Persiapan Masuk Sekolah, Jangan Sampai Melupakan Hal Ini

Liburan sudah selesai, yuk lakukan persiapan masuk sekolah!

persiapan masuk sekolah
Ilustrasi (Unsplash)

Wah tidak terasa ya Sahabat KKPK liburan panjang sudah selesai. Sebentar lagi kita akan masuk sekolah seperti biasa. Kamu sudah siap belum kembali belajar di sekolah?

Ada beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum kembali belajar di sekolah. Nah apa saja persiapan masuk sekolah? Baca terus artikelnya sampai selesai ya.

1. Alat-alat Tulis

Sebelum masuk sekolah sebaiknya kamu persiapkan alat-alat tulis yang akan kamu gunakan. Cek semuanya, mulai dari pensil, pulpen, penghapus, penggaris dan lain-lain. Apakah pensilmu masih tajam dan nyaman digunakan untuk menulis atau sudah tumpul?

Jangan lupa mengecek pulpen, apakah tintanya masih ada atau tidak. Pastikan alat tulis kamu lengkap semua. Kamu pasti tidak ingin hari pertama masuk sekolah harus pinjam alat tulis kepada teman, iya kan?

2. Cek Mata Pelajaran dan Buku

Membawa semua buku mata pelajaran ke sekolah pasti berat banget. Selain itu, juga bisa membuat tasmu mudah rusak karena harus membawa beban banyak. Oleh sebab itu, cek dulu jadwal mata pelajaran sebelum masuk sekolah.

Baca Juga: Manfaat Jika Kita Akrab dengan Buku, Apa Saja Ya?

Nah setelah cek jadwal mata pelajaran, siapkan buku yang sesuai mata pelajaran tersebut. Cek dulu, apakah bukunya masih kosong dan ada bagian yang masih bisa digunakan atau sudah penuh? Jangan sampai kamu bingung mau nulis di mana nantinya.  

3. Seragam Sekolah

Sahabat KKPK, seragam sekolah itu sangat penting, karena merupakan identitas siswa. Jadi sebelum kembali belajar di sekolah pastikan seragam kamu sudah dicuci bersih dan disetrika supaya tidak kusut ya.

Kamu harus belajar mencuci seragam dan menyetrikanya sendiri ya, jangan sampai merepotkan orang tua. Jika seragamnya sudah bersih dan rapi, siapkan di tempat yang mudah dijangkau olehmu. Jadi saat kamu siap-siap berangkat sekolah, tidak akan kebingungan mencari seragam.

4. Tas dan Sepatu Sekolah

Selain seragam, yang harus dipastikan kebersihannya adalah tas dan sepatu sekolah. Cek apakah sepatu dan tas kamu sudah dicuci atau belum? Siapkan juga tas di tempat yang mudah dijangkau.

Baca Juga: Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan

Jika sudah bersih, siapkan tali sepatunya dan pasangkan Jangan sampai kamu telat berangkat ke sekolah karena harus memasang tali sepatu dahulu. Memasang tali sepatu memakan waktu cukup lama bukan?

5. Kesehatan

Selain mempersiapkan alat tulis, buku, tas, dan sepatu sekolah, ada hal penting lainnya yang harus dipersiapkan. Ya betul, apalagi kalau bukan mempersiapkan kesehatan. Kamu pasti tidak ingin kembali belajar di sekolah dalam keadaan yang kurang sehat, kan?

Mempersiapkan kesehatan penting banget supaya kamu lebih fokus dan siap menerima pelajaran yang diberikan oleh ibu dan bapak guru di sekolah. Nah supaya kesehatan kamu terjaga, pastikan diri kamu makan dan istirahat yang cukup. Jangan tidur terlalu larut ya!

Selamat belajar di sekolah lagi!

Baca Juga: Apa Enaknya Sih Jadi Anak Homeschooling?