Kamu Harus Tahu Manfaat ke Perpustakaan, Banyak Banget!

manfaat ke perpustakaan
Ilustrasi Perpustakaan (Unsplash)

Kamu setuju tidak, perpustakaan adalah tempat yang sangat banyak manfaatnya untuk pengunjung? Pasti setuju ya, tapi sayang sekali tempat ini kurang diminati kalau dibandingkan dengan mal atau tempat wisata lainnya. Oleh sebab itu, kamu harus tahu nih manfaat apa saja sih yang bisa diperoleh kalau rajin bermain ke perpustakaan.

1. Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Ketika berkunjung ke perpustakaan, otomatis akses Sahabat KKPK terhadap buku jadi tidak terbatas. Ada banyak buku yang bisa kamu baca. Kamu bebas membaca buku apa saja di sana yang sesuai dengan minat dan usiamu. Selain buku, biasanya perpustakaan juga menyediakan fasilitas audio visual. Jadi bagi kamu yang cara belajarnya auditori, tidak ada alasan untuk tidak berkunjung ke perpustakaan ya.

Dengan banyaknya buku yang bisa dibaca, maka pengetahuan dan wawasan kamu tidak hanya berasal dari satu sumber saja. Namun, dari berbagai sumber yang terpercaya. Nah kalau kamu tidak punya waktu untuk berlama-lama di perpustakaan, kamu juga bisa meminjam buku untuk dibawa pulang ke rumah kok. Sebagian perpustakaan bahkan ada menggratiskan pinjaman buku lo.

Pengetahuan dan wawasan yang luas pastinya bisa membuat kamu lebih percaya diri, Sahabat KKPK.

Baca Juga: Perpustakaan Tertinggi di Dunia Ternyata Punya Indonesia Lo!

2. Lebih Kreatif

Setelah membaca di perpustakaan, pengetahuan dan wawasan pun bertambah luas. Ketika pengetahuan dan wawasan tambah luas, otomatis kamu bakalan punya banyak referensi hal-hal baru. Oleh sebab itu, saat berkunjung ke perpustakaan sebaiknya kamu bawa alat-alat tulis ya agar ide kamu bisa langsung dituangkan dan tidak terlupakan.

Suasana perpustakaan yang hening juga bisa memancing ide muncul di kepalamu lo. Biasanya ide muncul saat kita sedang berada di suasana hening, setuju tidak? Makanya, perpustakaan cocok banget untuk kamu yang perlu kreativitas lebih banyak dan konsentrasi tinggi. 

3. Bisa Keliling Dunia

Pastinya kamu sering mendengar dong ungkapan ‘buku adalah jendela dunia’. Ungkapan ini memang benar banget. Dengan membaca buku di perpustakaan, misalnya buku-buku tentang jalan-jalan atau sejarah dunia, maka kamu akan mengetahui kejadian-kejadian apa saja sih yang pernah terjadi. Lalu, ada hal menarik apa saja sih di belahan bumi yang lain.

Baca Juga: Manfaat Jika Kita Akrab dengan Buku, Apa Saja Ya?

Kamu akan tahu semua hal itu tanpa harus ke negara lain. Cukup duduk manis sambil membaca, kemudian membayangkannya dalam pikiran dan hatimu. Bayangkan dirimu ada di tempat yang dikisahkan dalam buku. Menarik, bukan?

4. Nonton Gratis

Sahabat KKPK punya hobi nonton? Nah jika punya hobi ini, kamu tidak harus melulu datang ke bioskop kok. Pasalnya, tempat untuk nonton film-film seru banyak banget. Nah salah satunya perpustakaan.

Selain menghibur, nonton koleksi film di perpustakaan juga bisa menjadi wadah edukasi dan menambah wawasan lo. Beberapa perpustakan bahkan suka mengadakan acara nonton bareng, baik nonton film atau teater mini. Ada juga perpustakaan yang koleksi film dokumenternya bisa dipinjam, Gimana, seru banget kan?

5. Hemat Uang Jajan

Hayo kepikiran tidak, jika rajin main ke perpustakaan kamu bisa menghemat uang jajan yang dikasih orang tua. Bagaimana tidak hemat, perpustakaan kan tidak seperti di mal. Sahabat KKPK, bisa menikmati beragam fasilitas perpustakaan secara gratis.

Yuk, saatnya lebih rajin bermain ke perpustakaan!