Rekomendasi 3 Film Animasi Seru yang Sarat Pesan Moral

Masih ada sisa waktu liburan yang bisa kamu gunakan untuk nonton film animasi seru. Jangan salah, nonton film banyak manfaatnya lo. Selain untuk sarana hiburan dan meredakan stres, nonton film juga bisa melatih kemampuan berpikir.

Ketika nonton film kita akan memperhatikan, mengingat, dan menggunakan nalar untuk memahami jalan ceritanya. Film juga bisa memberi pembelajaran tentang kehidupan, apalagi kalau pesan yang disampaikan oleh film sarat dengan pesan moral.

Sahabat KKPK ingin tahu rekomendasi 3 film animasi seru yang sarat dengan pesan moral? Simak artikel ini sampai akhir ya!

BACA JUGA: KEGIATAN LIBURAN SERU BUAT DI RUMAH, INI 5 REKOMENDASINYA

1. The Secret Life of Pets 2

Film The Secret Life of Pets 2 baru saja tayang di bioskop bulan Juni 2019. Film ini menceritakan kehidupan anjing peliharaan bernama Max (Patton Oswalt) yang berubah setelah majikannya menikah lalu punya anak bernama Liam. Tak hanya bercerita soal Max, The Secret Life of Pets 2 juga bercerita tentang teman-teman Max sesama hewan peliharaan. Max dan teman-temannya sama-sama menghadapi tantangan yang menguji keberanian masing-masing.

Awalnya Max cemas karena dia merasa perhatian sang majikan beralih kepada anaknya, Liam. Namun, lambat laun Max dapat menerima hal tersebut. Kemudian saat Liam tumbuh, Max justru merasa harus menjaga Liam dari dunia yang penuh dengan hal berbahaya. Nah, dari sinilah kecemasan Max semakin menjadi-jadi. Anjing ini berubah menjadi hewan peliharaan yang sering cemas dan penakut.

Singkat cerita, Max pun bertemu dengan sosok Rooster (Harrison Ford) saat diajak majikannya berlibur ke rumah sang paman di wilayah peternakan. Rooster adalah anjing penjaga peternakan yang punya pemikiran berbeda soal menghadapi ketakutan dan tantangan hidup. Kemudian, dari Rooster lah Max belajar untuk menjadi sosok yang pemberani.

Pesan moral di dalam film ini bisa dibilang mudah dicerna, yaitu tentang mengubah rasa takut menjadi keberanian. Ya, hadirnya perasaan takut dan cemas di dalam diri kita memang wajar. Namun, kita punya pilihan untuk membiarkannya dan bersembunyi atau menghadapinya dengan berani.

BACA JUGA: 5 REKOMENDASI FILM ANAK INDONESIA

2. Wreck It Ralph 2: Ralph Breaks The Internet

Film Wreck It Ralph 2: Ralph Breaks The Internet tayang di bioskop Indonesia bulan November 2018 lalu. Masih sama dengan film pertama, Wreck It Ralph 2 bercerita tentang petualangan Ralph (John Reilly) dan Vanellope (Sarah Silverman) sebagai karakter dalam video game arcade.

Sering tampil sebagai pemenang dalam game Sugar Rush membuat Vanellope merasa bosan. Ralph pun berusaha menghibur Vanellope dengan masuk diam-diam ke dalam game untuk membuka jalur baru bagi sahabatnya. Usaha Ralph disambut dengan ceria oleh Vanellope. Namun sayang, apa yang terjadi di dalam game tak sejalan dengan keinginan pemain game asli sehingga kemudi game Sugar Rush lepas.

Lepasnya kemudi game Sugar Rush membawa Ralph dan  Vanellope berpetualang di dunia internet. Nah di dunia internet ini, Vanellope bertemu dengan Shank (Gal Gadot) yang kemudian menjadi idolanya. Pertemuannya dengan Shank membuat Vanellope lupa akan tujuan utamanya mencari kemudi game Sugar Rush. Dia malah ingin bergabung dengan Shank dalam sebuah game balap liar yang bernama Slaughter Race.

Singkat cerita, Ralph merasa cemburu dengan hal tersebut, Ralph pun berusaha merusak Slaughter Race dengan virus. Ralph tak menyadari hal ini berdampak buruk bagi Vanellope yang bukan karakter asli dari game, karena dikuasai rasa khawatir dan cemburu.

Petualangan Ralph dan Vanellope mengajarkan kita untuk percaya dan setia kepada sahabat. Selalu ada untuk sahabat dalam keadaan senang dan sedih. Selain itu, konflik dalam film ini berpesan kepada kita supaya tulus dan tidak egois ketika menjalin sebuah persahabatan. Sahabat harus saling mendukung satu sama lain dalam mengejar cita-cita meskipun hal itu membuat kita dan sahabat terpisah jarak.

BACA JUGA: 5 KARAKTER ANAK AJAIB DI FILM CHARLIE AND THE CHOCOLATE FACTORY

3. Coco

Film Coco bercerita tentang anak laki-laki berusia 12 tahun bernama Miguel (Anthony Gonzalez) yang punya cita-cita jadi musisi. Miguel terinspirasi dari legenda musik, Ernesto de la Cruz (Benjamin Bratt) yang datang dari Santa Cecilia . Namun sayang, keluarga Miguel melarang musik akibat kakek buyutnya meninggalkan keluarga demi mengejar ambisi jadi musisi kelas dunia.

Singkat cerita, Miguel akhirnya punya kesempatan untuk mengejar cita-citanya jadi seorang musisi. Awalnya, Miguel mencuri mencuri gitar milik idolanya. Kemudian, dia terdampar ke Land of the Dead. Miguel pun menjalani petualangan menarik yang tak terlupakan di Land of the Dead.

Coco merupakan salah satu film animasi yang wajib kamu tonton, karena sarat akan pesan moral. Kamu tak akan rugi kalau menonton film yang satu ini. Film Coco sarat akan pesan moral, mulai dari pentingnya arti keluarga, pentingnya dukungan keluarga, sampai pentingnya mengejar cita-cita. Pesan-pesan dalam film ini pun dikemas dalam sebuah animasi yang mengagumkan.

Jadi, film mana dulu nih yang akan Sahabat KKPK tonton?