Suka Baca Buku? Cara Menjaga Kesehatan Mata Harus Kamu Tahu!

cara menjaga kesehatan mata
Ilustrasi Cara Menjaga Kesehatan Mata (Unsplash)

Sahabat KKPK pasti suka membaca buku, kan? Tahukah Sahabat KKPK, ternyata ada penelitian yang menunjukkan bahwa membaca buku bisa membuat mata kamu minus lo. Oleh sebab itu, kamu harus tahu cara menjaga kesehatan mata agar matamu selalu nyaman saat digunakan untuk membaca.

Membaca buku bisa membuat mata minus, kenapa? Pasalnya, saat membaca kita meletakkan suatu objek di depan mata kita. Nah jika kita membaca dalam waktu yang lama dan objek bacaan terlalu dekat dengan mata, maka si mata akan menegang. Akibatnya, risiko mata minus akan lebih tinggi.

Lalu, bagaimana caranya menjaga kesehatan mata? Simak tips berikut ini ya.

Baca Juga: Yuk Baca Buku dengan Posisi Tubuh yang Benar, Begini Caranya

1. Jangan Menatap Layar atau Membaca Buku Terlalu Lama

Bermain game, menonton video, atau berselancar di dunia maya memang menyenangkan, tapi jangan menatap layar televisi,  komputer atau smartphone terlalu lama ya. Kamu harus membatasinya, karena kegiatan ini dapat menyebabkan mata lelah.

Nah, begitu juga dengan membaca buku. Jika kamu sudah terlalu lama menatap layar atau membaca buku, maka sesekali alihkan lah pandangan mata kamu. Sebaiknya alihkan pandangan mata sejauh 6 kilometer setiap 20 menit sekali.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Menjaga kesehatan mata bisa bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan bergizi. Utamakan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E, zinc, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3. 

Nah, nutrisi yang disebutkan di atas bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi berbagai jenis sayuran seperti wortel yang kaya akan beta karoten, sayuran hijau, tuna, salmon, telur, susu, dan buah-buahan. Makanan sehat favorit kamu apa?

Baca Juga: Kamu Harus Tahu Manfaat ke Perpustakaan, Banyak Banget!

3. Jangan Membaca Buku di Ruangan Bercahaya Redup

Kamu suka membaca buku di ruangan yang bercahaya redup? Sebaiknya dihindari ya, karena lampu yang redup bisa menyebabkan ketegangan di area mata. Kamu pasti merasa kan saat membaca di ruangan yang redup matamu lebih mudah lelah?

Sebaiknya cari ruangan yang terang. Namun jangan terlalu terang juga, karena efeknya sama seperti membaca di ruangan yang bercahaya redup. Pastikan pencahayaan di ruangan tempatmu membaca membuat mata kamu nyaman dan rileks.

4. Gunakan Mentimun Sebagai Masker Mata

Sahabat KKPK pasti tahu dong soal mentimun yang punya banyak kandungan air alami. Ternyata kandungan air alaminya bisa membuat mata lebih rileks lo. Kamu tinggal menggunakan mentimun sebagai masker mata.

Caranya, taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata. Rasakan, matamu pasti lebih rileks. Taruh mentimun di atas kelopak mata selama 10 sampai 15 menit. Lakukan hal ini sebelum tidur.

Sekarang kamu sudah tahu beberapa cara mudah untuk menjaga kesehatan mata. Nah supaya lebih terjaga kesehatannya, jangan lupa untuk memeriksakan mata ke dokter secara rutin ya.

Baca Juga: Susah Bangun Pagi? Cara Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Giat