Perpustakaan Tertinggi di Dunia Ternyata Punya Indonesia Lo!

perpustakaan tertinggi di dunia
Ilustrasi Perpustakaan (Unsplash)

Kamu pasti bangga nih Sahabat KKPK, soalnya salah satu perpustakaan tertinggi di dunia ternyata punya Indonesia lo. Hayo tebak perpustakaan mana? Ya tebakan kamu benar, perpustakaan punya Indonesia itu namanya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau biasa disingkat Perpusnas RI. Kamu sudah pernah berkunjung ke perpustakaan ini?

Perpusnas RI diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Oktober 2017 lalu. Fasilitas di perpustakaan ini tidak perlu dipertanyakan, pokoknya lengkap. Sebelum menyandang predikat perpustakaan tertinggi di dunia, dulunya perpustakaan ini hanya punya tiga lantai. Jarang sekali orang yang mau datang ke perpustakaan ini.

Baca Juga: Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan

Koleksi Buku di Perpusnas RI

Kini Perpusnas RI punya 24 lantai dengan 3 basement. Setiap lantainya mencerminkan koleksi buku yang ada. Lalu, koleksi buku di sini pun sangat beragam lo, jumlahnya mencapai jutaan koleksi. Perpusnas RI punya buku-buku lama sampai buku-buku koleksi umum, dari mulai kategori bahasa, novel, buku pelajaran, agama, dan masih banyak lagi deh.

Nah buat khusus buat pengunjung anak-anak seperti Sahabat KKPK, kamu bisa datang ke lantai 7 perpustakaan. Pasalnya, di lantai 7 kamu bakal menemukan berbagai macam koleksi buku anak yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Kamu juga dapat menikmati fasilitas ruang baca yang sangat nyaman di lantai ini. Kamu pasti suka deh!

Tak cuma koleksi buku, Perpusnas RI juga menyediakan koleksi lainnya seperti koleksi audiovisual, peta, hingga foto. Bagaimana, menarik kan?

Baca Juga: Manfaat Jika Kita Akrab dengan Buku, Apa Saja Ya?

Belajar Sejarah di Perpusnas RI

Meskipun bangunan Perpusnas RI terlihat sangat modern, bangunan perpustakaan kebanggaan Indonesia ini tetap mempertahankan nilai-nilai tradisional dan sejarah lo. Gedung lamanya tetap dipertahankan untuk mengenang berdirinya Perpusnas RI di masa lampau.

Tadi Rumah KKPK sudah menyebutkan bahwa koleksi di Perpusnas RI tak hanya buku, tetapi juga ada koleksi audiovisual, peta, hingga foto. Nah kalau ke sudut ke galeri seni, maka kamu akan melihat koleksi dokumenter sejarah Indonesia serta foto-foto pendiri bangsa Indonesia. Selain itu, ada juga dokumentasi kegiatan-kegiatan kenegaraan.

Nah jika kamu membaca buku di lantai paling atas, maka kamu bisa melihat dengan jelas indahnya kota Jakarta dari ketinggian lo. Sahabat KKPK tertarik? Perpusnas RI lokasinya ada di di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Yuk ajak ibu atau ayah kamu untuk mengantar kamu bermain di sini.

Baca Juga: Apa Enaknya Sih Jadi Anak Homeschooling?