Orang Tua dan Anak, Kenapa Anak Harus Terbuka Pada Orang Tua?

Bahas tentang hubungan orang tua dan anak yuk!

Siapa di sini yang suka curhat kepada teman-teman? Beberapa di antara kita mungkin lebih suka curhat atau cerita apapun kepada teman-teman ya dengan alasan lebih nyaman. Kalau sama orang tua sendiri, kadang-kadang kita malu, kan? Namun tahukah kamu, curhat atau cerita apapun kepada orang tua ternyata lebih disarankan daripada kepada teman-teman, karena bisa mempererat hubungan orang tua dan anak.

Terbuka kepada orang tua bisa dimulai dengan selalu minta izin ketika Sahabat KKPK akan kerja kelompok atau main dengan teman-teman ke luar rumah. Jangan ragu untuk bercerita kalau kamu menghadapi suatu masalah, dan berani lah mengemukakan pendapat tentang apa yang kamu inginkan. Lalu, kenapa ya kita harus terbuka kepada orang tua?

BACA JUGA: MANFAAT MENULIS DIARY TERNYATA BANYAK!

1. Orang Tua Selalu Berharap Anaknya Terbuka

Meskipun tidak pernah mengatakannya secara langsung, orang tua kita pasti berharap anaknya selalu terbuka. Mereka tidak ingin kita berbohong atau menutup-nutupi sesuatu dari mereka. Mereka pasti berharap bisa menjadi tempat curhat atau cerita yang nyaman bagi anaknya. Mereka pun pasti mendengarkan saat anaknya terbuka.

2. Orang Tua Layak Tahu Segala Hal tentang Anaknya

Kita ada di dunia ini karena orang tua. Mereka lah yang membesarkan kita tanpa lelah dan tanpa pamrih. Mereka juga lah yang menjaga kita, bahkan saat kita belum lahir ke dunia ini. Oleh sebab itu, rasanya tidak berlebihan kalau orang tua layak tahu segala hal tentang anaknya. Jangan main rahasia-rahasiaan dengan orang tua kita ya, mereka layak tahu apa yang kita alami dan rasakan.

BACA JUGA: APA ENAKNYA SIH JADI ANAK HOMESCHOOLING?

3. Orang Tua Mencintai Anaknya dengan Tulus

Orang tua pasti selalu mencintai anaknya dengan tulus. Ya, inilah alasan kuat kenapa kita lebih baik terbuka kepada orang tua daripada teman. Bagaimanapun keadaan kita dan apapun masalah yang kita hadapi, orang tua akan selalu menerima kita apa adanya. Meskipun mereka suka marah-marah saat kita bermasalah, percaya lah bahwa itu demi kebaikan kita dan mereka sangat tulus menyayangi anaknya.

4. Orang Tua Bertanggung Jawab Atas Anaknya

Seandainya terjadi sesuatu yang buruk kepadamu, siapa yang akan bertanggung jawab? Jawabannya tentu saja orang tua kita. Oleh sebab itu, kalau ada masalah jangan menyimpan rahasia dari orang tua ya. Terbuka lah kepada mereka, karena mereka adalah orang yang akan berusaha paling keras dalam menyelamatkan diri kita dari masalah.

BACA JUGA: KEUNTUNGAN BUKU DITERBITKAN OLEH PENERBIT BESAR, APA SAJA SIH?

Nah Sahabat KKPK sudah tahu kan kenapa kita harus terbuka kepada orang tua? Yuk mulai lebih terbuka kepada orang tua kita sendiri.