Bahaya Gadget yang Perlu Diwaspadai Orang Tua

Mungkin awalnya hanya lima menit lalu berlanjut satu jam, lama-lama anak jadi semakin susah lepas dari gadget. Kenapa sih waktu anak di depan layar baik itu menonton atau bermain game harus dikurangi? Ternyata ada bahaya yang perlu diwaspadai para orang tua.

  • Bahaya Kecanduan

Kecanduan gadget ternyata juga berhubungan dengan perubahan zat kimia yang ada dalam otak secara drastis. Saat anak merasakan kenikmatan dalam menonton Youtube atau bermain dengan gadgetnya, maka produksi hormon dophamine akan meningkat sehingga menyebabkan si anak sulit lepas dari gadgetnya.

  • Efek di Dunia Pendidikan

Saat anak mulai kecanduan gadget, efek sampingnya pun mulai bermunculan. Dalam dunia pendidikan; minat baca dan belajar anak akan menurun, koordinasi mata dan tangan melemah, daya konsentrasi semakin pendek, dan kreativitasnya tidak terbangun.

  • Efek Bagi Kesehatan

Saat fokus pada layar dalam jangka waktu yang lama, tentu anak akan terpapar sinar radiasi yang berefek buruk bagi kesehatan mata. Tidur anak pun akan terganggu karena lebih memilih berlama-lama bermain dengan gadgetnya. Selain itu bahaya obesitas pun mengintai, saat anak lebih senang makan sambil menonton tanpa adanya aktifitas fisik di luar rumah.

  • Efek Sosial dan Emosional

Mungkin kita sebagai orang dewasa sudah tidak asing lagi, saat melihat anak yang malas mencoba hal-hal baru dan menantang. Ingin sesuatu serba mudah dan isntant. Itulah salah satu efek buruk kecanduan screen time, yakni daya juang semakin rendah, kemampuan komunikasi lemah, emosi tak tekendali dan yang paling parah adalah timbulnya perilaku menyimpang.

Pasti para orang tua tidak ingin efek buruk tersebut terjadi pada anak-anaknya, oleh karena itu penting peran orang tua untuk dapat mengalihkan kecanduan gadget pada anak. Salah satu caranya adalah meningkatkan minat literasinya, dengan banyak mengenalkan buku-buku yang bermanfaat.

Jika masih sulit memilih buku yang anak sukai, coba cari tahu apa yang dia tonton dari Youtube. Jika suka menonton channel Zara Cute pasti anak tidak akan menolak diberikan Komik KKPK Little Youtuber Diary karya Zara. Bukunya bisa didapat di mizanstore dan shopee sekarang, mumpung masih harga pre order.

Semangat, mendampingi anak membaca ya!

Leave a comment