rumah kecil-kecil punya karya

Tips dan Trik Supaya Bukumu Diterbitkan KKPK, Begini Caranya!

Tips dan trik supaya buku kamu bisa diterbitkan oleh penerbit Kecil-kecil Punya Karya (KKPK).

Penulis mana sih yang tidak ingin bukunya diterbitkan? Semua penulis pasti ingin dong bukunya diterbitkan, apalagi jika diterbitkan oleh penerbit besar. Pasalnya, banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Nah untuk mewujudkan keinginan itu, tentu saja kamu perlu usaha ekstra. Tidak boleh asal-asalan dan harus disiplin. Seorang penulis pasti akan selalu dituntut kreativitasnya. Oleh sebab itu, jangan bermalas-malasan dalam melatih dan mengembangkan kreativitasmu ya.

Kali ini Rumah KKPK akan berbagi tips dan triknya nih supaya tulisan kamu bisa diterbitkan oleh KKPK. Berikut empat tips dan trik jitu yang bisa kamu ikuti.

BACA JUGA: KEUNTUNGAN BUKU DITERBITKAN OLEH PENERBIT BESAR, APA SAJA SIH?

1. Buat Ide yang Menarik

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat ide cerita yang menarik? Membuat ide cerita yang menarik memang tidak bisa dibilang mudah, tetapi juga tidak bisa dibilang sulit. Pasalnya, ide sering muncul dan lenyap secepat kilat, iya kan? Jika di kepala kamu terlintas suatu ide apapun itu, cepat-cepat lah menuliskannya. Jangan malas untuk menjabarkan ide tersebut ke dalam tulisan. Ingat, dalam proses kreatif perlu kemauan dan usaha keras.

Cara lain untuk melahirkan ide yang menarik yaitu dengan banyak membaca. Pasalnya, menulis dan membaca tidak bisa dipisahkan. Dengan membaca, wawasan dan pengetahuan kamu akan bertambah. Otomatis ide cerita pun akan semakin banyak, sebab ide bisa lahir dari gagasan orang lain. Selain itu, membaca juga bisa memperkaya kosa katamu. Jadi, saat kamu menjabarkan ide ke dalam tulisan akan terasa lebih mudah.

2. Bentuk Tokoh dengan Karakter Kuat

Setelah membuat ide yang menarik, jangan lupa untuk membentuk tokoh dalam cerita dengan karakter yang kuat. Tokoh dengan karakter yang kuat itu seperti apa sih? Tokoh dengan karakter yang kuat akan sangat melekat di benak pembaca. Selain itu, pembaca juga bisa menggambarkan dengan jelas si tokoh tersebut.

Tahukah Sahabat KKPK, tokoh ini punya peran yang sangat penting dalam sebuah cerita. Karakter tokoh harus dibuat dengan hati-hati, sebab kehadiran tokoh inilah yang akan membuat cerita terasa nyata. Nah untuk menciptakan tokoh, kamu bisa memulainya dengan menentukan nama. Setelah itu, kamu bisa menentukan umurnya, kegiatan atau pekerjaannya, hobinya, penampilan fisiknya, dan keunikannya.

BACA JUGA: MERCHANDISE EKSKLUSIF KKPK YANG WAJIB KAMU PUNYA!

3. Buat Alur Cerita yang Menarik

Selain ide dan tokoh, alur cerita alias plot juga berpengaruh besar atas sukses atau tidaknya sebuah cerita. Jika alurnya membosankan, maka pembaca tidak akan betah membaca ceritamu, walaupun ide ceritanya sudah menarik dan tokohnya punya karakter kuat. Sebaliknya, jika ide cerita atau tokohnya biasa saja tetapi alurnya menarik, maka cerita pun tidak akan membosankan. Lalu, bagaimana cara membuat alur cerita yang menarik?

Sahabat KKPK pasti tahu dong alur maju sebuah cerita yang susunannya terdiri dari pembukaan cerita dan perkenalan tokoh-tokohnya, konflik, puncak konflik, penyelesaian konflik, dan penutupan cerita. Nah alur cerita seperti ini cenderung mudah ditebak. Supaya alur cerita lebih menarik, kamu bisa menulis cerita dengan memulainya dari mana saja. Tidak harus memulainya dari pembukaan cerita dan perkenalan tokoh-tokohnya, tapi kamu bisa memulainya dari titik mana saja, entah itu penutupan cerita, konflik, puncak konflik, atau penyelesaian konflik.

4. Ikutan KKPK Berlangganan Selama 12 Bulan

Tahukah kamu, dengan mengikuti KKPK Berlangganan selama 12 bulan, maka kesempatan naskah kamu untuk diterbitkan menjadi buku KKPK semakin besar. Ayo kapan lagi buku kamu bisa diterbitkan oleh penerbit besar!

Mau tahu biaya KKPK Berlangganan? Yuk isi kuisionernya DISINI

BACA JUGA: TENTANG KKPK BERLANGGANAN