manfaat ice skating

Selain Fun, Ternyata Manfaat Ice Skating Buat Kesehatan Banget!

manfaat ice skating
Ilustrasi Ice Skating (Unsplash)

Mengenal Manfaat Ice Skating

Permainan olahraga ice skating dikategorikan sebagai salah satu olahraga paling sulit di dunia. Soalnya, ice skating merupakan permainan gabungan antara antara olahraga dan seni pertunjukkan.

Seorang atlet ice skating tidak hanya dituntut untuk mahir berseluncur di atas rink dan melompat. Namun mereka juga dituntut untuk melompat dan melakukan gerakan dengan benar berdasarkan sains agar tidak jatuh atau pusing ketika berputar-putar.

Meskipun masuk dalam kategori  olahraga paling sulit di dunia, bermain ice skating itu tetap menyenangkan kok, baik bagi atlet ice skating profesional maupun pemain ice skating pemula. Selain itu, banyak juga manfaatnya untuk kesehatan fisik dan mental.

Berikut ini manfaat bermain ice skating yang perlu kamu ketahui.

1. Melatih Keseimbangan Badan

Sahabat KKPK sudah tahu kan, sepatu ice skating bukan sepatu olahraga biasa. Namun sepatu yang dilengkapi oleh mata pisau di bagian bawahnya. Mata pisau ini, tentu membuat penggunanya lebih sulit ketika berjalan di atas rink ice skating. Belum lagi, rink ice skating itu sangat licin, kan?

Baca Juga: Pakaian Ice Skating Buat Pemula, Apa Saja Sih?

Oleh sebab itu, mereka yang terbiasa bermain ice skating akan lebih mudah dalam menjaga keseimbangan badanhnya. Perlu kamu ingat, keseimbangan badan penting lo untuk dilatih supaya kamu tidak mudah jatuh atau cedera ketika melakukan sesuatu.

2. Melatih Kekuatan Otot Kaki

Permainan olahraga ice skating akan fokus pada badan bagian bawah. Otot kaki harus bekerja lebih keras dari otot lainnya, karena harus menjaga keseimbangan badan ketika meluncur, bergerak, dan melompat di atas rink.

Oleh sebab itu, ice skating bisa menguatkan otot-otot kakimu jika latihan secara rutin. Nah, spakah kamu sudah mulai berlatih ice skating secara rutin? Seberapa sering sih otot-otot kakimu dilatih di atas permukaan es?

3. Membuat Sendi Lebih Fleksibel

Pemain figure ice skating alias seluncur indah pastinya tidak hanya melakukan lompatan atau putaran di atas rink es, tetapi juga melakukan macam-macam gerakan badan yang lentur dan anggun.

Melakukan gerakan yang lentur di atas rink es yang dingin, ditambah mengenakan sepatu bermata pisau tentu sangat tidak mudah. Namun di balik semua kesulitan permainan olahraga ice skating itu, akan selalu ada manfaat yang bisa dipetik. Misalnya, meningkatkan fleksibilatas sendi. 

Baca Juga: Hal-Hal Menarik Tentang Figure Ice Skating, Apa Saja Ya?

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meskipun olahraga di atas permukaan es yang dingin, permainan olahraga ice skating memicu pengeluaran keringat kok. Dengan catatan, kamu harus melakukan teknik gerakan dengan benar, bisa?

Sama seperti olahraga lain, bermain ice skating pada prinsipnya membakar kalori sehingga menyebabkan keringat keluar. Melakukan ice skating ibarat melakukan senam aerobic. Ice skating juga termasuk olahraga kardio yang sangat baik untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung.

5. Meningkatkan Mood Baik

Rekreasi tidak harus ke tempat wisata, bermain ice skating juga bisa disebut rekreasi lo. Soalnya ice skating adalah olahraga yang menyenangkan apalagi jika bermain bersama teman-teman atau keluarga kesayangan kamu.

Bermain ice skating juga bakal tambah menyenangkan jika dilakukan di area outdoor. Soalnya pemain ice skating bisa menikmati keindahan alam yang ada di sekitar rink. Dengan demikian, mood pemain ice skating pun akan terjaga, kan?

Baca Juga: Ice Skating Itu Asyik, Belajar Teknik Dasarnya Yuk!