Level Turnamen Ice Skating Institute (ISI)

Level Turnamen Ice Skating Institute (ISI) yang Harus Dilalui Ice Skater

Level Turnamen Ice Skating Institute (ISI)

Level Turnamen Ice Skating Institute (ISI)
Ilustrasi Level Turnamen Ice Skating Institute (Cyber Info)

Sahabat KKPK masih ingat tentang Ice Skating Institute (ISI)? Itu lo perkumpulan dagang yang menaungi para pelaku industri ice skating. Seperti yang sudah diketahui, ISI sudah menghasilkan lebih dari 100 program tes untuk para ice skater di berbagai tingkat usia dan level. Maka tak heran, jika banyak rink ice skate yang menggunakan struktur tesnya ISI.

Memangnya apa saja sih struktur tes ISI pada tahap awal? Nah pada tahap awal, ice skater akan melewati level turnamen ice skating pre-alpha, alpha, beta, gamma, dan delta. Jika sudah lolos pada lima tahap ini, maka ice skater diperbolehkan belajar keterampilan ice skating lainnya yang lebih sulit.

1. Level Pre-alpha

Ini adalah level paling dasar dalam permainan olahraga ice skating. Pada level pre-alpha ice skater akan dinilai keterampilannya saat meluncur dengan dua kaki dan satu kaki, serta saat melakukan gerakan swizzle.

Gerakan swizzle dimulai dengan tumit yang saling bersentuhan. Kemudian membuka kaki dengan membentuk huruf V. Setelah membentuk huruf V, kaki didesak ke arah dalam. Swizzles paling baik dilakukan dengan lutut sedikit ditekuk.

Nah pada level pre-alpha, ice skater perlu tahu gerakan meluncur dengan dua kaki, meluncur dengan satu kaki, swizzle maju, dan swizzle mundur.

Baca Juga: Ice Skating Itu Asyik, Belajar Teknik Dasarnya Yuk!

2. Level Alpha

Setelah lolos level pre-alpha, level selanjutnya adalah level alpha. Pada level ini ice skater akan diuji keterampilannya dalam melakukan stroking dan crossover dengan teknik yang benar tanpa menggunakan mata pisau di sepatu ice skatingnya.

Stroking dimulai dengan posisi tubuh membentuk huruf T. Awali stroking dengan merapatkan kaki, kemudian tahan lutut dan engkel sebelum mendorong diri kamu untuk meluncur di atas rink ice skating. Saat meluncur pastikan dadamu tetap berada di depan atau tidak terlalu ke belakang.

Sementara itu, gerakan crossover dengan teknik yang benar diperlukan agar ice skater dapat melompat dengan baik saat beraksi di rink ice skating. Crossover merupakan gerakan mengitari rink ice skating dengan kaki ke luar dan ke dalam.

Adapun yang dinilai dalam level turnamen alpha, yaitu, forward stroking, forward crossover, dan one-foot snowplow stop.

3. Level Beta

Setelah menguasai forward stroking, forward crossover, dan T stop, seorang ice skater akan dilatih dan diuji keterampilannya dalam melakukan skating backward dan back crossover. Skating backward dan back crossover termasuk dalam level advance basic.

Baca Juga:Pakaian Ice Skating Buat Pemula, Apa Saja Sih?

Pada level ini gerakan yang diuji, yaitu backward stroking, backward crossover, serta left and right T stop.

4. Level Gamma

Setelah lolos tes pada level beta, ice skater akan menghadapi tes level gamma. Tes level gamma dilakukan ketika ice skater sudah mampu berbalik dengan anggun dari depan ke belakang dengan satu kaki, serta sudah mampu melakukan putaran Mohawk.

Jika sudah melakukan gerakan-gerakan di atas dengan teknik yang benar, maka ice skater dianggap sudah mampu belajar tingkat selanjutnya, yaitu melompat dan berputar. Nah apabila lolos level Gamma, artinya ice skater siap belajar gerakan ice skating yang lebih tinggi lagi tingkat kesulitannya, lebih menyenangkan, dan lebih menantang.

5. Level Delta

Tahukah Sahabat KKPK, biasanya tes pada level ini sangat menantang. Meskipun menantang, gerakannya tetap menyenangkan kok. Ada gerakan bunny hop, shoot-the-duck, and lunges. Ice skater yang lolos tes level delta harus mampu melakukan gerakan-gerakan yang tangkas dan cepat.

Adapun gerakan-gerakan yang diuji pada level ini, yaitu gerak ke kanan dan kiri yang mengarah ke depan, maju ke luar dan ke dalam, gerakan shot the duck atau lunge (gerakan satu kaki mengarah ke luar), dan gerakan lompatan kelinci.

Nah, sekarang Sahabat KKPK sudah tahu kan level turnamen ISI yang harus dilalui oleh seorang atlet ice skating? Bagaimana semakin tertarik buat belajar ice skating?

Baca Juga: Alina Zagitova, Atlet Ice Skating Rusia yang Jago Banget