Apa Enaknya Sih Jadi Anak Homeschooling?

Selain belajar secara formal di sekolah, ada juga sistem pendidikan anak yang namanya homeschooling. Sahabat KKPK, pernah mendengar tentang homeschooling? Belajar dengan metode homeschooling bisa dibilang beda! Pasalnya, kamu tak perlu datang ke sekolah, tapi belajar secara mandiri di rumah bersama dengan pengajar kamu. Wah terdengar menarik, ya?

Dengan homeschooling, orang tua dan murid bisa menentukan sendiri lo metode pengajaran yang sesuai dengan kemampuan lo. Metode pengajaran juga bisa disesuaikan dengan minat, dan gaya belajar murid itu sendiri. Selain itu, murid juga akan mendapatkan perhatian penuh dari orang tua dan pengajar karena tak banyak murid yang harus diawasi oleh pengajar.

Meskipun begitu, baik belajar di sekolah formal maupun homeschooling punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah sekarang Rumah KKPK akan mengulas kelebihan homeschooling. Berikut tiga kelebihan homeschooling yang perlu kamu tahu.

BACA JUGA: CARA MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK, INI 5 HAL YANG HARUS DILAKUKAN

1. Waktu Belajar Lebih Fleksibel

Jika di sekolah formal, maka jam masuk dan keluar kelas sudah diatur sedemikian rupa. Sementara itu homeschooling lebih fleksibel. Misalnya, jika hari ini belajar selama 4 sampai 6 jam, hari esoknya bisa belajar lebih sebentar atau lebih lama. Lama belajar tergantung pada kesediaan dan kesiapan anak untuk belajar.

Dengan fleksibilitas waktu seperti itu, diharapkan anak tak akan menganggap belajar sebagai sesuatu yang membosankan, apalagi penuh aturan. Jika anak berada dalam kondisi sedia dan siap untuk belajar, maka kemungkinan pelajaran bisa diserap dengan baik pun lebih besar.

2. Orang Tua Bisa Memantau Perkembangan Anak Secara Langsung

Keuntungan lain dari homeschooling, yaitu lingkungan belajar yang aman. Seperti yang diketahui, pergaulan anak lebih rentan di sekolah formal. Pasalnya, anak jauh dari pengawasan orang tua secara langsung. Sedangkan pengawasan dari guru-guru di sekolah juga terbatas.

BACA JUGA: MANFAAT JIKA KITA AKRAB DENGAN BUKU, APA SAJA YA?

Dengan homeschooling, orang tua akan lebih mudah memantau perkembangan anaknya. Selain memantau perkembangan anak, orang tua juga bisa mengawasi pergaulan anak. Dengan begitu, diharapkan anak tidak terjebak pergaulan bebas dan terhindar dari aksi bullying yang sering membuat resah akhir-akhir ini.

3. Lebih Mudah Mengembakan Skill

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya bahwa metode pengajaran homeschooling bisa disesuaikan dengan kemampuan murid, minat, dan gaya belajar. Dengan begitu, anak-anak bisa lebih mudah dalam mengembangkan minat dan bakatnya.

Pengajar yang memberi perhatian penuh pada anak juga dapat menjadi pendorong dan penyemangat bagi anak untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Dengan fokus mengembangkan minat dan bakat diharapkan anak akan mendapatkan keterampilan atau soft skill yang berguna untuk mewujudkan cita-citanya.

Siapa di sini yang belajar dengan cara homeschooling?

BACA JUGA: ICE SKATING ITU ASYIK, BELAJAR TEKNIK DASARNYA YUK!