4 Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Youtube pada Anak

Semakin mudah akses orangtua terhadap Youtube, maka semakin besar kesempatan anak terpapar gadget. Kini, sudah menjadi hal wajar saat anak bahkan yang masih bayi diberikan “pil penenang” agar tidak mudah rewel dengan diberikan tontonan Youtube. Tapi, pasti para orangtua pun merasa khawatir dengan efek buruk kecanduan Youtube yang sudah banyak dirasakan anak-anak. Bagaimana cara mengatasinya?

  • Batasi Waktu Penggunaan Gadget

Dari awal memberikan gadget pada anak, para orangtua harus mempunyai kontrol terhadap waktu pemakaiannya. Untuk anak yang masih balita terus beri tahukan secara langsung bahwa anak hanya punya waktu menonton maksimal 60 menit. Meski belum mengerti, anak akan merasa bahwa menonton Youtube adalah hal mewah yang tidak bisa dia minta sepanjang hari.

  • Perbanyak Waktu Bersama Anak

Anak akan selalu jadi peniru ulung. Maka, sebagai orangtua kita harus bisa menjadi panutan yang baik bagi mereka. Saat melarang anak menonton Youtube tentu kita pun harus menyingkirkan gadget dari genggaman. Ajak anak melakukan kegiatan bersama yang tak kalah seru dan menyenangkan. Anak akan lebih mudah dibujuk saat kita punya banyak pilihan kegiatan lain.


www.thestatesman.com
  • Membuat Kontrak Kesepakatan

Untuk anak yang sudah memasuki usia sekolah, kita sudah bisa bernegosiasi dengan membuat kontrak kesepakatan bersama. Tentu disesuaikan dengan usianya, jika masih TK bisa memulai “kontrak” dengan permainan stiker, koin, atau tiket bergambar kartun favorit anak. Beritahukan bahwa anak hanya punya 6 stiker, 1 stiker bernilai 10 menit nonton Youtube atau acara favoritnya.

Untuk yang lebih besar dan sudah bisa menggunakan gadget sendiri, bisa mulai diberikan pemahaman tentang berapa lama dia boleh menggunakannya, kapan saja waktunya, dan apa saja yang harus dihindari.

  • Tumbuhkan Minat Baca

Memfasilitasi anak dengan gadget bisa diimbangi orangtua dengan membelikan anak buku-buku bacaan sesuai usia dan kesukaannya. Tidak musti buku-buku yang berkaitan langsung dengan pendidikan atau sekolahnya, buku-buku dengan karakter favoritnya di Youtube bisa menjadi pilihan yang lebih mudah untuk mengalihkan perhatiannya.

Misalnya jika anak Anda senang menonton channel Zara Cute di Youtube, bisa juga memberikan pilihan positif lain dengan membelikannya Komik KKPK Little Youtuber Diary karya Zara. Bisa pesan via mizanstore atau shopee sekarang mumpung masih harga pre order.

Nah, cara terakhir yang bisa orangtua lakukan adalah mendampingi anak. Jika tidak bisa selalu membersamainya bermain bisa didelegasikan kepada pendamping anak di rumah saat orangtua tidak hadir. Semangat ya, moms and dads!