Manfaat Jika Kita Akrab dengan Buku, Apa Saja Ya?

Ayo mengupas manfaat jika akrab dengan buku. Apa saja ya manfaatnya? Yuk simak dalam artikel ini.

Siapa yang tidak tahu ungkapan buku adalah jendela dunia? Ungkapan ini memang benar adanya, karena buku menyediakan wawasan dan pengetahuan tentang dunia luar yang jauh dari jangkauan kita.

Mengingat hal itu, apakah Sahabat KKPK sudah cukup akrab dengan buku? Pasalnya, wawasan dan pengetahuan tentang dunia luar yang tertuang dalam buku hanya bisa diperoleh jika kita akrab dengan cara membacanya.

Selain memperluas wawasan dan pengetahuan tentang dunia luar, banyak manfaat lain yang bisa kita peroleh jika akrab dengan buku. Nah, berikut lima manfaat akrab dengan buku yang wajib diketahui.

BACA JUGA: MERCHANDISE EKSKLUSIF KKPK YANG WAJIB KAMU PUNYA!

1. Menambah Kosakata

Kita bisa menemukan kosakata yang belum pernah kita temui sebelumnya dengan membaca buku. Dengan menemukan kosakata baru itu, otomatis kita pun akan mempelajari maknanya. Semakin banyak membaca, maka semakin banyak pula kosakata yang dipelajari. Kosakata yang sudah dipelajari akan sangat berguna untuk membantu kita bicara dan mengekspresikan apa yang kita rasakan.

2. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Tahukah kamu, banyak membaca buku bisa menstimulasi kemampuan manusia dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Pasalnya dengan membaca buku, disadari atau tidak, kita didorong untuk menyimak berbagai gaya bahasa yang digunakan oleh penulis atau pengarang buku. Gaya bahasa tersebut mungkin saja mempengaruhi gaya bahasa kita dalam kehidupan sehari-hari.

3. Belajar Mengenal Konsep

Tidak diragukan lagi bahwa kemampuan berpikir kritis akan terlatih jika kita akrab dengan buku. Pasalnya, saat membaca buku otak kita tidak pasif, tapi bekerja keras untuk memahami informasi yang disajikan dalam bacaan. Saat membaca buku, kita dilatih untuk memahami rangkaian peristiwa dan jalan cerita yang disajikan, sehingga otak kita bisa menyimpulkan informasi yang ada.

4. Menumbuhkan Minat Baca

Tahukah kamu, apa yang membuat minat baca rendah? Rendahnya minat baca disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya kurang akrab dengan buku, kebiasaan membaca buku yang rendah, serta kurangnya bahan bacaan. Jika kamu sudah terbiasa membaca buku sejak dini, maka ketika tumbuh dewasa jam terbang membaca buku pun akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

5. Membuka Cakrawala Pengetahuan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, membaca buku bisa memperluas wawasan dan pengetahuan tentang dunia luar. Semakin banyak buku yang dibaca, biasanya kita akan semakin penasaran dan terdorong untuk menggali informasi lainnya yang lebih dalam. Maka tak heran, mereka yang akrab dengan buku wawasan dan pengetahuannya lebih luas daripada mereka yang tidak akrab dengan buku.

BACA JUGA: TENTANG KKPK BERLANGGANAN

Nah supaya akrab dengan buku, kamu bisa memulainya dengan ikut KKPK Berlangganan. KKPK Berlangganan merupakan wadah untuk membuat kamu lebih akrab dengan buku. Jika ikut KKPK Berlangganan, maka kamu akan mendapatkan buku-buku terbaru dari Rumah KKPK setiap bulannya. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi kekurangan bahan bacaan, kan?

Mau tahu biaya KKPK Berlangganan? Yuk isi kuisionernya DISINI

Leave a comment