1. Makhluk Sosial yang Perlu Bantuan Orang Lain

Sahabat KKPK, manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Manusia pasti selalu membutuhkan kehadiran dan bantuan keluarga atau teman-temannya. Memiliki banyak teman akan membuat hidup kamu lebih mudah.

2. Setiap Orang Punya Karakter Berbeda

Mencari teman dengan karakter yang sama boleh-boleh saja. Nah yang tidak boleh adalah membeda-bedakan orang lain hanya karena karakternya tidak sama dengan kita. Jika kamu merasa tidak cocok dengan karakter seseorang, maka cobalah untuk mengerti dan menerimanya.

Baca Juga: Orang Tua dan Anak, Kenapa Anak Harus Terbuka Pada Orang Tua?

3. Tidak Boleh Menghakimi Orang Lain

Apakah Sahabat KKPK pernah menjauhi teman karena sikapnya menyebalkan atau kamu merasa sifatnya buruk? Hati-hati, jangan melakukan hal ini ya. Ingat, tidak ada manusia yang sempurna. Setiap orang pasti punya kebaikan dan keburukan masing-masing.

4. Waspada Bukan Berarti Pilih-pilih

Sahabat KKPK, tentu saja kita harus waspada dalam pertemanan agar tidak terbawa arus pergaulan negatif. Namun, kamu harus tahu bahwa waspada dan pilih-pilih teman itu berbeda. Waspada berarti kita harus pandai melihat situasi dan melindungi diri kita dari pengaruh negatif. Ingat, waspada bukan berarti membatasi pergaulan.

Baca Juga: Kegiatan Liburan Seru Buat di Rumah, Ini 5 Rekomendasinya