Hal-Hal Menarik Tentang Figure Ice Skating, Apa Saja Ya?

fakta menarik figure ice skating
Ilustrasi Figure Ice Skating (Unsplash)

Buat sebagian orang, berseluncur dan menari di atas rink ice skating kelihatannya mudah-mudah saja ya. Selain berseluncur dan menari, pemain ice skating juga suka melompat-lompat dengan lincahnya. Mereka menunjukkan berbagai gerakan ice skating yang sangat indah dan memukau.

Tahukah Sahabat KKPK, permainan olahraga ice skating yang menunjukkan berbagai gerakan ice skating yang sangat indah dan memukau itu namanya figure ice skating alias seluncur indah. Saat bermain seluncur indah, atlet ice skating akan menunjukkan kemahirannya di atas rink.

Permainan olahraga seluncur indah merupakan gabungan antara olahraga dan seni. Soalnya seluncur indah sangat erat kaitannya dengan seni pertunjukkan. Selain itu, masih banyak lagi hal-hal menarik lainnya tentang seluncur indah lo. Simak yuk apa saja.

BACA JUGA: Alina Zagitova, Atlet Ice Skating Rusia yang Jago Banget

1. Punya Sistem Penilaian Rumit

Dalam kompetisi permainan olahraga ice skating, seorang atlet harus melakukan teknik wajib ice skating yang terdiri dari lompatan, putaran, dan berbagai gerak kaki. Jika si atlet gagal melakukan teknik wajib ini, maka nilainya akan dikurangi.

Lebih jauh lagi, juri dalam kompetisi permainan olahraga ice skating juga akan memberikan penilaian berdasarkan ketepatan blade. Mereka bahkan akan memperhatikan pola seluncur si atlet di rink ice skating. Cukup rumit, kan?

2. Punya Empat Nomor Perlombaan

Seluncur indah punya empat kategori lomba, yaitu single skating putra, single skating putri, skating berpasangan (satu putra dan satu putri), dan ice dance (satu putra dan satu putri). Masing-masing kategori punya penilaian masing-masing.

BACA JUGA: Pakaian Ice Skating Buat Pemula, Apa Saja Sih?

Namun penilaian yang paling umum di antaranya penilaian durasi bermain, komposisi gerakan dan kerumitannya, serta lagunya. Adapun gerakan-gerakan yang dinilai yaitu lompatan, gerakan kaki, dan sebagainya.

3. Olahraga Paling Sulit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, seluncur indah merupakan olahraga gabungan dengan seni pertunjukkan. Seorang atlet ice skating tidak boleh asal lompat. Setiap lompatan demi lompatan harus diperhatikan ketepatannya. 

Lompatan seorang atlet ice skating bisa dibilang mulus jika penempatan blade sepatu ice skating tepat dan dia mendarat dengan anggun. Tidak hanya lompatan, bahkan pola es bekas meluncur juga harus diperhatikan. Atlet ice skating dituntut untuk konsisten dalam berlatih keseimbangan, kelenturan, dan kekuatan badan.

BACA JUGA: Rink Ice Skating Paling Bagus di Dunia