Yuk Baca Buku dengan Posisi Tubuh yang Benar, Begini Caranya

posisi tubuh saat membaca buku
Ilustrasi (Unsplash)

Bagi Sahabat KKPK, membaca buku pasti masuk dalam daftar kegiatan yang menyenangkan. Pasalnya, kegiatan yang satu ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan. Selain itu, membaca buku juga bisa jadi sumber inspirasi kalau kamu hendak menulis.

Tahukah Sahabat KKPK, membaca buku akan semakin menyenangkan lo kalau sambil menjaga posisi tubuh yang benar. Membaca dengan posisi tubuh yang benar akan memperlancar aliran darah ke otak. Hasilnya, konsentrasi dan fokus ketika membaca pun akan lebih baik.

Lalu bagaimana posisi tubuh yang benar ketika membaca?

Baca Juga: Kenali Cara Belajar Dirimu, Kamu yang Mana?

1. Luruskan Posisi Punggung

Hal pertama yang harus diperhatikan saat membaca buku adalah posisi punggung. Pastikan posisi punggung kamu lurus atau tegak. Jangan bungkuk atau terlalu ke belakang supaya tidak mudah lelah saat membaca buku.

2. Duduk dengan Posisi Tegak

Jangan membaca sambil tiduran atau tengkurap. Namun membaca lah dengan posisi duduk tegak. Jangan miring ke kanan atau ke kiri. Ingat, kamu sedang dalam masa pertumbuhan, posisi duduk yang salah, nantinya akan berpengaruh terhadap postur tubuhmu.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu Manfaat ke Perpustakaan, Banyak Banget!

3. Jaga Jarak Pandangan Mata

Nah selain memperhatikan posisi punggung dan duduk, hal lainnya yang harus diperhatikan saat membaca buku adalah jarak mata ke buku. Matamu jangan sampai terlalu dekat atau jauh ke buku yang yang sedang dibaca. Jaga jarak amannya, yaitu sekitar 30 sampai 40 sentimeter.

4. Membaca di Tempat Terang

Sahabat KKPK, carilah tempat yang terang saat akan membaca buku. Jangan membaca di tempat yang cahayanya redup apalagi gelap. Membaca di tempat redup atau gelap akan membuat mata kamu cepat lelah.

Nah itulah cara-cara membaca buku dengan posisi tubuh yang benar. Mulai sekarang harus kamu biasakan ya!