April 8, 2019 by admin@kkpk 0 Comments

Fakta-Fakta Menarik Tentang Tembok Terpanjang di Dunia!

Halo, Sahabat KKPK! Di bumi ini, ada tembok yang panjangnya panjang banget. Saking panjangnya, tembok tersebut dinobatkan sebagai tembok terpanjang yang pernah ada. Tembok terpanjang ini adalah The Great Wall of China atau yang kini dikenala sebagai Tembok Besar Tingkok. Tembok tersebut terletak di wilayah Republik Rakyat Tiongkok.

Di balik megahnya Tembok Besar Tiongkok, ada fakta-fakta yang harus banget kamu ketahui. Ini fakta-faktanya!

  • Keajaiban Dunia
pinterest.com

Kemegahan Tembok Besar Tiongkok memang nggak bisa diragukan lagi. Tembok yang dibangun pada masa kekaisaran dinasti Ming ini panjangnnya 8.851, 8 km. Sebenarnya, panjang resmi tembok ini adalah 21.196,18 km dan tingginya 5-8 m. Karena kemegahannya, pada 1987 UNESCO mencatat tembok dalam Daftar Warisan Dunia dan juga sebagai salah satu keajaiban dunia abad pertengahan.

  • Berusia Ribuan Tahun
pinterest.com

Ngomong-ngomong soal usia, Tembok Besar Tiongkok sudah berdiri kurang lebih dari 2.300 tahun yang lalu. Tembok ini berdiri semenjak dinasti Zhou dinasti Qin, dinasti Han, dinasti Ming, dinasti Qing, dan sampai saat ini masih tetap berdiri.

  • Alasan Dibangunnya
pinterest.com

Tembok Besar Tiongkok dibangun sebagai bentuk pertahanan dinasti-dinasti Tiongkok zaman dulu buat bertahan dari serangan musuh. Selain itu juga untuk melindungi perdangan Jalur Sutra.

  • Makam Terpanjang di Dunia
pinterest.com

Selain mendapat julukan sebagai tembok terpanjang di dunia, Tembok Besar Tiongkok juga dijuluki sebagai makam terpanjang di dunia. Kenapa bisa? Pembangunan tembok ini melibatkan banyak orang, sekitar 10 juta orang dan banyak di antaranya yang disuruh secara paksa. Selama pembangunannya, ada sekitar 3 juta orang yang meninggal. Mangkannya disebut sebagai makam terpanjang.

Gimana, sekarang udah tahu kan fakta-fakta menarik Tembok Besar Tiongkok? Tembok ini pasti ada di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial atau Sejarah yang diajarkan di sekolah.

April 2, 2019 by admin@kkpk 0 Comments

Manfaat Belajar Masak Sejak Dini

Halo, Sahabat KKPK! Tahu nggak sih kalau belajar memasak itu bisa memberikan banyak manfaat buat kamu? Iya, memasak di dapur seperti yang orang tua kamu lakukan untuk menyiapkan makanan. Walaupun mungkin memasak kelihatannya sederahan, ternyata memasak bisa melatih diri kamu. Apalagi kalau kamu belajar memasak sejak dini. Ingat, kamu harus dalam pengawasan orang tua, ya!

Jadi, mau tahu nggak manfaat memasak? Nih, simak baik-baik ya.

  • Belajar mandiri

Melalu memasak, kamu akan terbiasa melakukan hal-hal sendiri. Seperti menyiapkan makanan sendiri, mencuci peralatan makan sendiri, dan lain-lainnya. Hal ini sangat baik buat kamu nanti saat dewasa. Kamu akan tumbuh menjadi orang yang mandiri.

  • Hidup sehat

Saat belajar memasak, kamu pasti akan tahu mana makanan yang sehat dan tidak sehat. Semakin sering kamu memasak makanan yang sehat, maka hal tersebut akan menjadi kebiasaan kamu. Iya, kamu jadi terbiasa makan-makanan sehat.

  • Sensitif terhadap rasa

Buat kamu yang cita-citanya pengen jadi seorang chef, pasti harus punya kemampuan untuk sensitif terhadap rasa makanan. Kalau kamu belajar memasak sejak dini, maka kemampuan kamu untuk sensitif terhadap rasa akan terus terasah.

  • Belajar teliti

Memasak bukanlah hal yang bisa dilakukan semabarangan. Kamu harus penuh ketelitian. Misalnya dalam memotong bahan makanan atau juga memperhatikan tahapan memasak. Semua kegiatan memasak pasti butuh ketelitian. Semakin sering kamu belajar memasak, semakin terlatih juga ketelitian kamu.

Tuh, kan, keren banget emang manfaat dari masak. Selain hal-hal yang udah disebutin di atas. Kamu juga bisa menciptakan resep kamu sendiri, loh!

Wah, keren kali ya punya resep sendiri dan kamu bisa menyebutnya sebagai resep rahasia! Ha ha ha.

Ngomong-ngomong soal resep rahasia, kamu harus tahu cerita tentang resep rahasia. Resep rahasia ini ada di komik KKPK berjudul Resep Rahasia Bunda. Kira-kira apa ya resep rahasianya? Pasti enak tuh.

Penasaran kan sama resep rahasianya? Kamu bisa dapetin bukunya di Mizan Store.

April 2, 2019 by admin@kkpk 0 Comments

Apakah Hobi Selfie Berbahaya?

Halo, Sahabat KKPK! Menurut kamu, apakah hobi selfie itu berbahaya? Iya, selfie, memfoto diri sendiri yang biasanya dilakukan menggunakan kamera depan smartphone. Banyak, loh, orang yang mempunyai hobi selfie dan lalu posting di media sosial; contohnya, Instagram. Tapi, apakah memiliki hobi selfie adalah perilaku yang normal?

Gimana ya kalau ternyata selfie lebih banyak berdampak buruk untuk diri kita? Kita simak dulu yuk pendapat orang mengenai selfie.

Menurut doktersehat.com, ada 4 bahaya psikologi yang disebabkan dari hobi ber-selife. Ini nih 4 bahaya psikologi dari suka ber-selfie.

  • Gangguan penyakit mental

Siapa sangka kalau keseringan ber-selfie bisa menimbulkan penyakit mental, tapi kenyatannya memang begitu. Orang yang suka ber-selfie pasti akan terobsesi dengan penampilannya sendiri dan dia tidak ingin ada hal yang kurang pada dirinya. Nah, ini sebabnya nggak sedikit orang yang suka terus-terusan ber-selfie sampai mereka mendapatkan hasil foto yang sempurna.

  • Krisis kepercayaan diri

Kebanyakan ber-selfie bisa membuat kamu terus merasa kurang. Maksud kurang disini adalah kamu merasa tidak percaya diri dengan penampilan kamu dan menganggap penampilan kamu selalu memiliki kekurangan. Nggak boleh gitu, ya. Jangan lupa bersyukur atas apa yang telah diberi tuhan!

  • Narsis

Bahaya paling utama dari kebanyakan berselfie adalah bisa membentuk kepribadian narsis. Tahu nggak narsis itu apa? Sederhananya, narsis atau narsistik adalah gangguan kepribadian merasa diri sangat penting dan intinya semua harus tentang kamu. Padahal orang yang memiliki kepribadian narsis itu sangat rapuh.

  • Kecanduan

Coba kamu perhatikan orang-orang yang suka selife. Ya, memang dimana-mana setidaknya mereka ber-selfie. Mereka kecanduan untuk memfoto dirinya sendiri. Selain itu, mereka juga pasti kecanduan bermain sosial media karena menunggu foto selfie-nya banyak disukai orang.

Serem kan bahaya dari selfie?

Tapi, ngomong-ngomong soal selfie, kamu bisa menjadikan hobi ber-selfie Maia dalam komik KKPK berjudul Cekrek-Cekrek Upload sebagai pelajaran. Maia adalah orang yang suka banget selfie. Dimana pun itu, apalagi saat melihat tempat bagus untuk berfoto, pasti Maia akan ber-selfie. Karena keseringan ber-selfie, Maia membuat banyak orang bingung. Semua orang di bus rombongannya bingung mencari Maia yang belum tiba di bus.

Ada apa dengan Maia, apa sesuatu terjadi padanya karena dia terlalu banyak ber-selfie?

Dari pada penasaran, mending kamu cek aja komik Cekrek-cekrek Upload. Kamu bisa dapetin komiknya di Mizan Store.